IBX583577287E51C

Kamis, 15 Februari 2018

Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan

Nutrisi Terbaik 1000 HPK
Nutrisi Terbaik 1000 HPK bersama NUB

Bekerja dari rumah sebagai working at home Manda membuat saya harus aktif mencari ilmu di luar sana. Beruntung ada komunitas blogger yang memberikan kesempatan bagi Manda untuk bisa mendapatkan ilmu, salah satunya acara Talkshow Kesehatan “Menyediakan Gizi Terbaik dalam Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)" di Mezzanine Eatery Yogyakarta.




Talkshow Kesehatan “Menyediakan Gizi Terbaik dalam Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang dipandu MC cantik kali ini, menghadirkan dr. Endi Paryanto Prawirohartono, M.PH, Sp.Ak. yang menjelaskan tentang pertumbuhan dan kecerdasan bayi selama dalam kandungan, beliau juga memberikan ilmu baru tentang asupan nutrisi terbaik bagi ibu hamil. Sedangkan Ibu Nunik Endang, S.ST, S.H., M.Sc. dari ketua PD IBI DIY. memberikan penjelasan seputar tema peran bidan dalam persalinan, memberikan layanan dan support, dan seorang ibu hamil harus memiliki keyakinan pada tenaga medis yang membersamainya dari awal hamil sampai persalinan.



 
Bertempat di Mezznine Cafe yang instagramable banget, hasrat buat difoto dan memfoto ternyata membuat siang hari ini menjadi me time tersendiri buat emak blogger Jogja. Ya, saat yang berharga bagi kami adalah bisa berjumpa di event yang sarat ilmu dan sekaligus bersilaturahmi dreescode-an dan lalu mengabadikan momen kebersamaan. Hidup bukankah hanya mampir untuk bersyukur dan berbahagia?

Menghabiskan waktu di Mezzanine untuk berfoto bukanlah hal yang membosankan. Terlebih di acara NUB - Nutrisi Untuk Bangsa ini, ada cek kesehatan seperti ukur tinggi badan, ukur tekanan darah dan berat badan, setelahnya bisa mengkonsultasikannya. Waktunya makan siang pun tiba, yuk kita makan siang bernutrisi dulu ya!



Keseluruhan menu di Mezzanine yang dipilih di acara NUB ini, enak! Selepas jam makan siang, acara talkshow ini dimulai. Ilmu yang Manda serap selama talkshow ini berlangsung akan Manda tuliskan dalam poin-poin sebagai berikut, harapannya kita semua bisa belajar dari acara sarat ilmu Health and Nutrition Discussion bersama NUB - Nutrisi Untuk Bangsa kali ini. Nutrisi Untuk Bangsa sendiri adalah sebuah gerakan dari masyarakat untuk masyarakat yang peduli masalah gizi di Indonesia. Tentang kehamilan, kehamilan yang baik adalah kehamilan yang diinginkan dan direncanakan. Banyak ibu yang tidak sadar sedang hamil, inilah yang menyebabkan kurangnya kecukupan nutrisi di 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan)nya. Kehamilan yang direncanakan dimulai dengan meminum asam folat saat merencanakan kehamilan. Kekurangan asam folat akan mengakibatkan kelainan bawaan.  


Nutrisi Terbaik 1000 HPK adalah kesehatan jangka panjang itu dimulai dari 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK), pada fase kehamilan (270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (730 hari). Calon bayi yang ada di dalam kandungan disebut janin, setelah lahir hingga usia 1 tahun disebut bayi, di atas 1 tahun disebut anak. Setelah lahir, asupan nutrisi untuk bayi yg terbaik adalah ASI, sehingga bayi yang baru lahir biasanya mengikuti prosedur IMD (Inisiasi Menyusu Dini) yang ternayta penting untuk bayi bisa menemukan puting susu ibunya. Dengan IMD, angka kematian bayi akan menurun, karena nutrisi dan imunitasnya akan kuat.



Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang ibu yang sedang hamil, yaitu :
  1. Zat paling penting dipenuhi di awal kehamilan antara lain adalah asam folat yang dibutuhkan untuk pembentukan organ vital.
  2. Kebiasaan makan Bunda akan sangat berpengaruh pada kebiasaan makan anak kelak. Perkenalkan aneka makanan sejak dari janin.
  3. Ibu hamil disarankan menemui tenaga kesehatan minimal 4x, pas 0-3 bulan, pas 3-6 bulan, dan dua kali pas 6-9 bulan. Lebih sering lebih baik, misalnya sebulan sekali.
Setelah sesi dengan dr Endy dan bidan Nunik berakhir, saatnya untuk cooking class yang menu masakan kali ini bisa banget dipraktekkan di rumah. Puding susu yang mudah dan cepat pun dibuat oleh salah satu pemenang menu bernutrisi yang diadakan beberapa waktu lalu oleh NUB.


 

Selanjutnya, ada chef cantik Rissa yang akan menunjukkan bagaimana membuat masakan variatif yang bernutrisi dan baik untuk ibu hamil dan menyusui. Bahan yang dipakai dari sayuran wortel dan daun kelor (bisa ditambahkan daun katuk). Tips dari Chef cantik Rissa di acara NUB (Nutrisi Untuk Bangsa) kali ini adalah bagaimana menyimpan stroberi agar gak cepat busuk dengan cara dibungkus dengan menggunakan tissue supaya airnya meresap ke tissue. Dan ilmu kali ini tentang memasak pun bertambah, yaitu puding wortel saus stroberi dan pasta saus daun kelor. Nyaaamm!


Semoga ilmu yang bisa Manda tuliskan di atas bisa bermanfaat bagi sahabat Manda yang membacanya ya! Yuk, kita siapkan makanan bernutrisi untuk keluarga kita, membawa pesan sehat untuk keluarga tercinta dari dapur Manda.

12 komentar:

  1. Seneng kalau lihat mba Ima...selalu ceria...:D

    BalasHapus
  2. Semuanya bernutrisi ya, Manda..acaranya, pertemanannya, ilmunya..semuanyaaa.. :D

    BalasHapus
  3. Pokoknya seru ya mbak.. Itu resep dari chef Rissa kayanya bentar lagi ada di dapur manda kie.. :D

    BalasHapus
  4. Iya, bener ya, Mba.

    Kalau kita ga sadar sedang hamil bisa apa aja kita makan. Bahkan bisa minum obat sembarangan. Padahal saat itu harus hati2 banget

    BalasHapus
  5. Saya sudah cukup mba, keliatannya ga akan hamil lagi.

    BalasHapus
  6. seru banget yaa mba acaranya. kalau aku datang ke acara itu, yang paling aku tunggu adalah cooking class nya hehehe

    BalasHapus
  7. salfok pada makanan dan puddingnya saya hahaha
    memang nutrisi 1000 hari pertama penting diperhatikan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak :)

    BalasHapus
  8. Nutrisi anak pastinya penting banget ya mbak. Seru ya acaranya dan mbak Ima nya kinclong syekalii hehehe

    BalasHapus
  9. Acaranya komplit banget, ya nambah ilmu kesehatan, nambah ilmu masak juga. Saya penasaran sama pasta saus kelor. Setaunya kelor buat sayur bening aja. Kutunggu share masakannya, hehehe roso mekso

    BalasHapus
  10. Acaranya komplit banget. Bisa nambah ilmu kesehatan, nambah ilmu masak juga. Saya yg penasaran sama pasta saus kelor Mbak. Kapan2 ditunggu hasil masakannya. Rodo mekso ini

    BalasHapus
  11. Saya klo hamil kebiasaan makan meningkat tajam & ga pernah morning sickness, makanya timbangan bisa nambah 27 kg. Alhamdulillah stlh melahirkan paling sisa 5kg & saat mulai masuk kerja, kembali seperti semula...hihihi

    BalasHapus
  12. Selalu beruntung bisa gabung dengan komunitas blogger ya mbak. Apalagi jika ilmu yang dibagikan sangat bermanfaat. Merasa tak pernah ada yg sia sia saat memutuskan jadi blogger

    BalasHapus