IBX583577287E51C

Rabu, 10 Februari 2016

Resep Sup Bola Manda

Semenjak aku berstatus menjadi seorang istri, rasanya tidak cukup jika hanya mengandalkan warung untuk memenuhi kebutuhan akan perut kami. Bekal resep dari  mamaku ternyata membawa keuntungan dalam keluargaku sekarang. Mulai dari yang termudah, merebus sayur sampai membuat masakan bersantan. Ya, masakan bersantan termasuk dalam masakan yang sulit untuk saya oleh. Selain bumbu rempahnya agak ribet, santan juga rasa merasuknya butuh waktu yang lama.


Awal belajar memasak ala mamaku, kami dua anak perempuan mama selalu "dipaksa" untuk membantu mama racik-racik di dapur, tapi entah kenapa bakat meramu masakan ikut terbawa dalam diriku, hehehehe. 

Jadi, bagi kalian pemudi, ternyata penting membantu memasak ibu di dapur karena kita jadi terbiasa untuk menghafal bumbu dan mencampurnya secara insting untuk menyulapnya menjadi makanan yang lezat dan siap disantap. 

Kali ini, sup daging cacah ala EP yang kemudian terkenal dengan sup bola-bola manda menjadi resep andalanku dikombinasi dari resep mama: 

Bahan yang disiapkan :
  • 1/4 daging sapi giling
  • 1 butir telur
  • 2 wortel dipotong tipis
  • 1 tomat dipotong sedang 
  • 2 kentang dipotong dadu
  • 2 daun bawang/loncang dipotong sedang 



Bahan yang dihaluskan:
  • 1 bawang putih
  • 1 bawang merah 
  • 1 sendok teh garam 

Bahan yang diiris:
  • 2 bawang putih digecek/dimemarkan
  • 2 bawang putih diiris halus 
  • 4 bawang merah diiris halus 


Cara Memasak :
  1. Setelah bumbu dihaluskan, 
  2. kocok telur dan campur bahan yang dihaluskan, 
  3. masukkan daging giling dan uleni daging ke dalam adonan. 
  4. Siapkan air kurang lebih 4 gelas belimbing. 
  5. Setelah air mendidih,masukkan daging giling yang sudah diuleni dalam bentuk bulat-bulat. 
  6. Sembari menunggu daging matang, kita goreng bahan yang diiris. 
  7. Masukkan sedikit air rebusan dan masukkan kentang. 
  8. Setelah kentang terlihat matang, masukkan sedikit air rebusan dan kentang ke dalam air rebusan daging. 
  9. Masukkan pula semua sayuran dan tunggu hingga matang. 
  10. O iy, jangan lupa tambahkan 1 sendok teh garam serta diicip-icip. 
  11. Bagi yang suka pedas, tinggal buat aja sambal tergantung selera. 

Kebanyakan orang menyukai sambal bawang (seperti sambal bakso), tapi aku dan suamiku menyukai sambal terasi matang (seperti di SS) atau bahkan kalo mau cepat pake sambal botol aja. Atau perlu ya dibuatkan resep sambal ala manda? hehehehe.

Selamat mencoba yaaa...

6 komentar:

  1. kalau aku asal-asalan bikin sambelnya, kadag pakai terasi, bawang, bawang merah...yg penting pedes. Hehehe

    BalasHapus
  2. Pernah nyicip Sup bola Manda, emang endessss

    BalasHapus
  3. Gak dikasih tepung aci y mba bola bolanya?

    BalasHapus
  4. Aahhh...aku suka sup bola. Nyicip punya Manda pasti enak sekali. Pingin dibuatin kalau sedang mampir ke Jogja

    BalasHapus
  5. saya selalu suka sup Mbak :)
    resepnya saya catat ah, nanti-nanti coba praktek di rumah :)

    BalasHapus
  6. Sayang sekali gambarnya gak ada,,, penasaran sup bola manda, maklum gak pernah liat.

    BalasHapus