IBX583577287E51C

Senin, 04 April 2016

7 Tips Mengembalikan Gairah Menulis Blog

cerita manda
Love Blogging

Yeaaaayyy tibalah menulis One Day One Post di minggu kedua, tetep semangat nih manda. Wish me luck ya! Bisa merampungkan challenge dan bisa konsisten melanjutkan ODOPnya untuk berbagi cerita dengan sahabat manda. Kali ini temanya seru, udah kepikiran mau nulis ini tapi belum jadi-jadi. Ternyata kalau dijadikan challenge, mau tidak mau harus nulis itu enak ya! Temanya : Tips melawan rasa jenuh saat ngeblog; istirahat atau refreshing yang bagaimana yang pernah dilakukan. Wah, ini manda banget sepertinya. Terlebih setelah salah satu e-commerce yang hampir setahun lebih mempensiunkan jobnya untuk para blogger.

Tips Mengembalikan Gairah Menulis Blog


Tips 1 : Siapkan waktu.

Yes, waktu! Kebanyakan dari kita yang sudah pernah mempunyai blogging atau seorang blogger, tantangan utamanya adalah waktu. Membagi waktu untuk jalan-jalan dan mengedit foto/video, sampai menuangkannya dalam bentuk tulisan sangat berhubungan dengan ketersediaan waktu. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa waktu sangat berharga, sampai-sampai karena waktu yang hanya 24 jam, beberapa foto mengkrak belum dituliskan dalam blog. hihihihi. 

Karena ini tips, ijinkan manda berbagi apa yang manda pernah lakukan untuk mengatasi persoalan waktu ini ya. Boleh juga ditambahkan di bagian komentar kalau ada tambahan ya. Setiap kali bepergian, manda sudah memilih foto-foto mana yang akan tayang, misal dibantu dengan aplikasi di android untuk collage, seperti : pics art dan fotorus. Kemudian, di aplikasi notes di android, manda sudah memulai membuat notes perjalanan dan lalu diemailkan ke email manda untuk diedit di blog saat nanti berhadapan dengan PC. Setidaknya itu bisa membantu manda mengoptimalkan waktu sembari menunggu antrian atau mengurangi bosan di perjalanan. Oh iya, noted ya, manda di sini sebagai navigator alias pendamping pak supir. hihihihi. 


Tips 2 : Buka folder dan lihat foto-foto.

Tips kedua ini berlaku bagi manda ketika tidak ada bahan untuk menulis. Kok tidak ada bahan menulis? Ya, kadang-kadang kami kehilangan mood untuk menulis apa di blog ya? Makanya, salah satu caranya adalah bongkar folder foto perjalanan yang sudah manda kategorikan berdasarkan bulan dan tahun. Seru sih, bisa seharian melihat foto-foto kenangan yang tersimpan, bahkan kadang baper, menangis haru dan tersenyum bahagia mengingat potongan-potongan kenangan tersebut. Belum tentu lho tips kedua ini langsung berhasil. Banyakan cuma lihat fotonya doang, dan belum kesampaian nulis, hihihihi. 

But sometimes, it's work!


Tips 3 : Belajar ilmu baru dan coba aplikasikan.

Ini niiii yang sekarang sedang manda sukai, dapat ilmu baru bikin video dari mas Teguh Sudarisman. Dan jadi partner in crime sama panda mulai bulan Maret 2015 lalu  Meskipun manda hanya supporter dan kadang-kadang menjadi modelnya, tapi asli seru kok belajar ilmu baru. Jadi menemukan celah untuk membuat postingan dengan gaya baru yang membuat gairah menulis ada lagi.

Ilmu yang sedang manda pelajari sekarang dan ketagihan pakai adalah infografis dengan membuat quotes. Seneng banget melihat yang terjadi hari ini, lalu membuatnya menjadi quotes penyemangat untuk diri sendiri dan bersyukur kalau orang lain ikut merasakan semangatnya. Jadi, ayuk belajar hal baru yang menjadi kesukaan kita, lalu terapkan di tulisan blog untuk ganti suasana tulisan. Lagi-lagi kembali ke poin satu ya, sediakan waktu! hehehehehe.

Tips 4 : Tulis hal baru yang tiba-tiba ada di kepala.

Alhamdulillah dengan tips 4 ini, manda jadi semangat lagi menulis setelah alasan di bagian pembuka itu tu. Lagi-lagi, belum bisa move on mengingat mantan ni. hihihihi.Mengaktifkan kembali blog yang sudah lama dipunyai dan mulai menulislah dengan passion. Dengan itikad yang baik, alhamdulillah selepas kontrak dengan mantan, eh malah blog ceritamanda ini menjadi aktfi kembali. Yeaaay, setiap kejadian pasti ada hikmahnya, ya kan?

Manda lebih banyak menulis tentang apa yang ada di kepala dan dijumpai di keseharian. Lebih banyak mencari hikmah dari pelajaran sehari-hari. Menuliskan tanpa merasa sedang men-judge orang lain. Menggali tips-tips yang biasa manda lakukan di kehidupan sehari-hari untuk dibagikan ke sahabat manda. Duh, senengnya sekarang menulis apa yang di pikiran dan membagikannya dengan niche lifestyle ini.


Tips 5 : Refresh sejenak untuk mengumpulkan bahan menulis, misal : jalan-jalan.

Tips kelima ini berlaku untuk yang sedang kehabisan bahan tulisan, misalnya foto-foto yang sudah habis atau hilang. Mau tidak mau ya harus mencari bahan baru. Eits tenang, bahan yang dikumpulkan tidak perlu yang mahal dan luar negeri lho, coba lihatlah ke sekeliling. Tentunya masih banyak yang belum dieksplotre untuk dituliskan. Semangat merefresh pikiran jadi apa-apa yang kita lihat menjadi inspirasi tulisan kita ya.

Tips 6 : Berkawan dengan komunitas blogger yang aktif, salah satunya arisan blog.

Tips 6 ini manjurrr banget! Contohnya ya ini, bergabung dengan komunitas emak blogger dan blogger perempuan, trus seru-seruan ikut arisan #Push Myself dan lalu ikut challenge ODOP. Ternyata mestakung "semesta mendukung", pantes ya ada sebuah ungkapan :

Berteman dengan penjual parfum, kita kena wanginya.

Yuk, gabung ke komunitas blogger aktif dan biarkan aura positif untuk membangkitkan gairah menulis itu muncul dan ikuti, jangan dilawan. Segera mulai dengan menulis di notes handphone, atau di email handphone dan lalu publish. Mudah kan?   

Tips 7 : Perbaiki niat.

Nah, kalau yang tips terakhir ini perlu penghayatan dalam mengaplikasinnya. Kalau manda sendiri, perbaiki niat bahwa blogging is our way for caring and sharing. Sehingga, menulis di blog adalah karena manda ingin berbagi. Syukur diapresisasi dengan rupiah, tapi selebihnya ingin menjadi manusia yang produktif dan bermanfaat. Kalau yang kita sharing adalah tentang hal yang baik, tentunya bisa menjadi ladang amal untuk simpanan di akhirat kan ya? Di dunia ini, lakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan.

Happy blogging! 
Do the BEST and let Alloh do the REST.

23 komentar:

  1. Yup setuju..semangat berbagi melalui blog..suka qoutes di akhir tulisannya..semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan senang berhasil menjadi kompor untuk pandaku.. eeemmuuacchh.. thank you for being my partner in crime yaaa.. *modus kedip-kedip..

      Hapus
  2. Sepakat, saya juga melakukan beberapa kegiatan di atas.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  3. Makasih Manda tipsnya, masalah besar buatku saat ini adalah waktuuu :-((

    BalasHapus
  4. no 4 tuh aku banget Mak. Sekarang kalo kemanapun bakal lebih buka mata lebar-lebar. Banyak banget tetnyata inspirasi di mana aja ya Mak. pinter-pinter kita aja nangkepnya yaaaa

    BalasHapus
  5. Berteman dengan penjual parfum kita bakalan kena wanginya, berteman dengan blogger keren kita bakalan kecipratan ilmunya ya Manda :D
    sip...semangat lagi ah

    BalasHapus
  6. Moga-moga jadi semangat lagi nih :D.

    BalasHapus
  7. Aku berteman denganmu, ketularan pengen bisa bikin infografis yg cantik ntuh deh

    BalasHapus
  8. Kuota juga, Mbak. Hehehe.... Minggu kemarin ditanyain suami, kok blognya ga update? Saya jawab, kuota abissss, Yang. Hehehe...

    BalasHapus
  9. Setujuuuuuu. Masalah waktu kadang bisa diakali. Tapi juga gak bisa menentang semesta. Kadang udah nyiapin bahan ngeblog tapi ada hal yang penting :)

    BalasHapus
  10. Saya kalau lihat goto jadinya nostalgia Mbak hehehe

    BalasHapus
  11. Ngeliat foto kadang lamaan bapernya. Padahal kalo udah ada ide, nulisnya cepet.

    BalasHapus
  12. Ahahahh iya nih, sampe ada banyak draft tulisan yangbanyak banget di hape tapi belum sempet diselesein x)

    BalasHapus
  13. tipsnya okeee banget deh, saya juga komit dalam sehari harus ada yg ditulis walau malesss banget dan kepotong2 request anak minta ini itu

    BalasHapus
  14. TIPS 4 dan 6 soo meeee!

    1. Ide kadang banyak berseliweran meskipun baru ide mentah, tp kalo gak keburu ditulis, whuzz ilang aja gitu tiba2. Nah pas gaada ide nulis bisa galau kan.

    2. Ikutan arisan bikin aku mau gak mau mesti konsisten buat ngembangin blog baik dari segi konten maupun teknis blog.

    Semoga lancar jaya ya mbak ikutan odop nya, aku masih gak berani komit euyy, jago dirimu.

    BalasHapus
  15. Mantep tipsnya.... moga2 malesku cepet sembuh, nih. Trims, ya... ira

    BalasHapus
  16. Sepakat dengan poin 5 dan 7. Malah nama domain blog yang sekarang saya pakai itu merupakan bentuk memperbaiki niat, blog lama ditinggal begitu aja karena sudah gak nyaman dengan tema yg diangkat dan komunitas pembaca yang ada di sekelilingnya. :)

    BalasHapus
  17. Keren mbak tipsnya... makasih banyak ya mbak sudah sharing

    BalasHapus
  18. Tipsnya kereeeen
    Aku tuh masalah besarnya niat (dan waktu) huhuhu
    Entahlah, ada masa-masa dimana ide menumpuk di kepala tapi kok yo males nulisnya
    Plus ada rasa bersalah ke Prema, kalau emaknua kelamaan megang HP atau laptop huhuhu

    BalasHapus
  19. Emang bener sih, kl ngeliat foto2 lagi, mungkin malah bs timbul ide mau nulis apa huehehe :D

    BalasHapus
  20. Haduh kak, jleb banget. Ini lagi berusaha bisa ngepost sehari satu, tapi kadang juga bingung mau nulis apa hehehhe

    BalasHapus
  21. Sepakat mandaaa...
    Yupp.. Biarpun waktu terkadang menjadi penghambat, tp bukan berarti gak menulis. Bisa aja nulis tentang kendala, kepenatan, kejenuhan tersebut. Terimakasih manda buat tipsnya. Salam kenal aja ya dari pemula :D

    BalasHapus