IBX583577287E51C

Sabtu, 24 November 2018

Facebook, Media Bersosialisasi Bagi Makhluk Sosial


Media Sosial, sebuah ruang dimana kita seharusnya berperilaku secara kodrat sebagai makhluk sosial. Tidak mengherankan jika manusia membutuhkan media sosial sebagai ruang untuk bersosialisasi sebagai makhluk sosial. Aktualisasi diri dikenal dan mengenal, mengetahui kabar, berbagi cerita, eksistensi diri dan membangun sebuah relationship. Terdengar semuanya positif tentang sebuah ruang yang memfasilitasi kita untuk bersosialisasi. Demikian seharusnya peran sebuah media sosial.

Mengenal Media Sosial
Bagi saya, tonggak mulainya kenalan dengan internet adalah sejak dinomail berhasil saya buat sebagai email pertama saya. Selanjutnya komunikasi dimudahkan melalui pesan sms yang bisa dikirimkan secara gratis melalui internet. Menuju ke akun-akun yang bisa dipakai untuk terhubung dengan teman-teman di lain sekolah, seperti friendster. Dan lalu mulai ada komunikasi chatting dari yahoo messenger.

Ternyata, teknologi mampu mengubah manusia dan sudut pandang berpikirnya. Teknologi yang kini mampu menjauhkan yang dekat, sekaligus mendekatkan yang jauh. Tidak bisa dipungkiri, peran teknologi memang berkaitan dengan jarak. Kadang, sebelahan berasa tidak sebelahan, ketika keduanya asyik dengan gadgetnya (baca : aplikasi media sosial yang terinstall didalamnya). Bahkan, ketika gadget mampu mendekatkan yang sedang berjauhan untuk bisa saling mengetahui keadaan, mengetahui posisi dan aktivitasnya, atau bercakap dalam videocall. Selama kita bijak bermedia sosial, tentunya akan banyak hal positif yang bisa diambil dari media sosial.

Facebook


Siapa yang tidak kenal media sosial ini? Mengenal facebook sebagai media sosial pertama yang ciamik, bahkan perannya sebagai media sosial sampai hari ini patut diacungi jempol.

Hal positif yang bisa dilakukan facebook sebagai media sosial :
  1. Facebook menjadi ruang interaksi dengan teman-teman dunia maya yang berada di lain kota bahkan dunia.
  2. Facebook menyimpan kenangan dan siap mengingatkan kembali kenangan yang kita buat sekian tahun yang lalu di tanggal yg sama.
  3. Facebook mensolusi sebuah ruang untuk berbagi dan belajar. Melalui facebook group dan mellui artikel-artikel bermanfaat lain yang bisa dishare ke timeline kita.
  4. Facebook dilengkapi kecanggihan dan pengamanan akun yang membuat setiap usernya merasa aman dan terfasilitasi.
  5. Facebook juga dimanfaatkan untuk bisnis, berbagi info, bertukar ilmu, berbagi link postingan blog dan ruang belajar yang mudah diakses.
  6. Facebook menjadi wadah bagi banyak komunitas yang dipertemukan karena hobi dan minat yang sama, lokasi yang sama, bahkan gender yang sama.

Hanya saja, banyak manusia yang menggunakan akal dan kekreatifannya untuk mengambil celah dari facebook yang menjadi media sosial yang positif. Mereka mampu membuat facebook menjadi sarang berita hoax, memanfaatkannya untuk membuat artikel yang penuh dengan ujaran kebencian, membuat status provokatif yang membuat orang lain tidak nyaman bermedia sosial.

Poor Facebook!

Nah, dari segelintir tulisan tentang media sosial ini, Manda mengambil sisi baik facebook untuk bisa dikembalikan fungsinya sebagai media sosial pemersatu bangsa. Semoga!

9 komentar:

  1. Wah betul banget kak. Facebook menyimpan kenangan dan suatu saat dia share di masa depan. Tahu bgt kasih surprise ke kita 😍

    BalasHapus
  2. Suka terharu plus kaget kalau mr facebook menampilkan foto kenangan beberapa tahun lalu

    BalasHapus
  3. Setuju.. Apalagi facebook merupakan medsos yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat di segala lapisan

    BalasHapus
  4. Yang hobinya nyebarin hoax di medsos, tenggelamkan aja, Manda! Gemes ih liat link-link dg judul fantastis yg 99% kemungkinannya adalah hoax, hilir mudik di beranda Facebook :p

    BalasHapus
  5. Aku dulu termasuk yang liat facebook, ini apaan sih? Eeee sekarang termasuk salah satu aplikasi favorit terutama buat rekam jejak dan juga interaksi. Kembali ke diri kita ya mau manfaatin teknologi itu seperti apa, sama seperti pisau, mau buat kebaikan atau sebaliknya

    BalasHapus
  6. Hai Manda aku udah temenan sama manda di facebook, menurutku facebook harusnya jadi tempat buat share hal-hal positif selain kadang2 aku curhat ekcil disana sih manda hehehehe

    BalasHapus
  7. facebook itu entah kenapa banyak banget konten yang 'waton' atau ngasal. mungkin karena yang mengakses dari berbagai kalangan dan termasuk yang paling besar jadi banyak orang yang gagap etika bersosmed.

    BalasHapus
  8. Namanya sosial media, di dalemnya ya harus bersosial, karena bersosial tidak melulu di dunia nyata...

    BalasHapus
  9. Aku suka fesbuk krn bisa ketemu temen2 dari sd sampai kuliah disitu :)

    BalasHapus