IBX583577287E51C

Minggu, 28 Januari 2018

Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Urat

Makan Sehat Bagi Penderita Asam Urat

Hidup sehat adalah dambaan kita semua, tidak tua maupun muda, tidak pula laki-laki maupun perempuan. Kebiasaan hidup dan pola makan menentukan sekali seseorang sehat lebih lama di era yang apa-apa mudah dijumpai dengan mengetukkan jari pada smartphone. Ya, pola makan menjadi alasan dokter ketika seseorang yang masih berusia muda terkena penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan asam urat.

Pola makan jaman sekarang lebih didominasi oleh makanan yang enak di lidah. Manda memahami benar tentang pola hidup seperti ini, karena kegemaran kuliner Manda Panda di www.tamasyaku.com yang membuat kami harus banyak membaca dan menyeimbangkan pola hidup sehat yang nyaman untuk kami berdua.

Di satu sisi, kebutuhan akan makan bagi seseorang yang masih hidup adalah sesuatu yang termasuk dalam kebutuhan primer. Makan yang sehat adalah makanan yang mengandung gizi (cukup karbohidrat, protein, lemak dan vitamin). Makan yang seimbang untuk tubuh adalah makanan yang lengkap kandungannya dan kaya serat dari sayur dan buah-buahan. Dalam definisi kesehatan, makanan yang enak tidak ada dalam kategori jenis makanan sehat. Bisa jadi, makanan itu tidak enak di lidah tetapi menyehatkan dan begitu pula, makanan itu enak di lidah namun tidak sehat di badan.

Sehat untuk hidup lebih lama. (Manda, 2018)

Setiap orang punya cara untuk menjaga kesehatannya, demikian juga saya dan Panda. Keduanya memahami beberapa hal yang menjadi pantangan di keluarga kami, diantaranya :
  1. Makan malam diusahakan sebelum jam 7 malam.
  2. Kurang lebih 1 jam setelah makan, baru boleh tidur.
  3. Minum manis saat pagi dan sore hari sudah menjadi kebiasaan, dengan takaran gula pasir yang pas (tidak terlalu manis dan tidak terlalu pahit).
  4. Kuliner sayuran minimal 3x seminggu. Di saat -saat inilah, biasanya Manda menyempatkan untuk memasak di Dapur Manda.
  5. Kuliner kambing diperbolehkan minimal 3x sebulan dengan rentang waktu yang tidak berdekatan.
  6. Minum kopi diperbolehkan maksimal 2x sebulan.
  7. Saling mengingatkan untuk tidak menelan mie instan kecuali godaan hujan dan memang sudah 2 bulan tidak makan mie instant.
Tujuh di atas adalah sekian diantara banyak kebiasaan kami yang ada di keluarga yang lalu menjadi kebiasaan untuk menjaga kesehatan. Setiap orang yang mengidap penyakit tentunya ada beberapa makanan yang menjadi pantangan. Hal tersebut bertujuan agar kondisi tubuh anda tidak memburuk. Maka dari itu patuhilah patangan – pantangan yang telah di berikan oleh dokter. 


Sama halnya asam urat tentunya ada beberapa pantangan makanan asam urat yang mesti dipatuhi agar asam urat tidak mejadi lebih mematikan lagi karena asam urat bila di biarkan sangat berbahaya. Nah berikut ini akan Manda tuliskan beberapa makanan yang harus dijauhi dan jangan di konsumsi agar kondisi cepat pulih jika merasa asam uratnya sedang tinggi. 
  1. Bayam Dan Kangkung. Kita pastinya sudah tahu bahwa sayuran bayam dan juga kangkung merupakan sayuran hijau yang memiiki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Nah bagi pengidap asam urat dua jenis sayuran ini menjadi pantangan makanan asam urat, karena kandungan puri yang sangat tinggi sebesar 100 gram sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat. 
  2. Olahan Dari Kedelai. Selain dari sayur – sayuran, dari olahan kedelai juga menjadi makanan yang dipantang bagi pengidap asam urat. Apabila mengkonsumsinya berlebihan tentunya akan menjadi boomerang bagi penderita asam urat. Sama halnya seperti bayam dan kangkung, olahan kedelai ini memiliki kandungan zat puri yang sangat tidak baik bagi pengidap asam urat, apalagi zat tersebut cukup tinggi sehingga tidak baik untuk dikonsumsi. 
Yuk, saling menjaga tetap sehat dengan makan secara tidak berlebihan!

1 komentar:

  1. Ga ngopi selama 2 bulan, duuh kuat ga ya aku hahahaha. Tapi sehat itu memang godaannya banyak ya nda

    BalasHapus