IBX583577287E51C

Selasa, 29 Maret 2016

Khasiat Lemon dan Madu Sebagai Obat Batuk

madu lemon
Sumber gambar : youtube.com

Batuk, penyakit sejuta umat yang obatnya nggak selalu dengan minum obat. Batuk kadang-kadang misterius, diobati nggak sembuh, eh malah sesudah makan yang dipantang jadi sembuh. Pengobatan batuk yang misterius juga manda alami di keluarga kecil kami. Jenis batuk yang biasa menjangkiti kami sekeluarga adalah batuk gatal/batuk ngikil, batuk dehem dan batuk berdahak. 


Batuk gatal atau batuk ngikil, batuk ini yang paling tidak mengenakkan, kenapa? Karena batuk ngikil atau batuk gatal ini datangnya sewaktu-waktu, bisa saat tenggorokan kering atau bisa saat berbicara. Kadang diobati juga tidak sembuh. Kalau sahabat manda mengalami batuk gatal atau batuk ngikil ini, tips manda adalah bawalah minuman kemanapun pergi. Begitu batuk jenis ini menyerang, segera gelontor dengan air minum yang tidak manis.




Batuk Dehem. Batuk jenis ini rasanya bukan penyakit, bisa dibilang kebiasaan buruk. hehehehe. Tapi ada hikmahnya juga, ciri dehem dari panda ini sering menjadi kode kalau di toko buku atau supermarket, tiba-tiba salah satu dari kami hilang, hehehehe. Batuk dehem ini juga meberi tanda kalau kita solat jamaah di masjid dan panda hendak meninggalkan shaf laki-laki. hihihihi jadi ketahuan ni kode unik dengan batuk dehem. Tapi kadang-kadang ini menjadi menganggu ketika kita sedang di jamuan makan atau di saat rapat, cara menyembuhkannya hanyalah menepuk saat batuk dehem yang "kebiasaan" muncul. Alhamdulillah, beberapa tahun pernikahan kami dan ditepuk terus setiap kepergok, lama-lama bisa hilang lho. hahahahaha.

Batuk Berdahak. Nah kalau jenis ini, mau tidak mau harus mengkonsumsi obat-obatan agar dahaknya bisa keluar. Pakai saja obat batuk yang ringan dan dijual di pasaran. Kalau batuk jenis ini biasanya disertai flu dan demam. Tips mujarab mengatasinya dengan banyak istirahat, minum obat, dan banyak makan sebagai asupan senjata mengalahkan virus flu dan batuk.

Tips Manda Mengatasi Batuk
  1. Membawa air minum (mineral) ketika kerongkongan tersasa kering.
  2. Menghindari minuman dari es batu mentah.
  3. Menghindari minuman manis.
  4. Meminimalkan makan gorengan dan segala sesuatu yang digoreng.
  5. Menghindari buah yang bergetah, seperti : rambutan, duku dan kelengkeng.

Pengobatan Ala Manda untuk Sakit Batuk
  1. Makan sesering mungkin permen Fisherman
  2. Pergi ke pantai di pagi hari, lebih baik lagi snorkeling.
  3. Minum potongan lemon dan madu
Pengobatan dengan terapi LEMON MADU ini, cocok untuk batuk gatal disertai dahak. Alhamdulillah rutin sebanyak kali (setiap kali ingin minum manis diganti dengan minuman hangat lemon madu), menghabiskan 3 botol madu ukuran "madu nusantara", batuk panda sembuh.





Cara membuatnya :
  1. Lemon dicuci bersih, lalu cuci dengan air matang.
  2. Satu lemon bisa untuk membuat 3 gelas minuman lemon madu.
  3. Kalau ingin membuat 1 gelas, potong 1/3 lemon tebal 1,5 cm dan bagi dua lemon. 
  4. Tuang air hangat pada lemon yang sudah dimasukkan ke dalam gelas, mirip membuat infused water.
  5. Lalu ambil 2-3 sendok madu (sesuai selera manisnya) ke dalam gelas yang berisi air hangat.
  6. Aduk dan nikmati sensasi lemon madu yang bisa diisi ulang dengan air hangat menjadi infused water lemon.
 Selamat mencoba dan sehat-sehat ya kita semua!

19 komentar:

  1. kalo soal madu saya nyerah deh mbak. bukan salah madunya tapi cari madu yang bagus itu susah.

    oya saya pernah baca juga, madu,lemon dikasi irisan jahe. ditutup beberapa jam, baru dikonsumsi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada baru ni, makasih tambahan jahenya mba.. jadi tahu kalau jahe nggak harus dibakar atau direbus ya?

      Hapus
  2. Wawww makasih tips lemon n madunya ya Manda,,siap nyobain aaahh ntar klo pas batuk

    BalasHapus
  3. Wawww makasih tips lemon n madunya ya Manda,,siap nyobain aaahh ntar klo pas batuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan batuk mbaknik... sehat sehat aja yaaa... *_*

      Hapus
  4. lemon dan madu, atau jeruk nipis dan kecap, manjur banget

    BalasHapus
  5. Informasi yang bermanfaat
    saya kalau batuk, jeruk ipis sama kecap
    salam sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. jeruk nipis dan kecap bisa untuk semua jenis batuk ya.. lupa ni masukin tipsnya, hihihihi.. makasih diingatkan..

      Hapus
  6. Iya bener nih. Aaku kan ada asma jadi pernah mraktekin juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WAh bisa untuk asma juga ya mba.. tambah info ni..

      Hapus
  7. Lemon emang bisa macem2 dicampurnya, belum pernah nyoba lemon sama madu, pernahnya lemon sama kecap hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya jeruk nipis sama kecap mba... sama aja khasiatnya ya...

      Hapus
    2. Baru z mau nyobain lemon ma kecap z bisa gak yah? Ehhh iseng2 baca artikel ini, ternyata ada yg pernh nyoba,,, jadi makin semangat nih wat nyobainnya.. makasih tips nya mbak sist..😀☺

      Hapus
  8. sama, kadang suka pake madu, kadang pake kecap, hehehe

    BalasHapus
  9. Obat tradisional jaman dulu memang lestari dan dipakai hingga kini ya Jeng
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  10. Lemon memang segar dan menyehatkan, belum pernah coba yang campur madu, sedap ya kayanya

    BalasHapus
  11. Yaaak udah bisaaaa... (apaan ini komen ga nyambung wkwkkk..)

    Btw, infused water lemon + madu itu emang enak.. Ga batuk juga doyan.. *dasarnya apa2 doyan*

    BalasHapus
  12. Kalau lemon sama kecap nya aja bisa gak yah??? Nyari madu nya susah dan sekli nya ada, mahal, mohon infonya mbak brow sist.

    BalasHapus