IBX583577287E51C

Selasa, 11 September 2018

Free Workshop Bullet Journal Standard, Jogja City Mall

Bullet Journal
Bullet Journal

Siapa sahabat Manda yang masih suka koleksi pulpen warna-warni?

Kalau masih suka koleksi pena warna-warni, berarti kita sejaman. Ya, bagi kita yang sedari SD sudah terbiasa menuliskan ceritanya di buku diary, tentunya tidak susah ketika harus menuliskan rencana ke dalam buku agenda. Bahkan kebiasaan membuat coretan warna-warni juga sudah terlihat saat kita memodifikasi jadwal pelajaran sekolah yang ditempel di dinding pada waktu itu.

Flashback banget ya  bicara tentang planner atau buku agenda kekinian yang biasanya sudah menjadi sahabat buat remaja putri bercerita. Saya pun pernah remaja, tanpa sadar yang saya lakukan adalah membuat bullet journal.

Bullet Journal

Nah, kebetulan diajak oleh momblogger Jogja yang hobi crafting di Jogja, mak Lusi owner dari beyourselfwoman.com yang menginfokan ada free workshop dari Standard. Event yang bertajuk Kreatif Pasti Sukses digelar di Jogja City Mall pada 8-9 September 2018. Free workshop yang diadakan, meliputi : handlettering, bullet journal, sketsa, doodle, dan teknik sgrafito. Dan ada speakers yang sudah tidak asing lagi, Maudy Ayunda. Kegiatan menarik lainnya adalah lomba gambar dan lomba mewarnai, seru kan ya acaranya! Jangan sampai terlewat kalau ada acara Standard yang mampir ke kotamu ya!

Bullet Journal
Meet Up Momblogger Jogja

Seneng banget siang ini, kami momblogger sudah rapi jali dan cantik jelita menuju ke venue acara Standard di Jogja City Mall yang berlokasi di Jalan Magelang Yogyakarta. Kesibukan menjadi blogger tentunya membutuhkan pengaturan waktu (time management) yang baik, karena kami yang paling sering bersentuhan dengan istilah deadline.

Bullet Journal
Bullet Journal

Macam bullet journal yang dibuat contoh dalam pameran yang diselenggarakan di atrium Jogja City Mall dapat dilihat pada foto di atas. Semacam mini agenda yang menuliskan rencana kegiatan, capaian, tips, to do list harian, goals, target, catatan harian, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Bullet Journal
Event Standard di Jogja City Mall

Master of ceremony cantik sudah berdiri di depan panggung, siap menyapa pengunjung yang hadir di mall Jogja City Mall pagi hari itu dan tentunya kami, para peserta workshop Bullet Journal yang mayoritas adalah perempuan. Bertemu dengan banyak orang di sini, dengan latar belakang yang berbeda dan pastinya kita memiliki interest yang sama, yaitu : belajar membuat bullet journal.

Mentor Bullet Journal di Event Standard

Embak-embak cantik berkaos pink itu adalah mentor bullet journal kita siang hari ini. Mereka menceritakan tentang asal muasal bullet journal sampai memberikan contoh bullet journal itu seperti apa. Bisa diintip banyak melalui google dan youtube tentang bullet Journal ini ya.


Selanjutnya, kita diberi kelengkapan untuk membuat bullet journal sesuai dengan versi kita, bahan membuat bullet journal, diantaranya :
  • agenda
  • bolpen warna standard
  • kertas lipat atau kertas warna
  • lem standard 
  • gunting
  • pernak-pernik lain pendukung
Dan kami pun memulai kegiatan kami membuat bullet journal untuk bulan September Ceria ini.



Siapa bilang kegiatan membuat bullet journal hanya untuk kaum hawa. Di event standard kali ini, ada peserta pria yang juga tak kalah antusias dalam membuat bullet journalnya.


Kurang lebih 45 menit, kegiatan kita membuat bullet journal pun berakhir. Setiap peserta memamerkan hasil karyanya dan mentor memberi penilaian dengan mengatakan setiap kreasinya, bagus.

Ya, bullet journal bukanlah tentang benar atau salah, baik atau buruk, melainkan tentang selera seseorang dalam menuangkan idenya ke dalam sebuah kertas. Menuliskan rincian to do list yang bisa dirangkum dalam sebuah kertas untuk memudahkan kita mengingat goal kita setiap hari.

Bullet Journal
Momblogger Jogja di Workshop Standard Bullet Journal

Tak lupa, kami momblogger Jogja pun berfoto bersama dengan membawa hasil karya bullet journal kami. Ternyata kalau dilihat sekilas, tipe orang itu bisa digolongkan dari karya yang dihasilkan ya. Ada yang kotak bersusun, ada yang digunting penuh pernak-pernik, ada yang dibingkai, ada yang polos tapi bergaris, ada yang bertepi dan ada pula yang simple. Ya, demikianlah hidup, penuh dengan warna-warni yang mengkayakan.

Bullet Journal
Bullet Journal : To Do List

36 komentar:

  1. Aku dulu paling hobi niih bikin kayak ginian. Punya agenda pokoknya warna-warni, plus penuh tempelan macem2..

    BalasHapus
  2. Waaah punyaku masih kayak daftar belanjaan. Malu deh. Sampai ditanyain mentornya, susahnya dimana. Wkwkwkwk

    BalasHapus
  3. Ah aku juga suka bikin warna-warni di jurnalku, btw Mbak.. bolpen standart warna-warni ini dijual di pasarankah? atau harus ke olshop?

    BalasHapus
  4. Kalau buat aku, bikin Bu Jo bikin teringat lagi jaman putih abu, banyak pernak pernik dan memorabilia. Sekarang kayanya kalau bikin buJo lebih simple, yang penting to di list meskipun acakadul tulisannya hihiji

    BalasHapus
  5. Dari kemarin saya baca beberapa postingan bullet journal. Seriusan jaid bikin saya pengen bikin bullet journal. Tetapi, pengen yang unik. Lagipula pengen membiasakan lagi menulis tangan

    BalasHapus
  6. Meet upnya seru bangeeeet.. dan aku juga pengen balik kayak dulu buat bullet journal. Pada ke manaaa ya journal aku dulu hehe

    BalasHapus
  7. Ihhh...lihat post IG kalian bikin kayak gitu sukses jadi ingat masa lalu. Dan jadi pengen bikin bullet journal kayak jaman gadis duluuu, hihii.

    BalasHapus
  8. Aku udah lamaa gk nulis tangan. Padahal dulu suka bgt nulis di buku diary. Kalau punya bullet journal manis kayak gitu, apalagi bikinan sendiri, mungkin semangat nulis lg yaaa

    BalasHapus
  9. Asyik banget workshopnya, corat-coret seperti kembali ke masa remaja, sebelum negara gadget menyerang! Hahaha

    BalasHapus
  10. sekarang bikin ginian duh udah males, mana kalo ketauan si kecil malah disobekin, huhu

    BalasHapus
  11. bullet journal itu kubuat terakhir wktu SMA kak. dan skarang udah nggak pernah lagi

    BalasHapus
  12. Sekarang bikin journal jadi cantik pakai teknik bullet journal ya mba, ditambah pulpen standard yang jadi my fav pas skul dulu

    BalasHapus
  13. Ya ampun, flashback banget. Diaryku dulu pake pena warna warni juga hehehe..

    BalasHapus
  14. Aku ketagihan bikin BuJo lagiii.. tapi kalau keasikan ngeBuJo, to di listnya malah bubar semua huahuahuaaaa...

    BalasHapus
  15. Teringat masa sekolah yang setiap buku penuh oret-oretan, lihat begituan kadang bisa semangat untuk belajar saking fokusnya hehe

    BalasHapus
  16. Aku suka nulis diary tapi ga pinter warna warni gitu.hahah jadi ingat jaman smp kakau mau di cakepin note ku dibantuin sahabatku. Aku cuma bisa nyoret doang

    BalasHapus
  17. Aahh.. Saya masih suka main beginian hihihi

    BalasHapus
  18. seru yaaa, dan aku baru ngeh di akhir, alat tulisnya standart itu brand sejak jaman aku sekolah SD ya. Dah lama banget enggak pakai ballpoint standart, sekarang ada pensil maticnya ya? ih suka deh, apalagi ada yang warna warni untuk melukiskan indahnya hidup ini ya

    BalasHapus
  19. Aah.
    Jadi pengen juga buat Bullet Journal.
    Inget jaman dulu.
    Suka banget orat oret warna warni gini

    BalasHapus
  20. Manda koq ngga foto bareng Maudy Ayunda? Hihi..

    Aku dulu, entah karena ngga suka nulis tangan, entah karena merasa tulisanku ngga bagus, jadi jarang bikin kayak gitu.

    Hiks.. Aku jadi pengen balik ke masa lalu biar bisa ngerasain mainan pulpen warna-warni juga. 😢

    BalasHapus
  21. Aku lagi bikin ginian nih nda sama anak-anak. Seneng banget

    BalasHapus
  22. Wah, ini anak gadisku yang SMP senang banget bikin jurnal gini

    BalasHapus
  23. Duluuu...pernah bikin juga..tapi kok sepertinya tulisanku makin ke sini makin amburadul yak.. hiks..

    BalasHapus
  24. Jd pengen jg bikin mbak. Aku dulu saat masih muda ((MUDA)) rajin bikin jurnal (bukan bullet journal sih) haha, sekarang dah mulai males. Seru kalau didokumentasikan kyk gtu, rencana2 dan pencapaian2 yaaaa :D
    Mau bikin aaahh

    BalasHapus
  25. Seru banget ya acaranya menambah ilmu bagaimana membuat jadwal jadi rapi dan termanajemen dengan serius. Kalau ada jurnal makin mudah menjalankan rencana ya

    BalasHapus
  26. Dengan menuliskan to do list setiap harinya, bisa dengan mudah mencapai target yang kita inginkan, ya, Mbak. Aktivitas kita jadi semakin tertata dengan baik, dan kayaknya enggak akan ada waktu yang terbuang sia-sia.
    Acara yang bagus, semoga nanti diadakan di Bandung, jadi bisa ikutan hihihi

    BalasHapus
  27. Cakep amat Mandaaaa bullet journal-nya. Pakai Standard ya bikinnya? Baiklah, noted. Mayan buat bikin buku untuk anak2 di rumah. :)

    BalasHapus
  28. Duh berasa throwback mb, aku juga dulunya tuh bikin jurnal berseri. Sekarang2 krn riuhnya dunia ol, jd ga sempet lagi. But, I'll try lagi setelah baca post ini insyaallah. TFS mbakk

    BalasHapus
  29. Hahahhahaha sejaman ya mb? Lebih dewasa mb ima ah.. Wkwkkw * ga mau ngaku * semoga event kecenya standart ini mampir ke lampung juga..

    BalasHapus
  30. Saya udah jarang banget nih nulis jurnal gini. Btw, pulpen warna warni-nya itu pulpen andalan saya waktu kuliah dulu, hehehe

    BalasHapus
  31. Seru banget ya mbak bikin-bikin jurnal yang bisa kita kreasikan sendiri. Waktu jaman sekolah dulu saya juga sering bikin sendiri, bahkan sampe ditempelin foto2 dan orat-oret gambar.

    BalasHapus
  32. Keren banget mbak kegiatannya. Moga standar mampir di Bogor hehe jadi pengen ikutan workshop bikin bullet jurnalnya.

    BalasHapus
  33. Kak Mandaaa...
    Tulisaneee apiik tenan.

    Ya Allah...

    Dulu pas sekolah, sekretaris yaa, kak...?
    Heheee...((wajah-wajah anak rajin))

    BalasHapus
  34. Keren ini workshpnya. Banyak banget yang hadir ikutan. Gemes pengen bisa juga dong.
    Semoga aku dapat kesempatan ginian.

    BalasHapus
  35. Bullet journal sekece ini bikin pengin mandangin terus, jd nggak lupa deh sm tulisan2 yg nemplok di situ, ah jd pgn bikinlaaahhh. Makasih share pengalamannya mbk

    BalasHapus
  36. Jadi keinget waktu masih sering banget nulis buku diary terus dihias gitu. Wah, seru ya acaranya. Ada kak Maudy Ayunda. Semoga di Semarang akan ada acara seru ini juga. Aku juga suka pakai bolpoin standard. Eh, btw salam kenal ya kakak.

    BalasHapus