IBX583577287E51C

Jumat, 10 Agustus 2018

Sakit Gigi dan Gusi yang Tidak Boleh Diabaikan

Cara Mengatasi Gusi Berdarah
Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Hidangan manis yang menutup jamuan makan malam kali ini, membuatku meringis sesaat dan lalu harus menahan rasa sakit sekian menit untuk memaksakan tersenyum dan akhirnya bisa minta ijin kembali ke kamar untuk membersihkan sisa makanan manis yang sempat menyelinap di antara celah gigi yang berlubang.

Liburan yang harusnya dinikmati dengan suka cita, bisa menjadi nightmare untuk dikenang kalau tidak sehat.

Siapapun orangnya, ketika akan berlibur pasti yang dijaga adalah kesehatan. Sering dari kita, mungkin juga pengalaman pribadi Manda yang menganggap kesehatan itu hanya seputar kepala tidak pusing, hidung tidak pilek, tenggorokan tidak radang dan tidak batuk, perut tidak sakit dan pinggang (baca : boyok) tidak sedang mencari perhatian lebih. Selain itu, sisanya aman dan bisa diatasi.

Alhasil, obat-obatan yang menjadi P3K ala Manda adalah imboost, decolgen dan new diatabs. Padahaaaalll, kenyataan di lapangan pada malam itu, yang diserang oleh sakit adalah sakit gigi.

Tentang Sakit Gigi yang Menyiksa

Pantes ya ada lagu yang liriknya :

"lebih baik sakit hati, daripada sakit gigi" *dimaafkan kalau terbalik ya.
Buat kalian yang belum pernah ngrasain sakit gigi, mungkin terasa tulisan ini hanya artikel yang dibaca sambil lalu. Tapi untuk kita yang pernah merasakan rasanya sakit gigi, pasti akan menjaga benar supaya tidak sakit gigi. Merasakan sakit di area dalam mulut selalu identik dengan gigi, padahal ada lidah dan gusi yang juga berada di dalam mulut.

Apa saja penyebab sakit di area dalam mulut yang menyiksa? 
  1. Sakit gigi disebabkan gigi yang berlubang.
  2. Sakit gigi disebabkan mengkonsumsi makanan manis dan menyelip di gigi berlubang.
  3. Sakit gigi disebabkan gigi bijak yang tumbuh dan sedang mencari tempat tumbuh.
  4. Sakit disebabkan gusi yang bengkak karena akan tumbuh gigi.
  5. Sakit disebabkan gusi berdarah karena kekurangan vitamin C dan vitamin K.
  6. Sakit disebabkan gusi berdarah karena terlalu semangat menyikat gigi.
  7. Sakit disebabkan lidah tergigit saat makan.
Sakit di area mulut, meliputi lidah, gigi dan gusi di atas masih tergolong sakit gigi dan gusi yang ringan. Tentunya masih banyak sakit lain di area mulut yang membutuhkan perawatan dokter spesialis gigi untuk mengetahui jenis sakitnya dan cara mengobatinya.

Bagaimana mengatasi keluhan sakit gigi dan gusi?
  1. Cara mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang, bisa dengan menambal bagian gigi yang berlubang. Jika saat sakit disebabkan oleh makanan manis yang terselip, maka segeralah gosok gigi untuk membuang makanan manis yang terselip tersebut. Jika belum reda dan tidak membawa obat pereda nyeri, bisa dengan berkumur dengan air garam.
  2. Cara mengatasi gusi berdarah bisa dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc, seperti kacang merah dan kacang panjang. Makanan lain yang kaya nutrisi seperti sayuran dan makanan olahan akan menutrisi gusi, membantunya tetap kuat dan sehat. Untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, rutinlah gosok gigi di pagi dan malam hari.
  3. Cara mengatasi jika lidah tergigit adalah berhenti makan dan membiarkan air liur di dalam mulut membantu proses penyembuhannya. 
Hal-hal di atas terbaca sepele dan memang sudah menjadi rutinitas kita sehari-hari dalam menjaga kesehatan mulut, terutama gigi dan gusi. Bagi yang sudah terbiasa dengan lifestyle yang baik, lanjutkan ya! Bagi sahabat Manda yang belum memulai untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, sebaiknya segeralah memulainya! Karena sakit gigi itu rasanya cenut-cenut dan pusingnya sampai kepala.

3 komentar:

  1. memang bener kok lebih baik sakit hati kalo saya soalnya sakit gigi ga kuat bikin panas dingin ngapa2in ga enak. kl sakit hati tggl cari lagi. haha

    BalasHapus
  2. Iya Manda, daku tuh kalau udah sakit gusi bisa menjalar kemana-mana. Rasanya kalau diganggu bisa tiba-tiba berubah jadi HULK

    BalasHapus
  3. sakit gigi mengang bikin yang lain lain jadi ikutan sakit, apa lagi terjadi pada anak-anak duh bisa rewel sepanjang hari.. hehehe.. 9 Obat Sakit Gigi Alami Yang Ampuh bisa di coba kok kak.. :)

    BalasHapus