IBX583577287E51C

Rabu, 31 Januari 2018

5 Tips Hemat Mengatur Uang Ala Perempuan


Tak dapat dipungkiri, perempuan dan shopping layaknya dua sisi mata koin. Rasio belanja perempuan jauh lebih tinggi daripada pria. Apalagi di era modern seperti sekarang, kebanyakan perempuan memilih menempuh dunia kerja, sehingga pasokan uang selalu lancar setiap bulannya. Shopping dan perempuan memang tak dapat dipisahkan, namun apakah perempuan sering kesulitan dalam mengatur keuangan?


Jawabannya sangat subjektif karena setiap perempuan memiliki tabiatnya masing-masing, ada yang disiplin dan ada yang tidak. Namun bagi perempuan single, shopping memang menjadi faktor utama sulitnya menghemat budget bulanan. Nah bagi kamu perempuan yang kesulitan menghemat uang, coba deh cek 5 tips hemat mengatur uang ala perempuan berikut ini.

 1. Ingat Masa Depan

Bagi kamu perempuan yang terbiasa menghambur-hamburkan uang, apakah tindakanmu sudah benar? Apakah kamu tak memikirkan masa depanmu? Perempuan yang smart tentu mengetahui bahwa ia memiliki prioritas-prioritas tertentu dalam hidupnya. Misalnya seperti pernikahan, apakah dengan buang-buang uang, pernikahan bisa teralisasi dalam waktu cepat? Tentunya tidak bukan? Jadi supaya kamu tak terlalu termakan buaian nafsu shopping, sebaiknya kamu berkacara diri, apa yang ingin kamu capai kedepannya. Jika kamu berencana untuk menikah, maka segeralah menabung, dan kurangi kebiasaan shopping. Jika kamu ingin melanjutkan S2 atau S3, kamu ‘pun mesti segera menurunkan porsi shopping kamu.

 2. Buat Anggaran Mingguan

Jika kamu kesulitan menghemat budget bulanan, ada baiknya kamu menetapkan anggaran bulanan. Anggaran bulanan ini tentunya berisikan daftar belanjaan selama seminggu. Jika kamu belum punya rumah dan masih ngontrak, tentunya kamu mesti mencatat berbagai macam kebutuhan seperti biaya dapur, biaya kecantikan, biaya listrik, biaya shopping, dan lainnya. Khusus untuk shopping, jika kamu ingin berhemat, sebaiknya alokasikan sedikit saja. Belilah barang-barang yang murah namun tetap terlihat trendi seperti yang kamu inginkan. Pada saat belanja, jangan lupa bawa catatan anggaran mingguan tersebut biar kamu punya panduan.

3. Beli Pulsa di Tokopedia

Selain shopping, hal lainnya yang sangat identik dengan perempuan yaitu smartphone. Kemana-mana perempuan pasti membawa ponsel. Jika tidak chatting-an, perempuan biasanya selfie atau menggelar siaran langsung di Instagram. Tentu, perempuan membutuhkan pulsa dan juga kuota data agar ponsel bisa ‘hidup’ lebih lama. Jika ingin hemat, sebaiknya kamu beli pulsa di Tokopedia. Iya betul sekali, dengan membeli pulsa Tokopedia, selain hemat waktu, kamu ‘pun bisa hemat uang. Harga pulsa yang ditawarkan di Tokopedia sangatlah murah, selain itu kamu ‘pun bisa membeli pulsa kapan pun kamu butuh. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan promo pulsa Tokopedia yang bisa kamu dapatkan di situs Tokopedia maupun di situs-situs yang bekerjasama dengan marketplace satu ini.

4. Belanja Pada Saat Mood Sedang Baik

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa perempuan yang mood-nya sedang buruk, berpotensi shopping ‘gila-gilaan’. Apalagi ditambah dengan adanya diskon, perempuan yang mood-nya jelek seperti melihat pelampiasan yang paling sempurna. Jadi jika mood kamu sedang buruk, sebaiknya hindari shopping. Sebaiknya kamu alihkan ke aktivitas-aktivitas lain yang lebih murah meriah seperti nongkrong dengan teman, yoga, gym, karaokean, dan lainnya. Baru jika mood kamu sedang bagus, kamu baru bisa melaksanakan shopping. Mood yang baik tentunya juga berimbas pada pikiran, sehingga lebih rasional dan mampu mengontrol emosi.

 5. Gunakan Dua Kartu ATM

Bagi perempuan yang sulit menghemat uang bulanan, sebaiknya gunakan dua kartu ATM. Fungsinya yaitu agar kamu bisa menghindari pemborosan. Jadi satu kartu ATM yang pertama digunakan sebagai budget kebutuhan-kebutuhan penting seperti biaya kontrakan, biaya pendidikan, biaya makan, dan lainnya. Kartu ATM yang kedua digunakan sebagai penyimpanan budget khusus shopping. Pastikan kamu menerapkan porsi yang seimbang, alokasikan 70% gaji di kartu ATM yang pertama dan 30% di kartu ATM yang kedua. Sebagai perempuan, hawa shopping yang menggebu-gebu memang menjadi faktor utama sulitnya berhemat. Namun bukan berarti perempuan single mesti menyerah dengan keadaan. Lewat beberapa tips diatas, perempuan bisa menghemat uang bulanan hingga level maksimal.

1 komentar:

  1. Belanja saat mood sedang baik, kalau aku malah kebalikannya, kalau lagi bad mood kepingin banget belanja, itu dulu pas belum menikah...sekarang sering bilang begitu, tapi jarang kulakukan, karena tahu...kalau belanja pas badmood, ampun dech, apa yang dibeli itu, kepakai atau enggak...hiks. Saya dan suami juga pakai 4 ATM MBak, untuk operasinal saya dan suami 2, yang 2 lagi pemisahan dana saja.

    BalasHapus