IBX583577287E51C

Selasa, 23 Januari 2018

Tempat Recommended Untuk Membeli Batik Solo

Ciri khas batik Solo
Qlapa.com

Batik solo adalah andalan wisata di daerah Jawa tengah tepatnya adalah kota Solo. Terutama jika berkunjung ke daerah sentra batik seperti Laweyan dan Kauman. Selain kebanggaan daerah, batik dari kota Solo juga menjadi produk lokal yang mengharumkan nama Indonesia karena sudah diekspor serta diakui keindahannya oleh orang luar.
 
Ciri Khas Batik Solo 

Ciri khas batik Solo yang gak ada di batik Indonesia lainnya. Setiap batik sebenarnya punya ciri khas tersendiri. Begitu juga dengan batik asal kota Solo. Inilah 3 keunikannya yang tidak akan ditemukan pada jenis lainnya :
  1. Coraknya terlihat tradisional. Baik itu dalam proses cap ataupun tulis.
  2. Menggunakan bahan lokal seperti soga Jawa.
  3. Penggunaannya didominasi warna coklat atau hitam.
  4. Coraknya berbentuk geometris. Contohnya terdapat dalam pola Sidomukti, Sidoluruh dan Sidoasih.
  5. Ukuran motifnya kecil-kecil atau istilah lainnya Truntum.
  6. Setiap motifnya punya ciri khas masin-masing. Misalnya, corak parang kusuma memiliki ciri bentuknya diagonal. Cara melukisnya dari bawah ke atas, untuk melambangkan bahwa pemakainya adalah keturunan raja. Selain itu ada motif sekar jagad yang berarti kumpulan bunga sedunia.
  7. Setiap corak punya nilai filosofis tersendiri serta berhubungan dengan budaya atau agama.
Macam-Macam Motif Batik Solo yang Paling Populer
 
Sebagai salah satu kota sentra batik, para pengrajin di Solo membuat aneka motif. Apalagi ditunjang dengan teknologi baru, kini batik solo dibuat dengan teknik tulis, cap hingga printing. Sebenarnya, ada ratusan corak telah dibuat oleh para pengrajin solo, tetapi berikut ini 5 motif paling populer dan digemari
banyak orang :
  • Motif parang. Ini adalah salah satu motif tertua di Indonesia. Parang berasal dari kata pereng atau lereng. Coraknya berupa huruf S disusun berkesinambungan dalam bentuk diagonal.
  • Motif Kawung. Polanya serupa buah kawung atau kolang kaling disusun secara simetris dan geometris.
  • Motif Semen Rante. Berasal dari kata semen atau seme yang berarti tumbuh dan rante yang berarti rantai. Kain ini biasa digunakan oleh perempuan saat lamaran. Dengan harapan semoga bisa membangun rumah tangga kokoh tak terpisahkan.
  • Motif sidomukti. Arti kata sido artinya jadi atau berkesinambungan. Sedangkan mukti artinya makmur sejahtera. Kain ini biasa dipakai saat pernikahan. Coraknya menggambarkan harapan akan masa depan bahagia.
  • Motif truntum. Cirinya adalah corak yang berukuran kecil-kecil. Biasanya dipakai oleh orang tua mempelai. Truntum artinya panutan. Sehingga melambangkan harapan agar orang tua bisa menjadi panutan anak-anaknya.
Beli Batik Solo di Toko Online Ini Pasti Buatmu Puas!

Memilih batik solo tidak bisa sembarangan. Kamu harus mengenal makna di dalamnya agar sesuai kebutuhan. Tetapi yang lebih penting, pilih produk original dan berkualitas. Jika kamu terbiasa membeli barang online dan ragu dengan kualitas, sebaiknya kamu belanja di Qlapa.com. Kenapa harus memilih berbelanja di sini?
  1. Produknya original hasil para pengrajin lokal. Bahkan dijual langsung oleh pengrajinnya tanpa perantara reseller. Sehingga, dijamin orisinalitasnya serta dibandrol dengan harga bersahabat.
  2. Proses berbelanja praktis. Bisa langsung pesan lewat gadgetmu, kemudian tinggal tunggu pesananmu tiba di alamatmu.
  3. Marketplace ini mewadahi para pengrajin lokal untuk menjual produk mereka. Dan, memudahkan pembeli untuk mendapatkan produk handmade berkualitas.
  4. Semua produk yang masuk telah dikurasi agar bisa memuaskan konsumen.
  5. Produk dibuat secara handmade dan dikerjakan satu persatu secara tradisional. Sehingga setiap item tetap unik sekalipun coraknya sama.
Cara Mencuci Batik Solo Agar Tidak Luntur 

Kebanyakan orang belum tahu cara mencuci batik solo. Mereka mencuci kain batik sama seperti mencuci kain lainnya. Padahal, hal tersebut adalah kesalahan besar yang membuat barang kesayanganmu cepat luntur. So, perhatikan cara mencuci berikut ini:
  1. Jangan gunakan mesin cuci. Sebab putarannya terlau kencang dan bisa merusak kain. Begitu juga dengan penggunaan detergen. Karena busa deterjen bisa merusak tekstur dan warna kain.
  2. Khawatir akan terkena luntur atau membuat luntur, pisahkan dari warna lain saat merendam. Kalau masih ingin mencuci secara bersamaan, pilahlah berdasarkan warna. Jadi sekalipun terkena luntur tidak akan terlalu berbeda warnanya.
  3. Rendam dengan air hangat. Air hangat mampu membuka pori-pori benang, sehingga kotoran cepat luruh. Kalaupun tidak luruh sendiri, cara ini akan membuat noda cepat hilang ketika dikucek.
  4. Hindari memeras pakaian setelah dibilas karena akan membuat baju lecek. Jika sudah begini, akan sulit mengembalikannya ke bentuk semula.
  5. Jemur di tempat teduh dan jangan biarkan terkena sinar matahari langsung. Sebab kain akan cepat pudar saat terpapar sinar matahari terlalu lama.

So, Apa kesimpulan yang perlu diingat?

Batik solo ternyata punya nilai filosofis yang tinggi. Dahulu, pemakainya adalah orang-orang kerajaan. Kini masyarakat umum pun bebas mengenakannya. Bahkan kini batik telah menjadi identitas bangsa. So, saaatnya kamu bangga dengan produk dalam negeri.

Berminat membeli kain atau pakaian jadi berbahan batik dari kota solo? Kamu bisa berkunjung ke Qlapa.com. Marketplace ini adalah surga bagi para penyuka produk handmade serta barang bernuansa etnik.

4 komentar:

  1. Produknya qlapa emang bikin gak nahan, unik2 banget. Lumayanlah buat hunting barang handmade lucu tanpa perlu lgs ke pembuatnya

    BalasHapus
  2. bisa belanja aman di qlapa nih. Kalao belanja online gitu lebih aman ya. Enggak takut ditipu pedagang. Batiknya oke punya juga nih.

    BalasHapus
  3. Batik Solo cantik yaaa...sukaa..

    BalasHapus
  4. Aku suka batik Solo karena klasik. Motif2nya itu keliatan otentik banget.

    BalasHapus