IBX583577287E51C

Sabtu, 12 Desember 2015

Tips Berbagi Kerjaan Rumah Tangga

Pekerjaan rumah (PR) tidak hanya untuk anak sekolah,  melainkan pekerjaan yang melibatkan segala urusan yang berkaitan dengan rumah. PRT, bukan pembantu rumah tangga, melainkan Pekerjaan Rumah Tangga. Pekerjaan yang sehari-hari dikerjakan dalam lingkungan rumah tangga.

Memang terlihat gitu-gitu aja untuk yang tidak pernah pegang urusan rumah. Tapi, kalau yang terbiasa pegang urusan rumah tangga sendiri, listnya jadi bisa panjang. 

Apa saja sih yang termasuk pekerjaan rumah tangga?




Mulai dari bagian utama dari rumah adalah teras dan ruang tamu. Teras adalah bagian terluar dari rumah, bagi manda dan panda, bagian depan ini diusahakan bersih setidaknya disapu biar tidak terlihat berdebu. Walaupun kadang, ketika musim angin dan musim hujan, teras rumah tak bisa bersih dalam hitungan 24 jam. Treatmentnya: di sapu dan dipel. Untuk keset dan alas kaki di depan, diganti setiap bulan atau kalau urgent kotornya.

Bagian berikutnya, ruang tamu dan ruang keluarga. Memastikan bersih dan nyaman untuk tempat berkumpul. Di situ dipastikan tissue terisi dan minuman aqua serta permen terhidang dalam toples. Ruang keluarga ini sekaligus ruang kerja dan belajar untuk manda panda. Meja belajar dan beberapa alat tulis yang berserakan seringnya, cukup merapikan dan sebulan sekali membersihkan bufet dengan menggunakan kanebo.

Tips Kanebo.

Membahasi kanebo suam-suam untuk mengelap bagian yang berdebu. Karena manda termasuk yang sensitif debu, cara ini aman dari bersin-bersin yang menyiksa, hehehehe.

Berikutnya, kamar tidur dan kamar ganti. Selain menyeblak, juga membereskan gantungan pakaian dan merapikannya. Berikutnya adalah ruang makan dan dapur. Membersihkan bagian yang basah dan merapikan properti makan dan menempatkan bumbu-bumbu pada tempatnya. Membersihkan peralatan masak dan makan, nah disinilah panda mulai membantu pekerjaan rumah tangga.

Panda, memasukkan alat makan yang sudah kering ke rak piring. Manda yang mencuci dan menaruhnya ke rak piring habis dicuci. Menuju ke tempat cucian, manda yang memilah jenis pakaian: pakaian kerja dan daleman, pakaian bepergian, dan pakaian tidur. Mesin cuci yang melakukan pekerjaan itu dibantu deterjen, sekali bilas dan setelah selesai panda yang bertugas menjemur di jemuran dalam.

Sewaktu manda memulai memilih dan menggiling cucian, panda mengangkat jemuran untuk ditaruh di ruang ganti. Sewaktu panda menjemur, manda melipat pakaian kering untuk diseterika ke laundry. Tugas rumah tangga lain adalah belanja dan memasak. Kalau seluruh hari dikerjakan dengan senyuman, efeknya mengerjakan semuanya juga menyenangkan.



Suami dan istri adalah partner seumur hidup dalam rumah.  Saat-saat bersama di dapur dan mengerjakan banyak hal bersama adalah quality time yang kita miliki. Melakukan pekerjaan rumah tangga bersama memberikan pembelajaran pada laki-laki bahwa pekerjaan seorang istri rumah tangga banyak dan dilakukan semuanya untuk keluarga tercinta.

2 komentar:

  1. berbagi perkerjaan dirumah dan menjalankan dengan ikhlas pasti hasilnya indah

    BalasHapus
  2. berarti harus punya bebeapa kanebo ya, utk lap2 alat rumah tangga, lap motor/mobil dan lainnya

    BalasHapus