IBX583577287E51C

Rabu, 27 September 2017

Tips Menjaga Kesehatan Bagi yang Tidak Gemar Olahraga


Sehat bagi yang suka berolahraga adalah hal yang biasa. Lain halnya jika sehat itu diusahakan untuk orang-orang yang tidak gemar berolahraga.
Sudah masuk musim penghujan dan tentunya penting sekali menjaga kesehatan di musim penghujan ini. Bagi saya yang tidak gemar berolahraga, tentunya perlu melakukan beberapa aktivitas berikut supaya menjaga tetap sehat.
Kata "tidak gemar berolahraga" bisa diartikan sebagai berolahraga yang kurang dari 1x dalam seminggu, artinya frekuensi berolahraga yang bisa dibilang minim atau jarang.
Jujur, bagi yang jarang berolahraga, coba rasakan efek di badan setelah kita berolahraga. Sebenarnya yang terasa adalah lebih segar, lebih enerjik, tidak mudah mengantuk dan merasa lebih sehat. Walaupun hanya jalan kaki santai di pagi hari sambil menghirup oksigen.
Banyak alasan yang bisa dibuat ketika seseorang memutuskan untuk tidak gemar berolahraga, salah satunya karena takut capek dan terlambat berangkat ke kantor. Lalu bagaimana di akhir pekan? Ah, namanya manusia, selalu bisa membuat alasan. Hari sabtu dan minggu adalah waktunya badan istirahat, masak tetap bangun pagi dan olahraga. Nah lho! Alasan akan mudah dibuat bagi manusia jaman sekarang.
Ingin hidup sehat di musim penghujan tetapi tidak gemar olahraga, apa mungkin bisa? Dari pengalaman saya, beberapa hal ini cukup membantu tubuh bergerak walaupun tidak semaksimal kalau kita berolahraga.
Gerakan sholat. Bagi yang beragama Islam, melakukan gerakan dalam sholat sudah seperti melakukan gerakan senam (bongko-jongkok-berdiri-tegak), jika dilakukan minimal 17x dalam satu hari setidaknya organ tubuh dipaksa untuk berolahraga mengikuti gerakan sholat.
Sarapan. Membiasakan sarapan pagi sangat dianjurkan bagi kita sebelum memulai aktivitas. Banyak manfaat dari sarapan, diantaranya menjaga tetap fokus, memberi energi, membantu konsentrasi, dan mencegah naiknya asam lambung.
Pelihara jam makan dengan teratur. Setelah sarapan, yang terpenting berikutnya adalah menjaga keteraturan jam makan. Sudah tidak gemar berolahraga, kitanya pun suka telat makan. Di jam-jam sibuk, kebanyakan orang menunda makan siang, padahal hal tersebut membuat ritme sistem cerna kita menjadi tidak baik dan rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan lambung dan alat pencernaan.
Gaya Hidup Sehat. Gaya hidup sehat yang saya terapkan di keluarga saya adalah menghindari konsumsi MSG ketika memasak, memilih bahan yang kualitasnya baik (kalaupun terjangkau bisa membeli yang organik), tidak ada asap rokok, dan minum kopi maksimal 1x seminggu. Tentunya setiap keluarga mempunyai pandangan yang berbeda tentang gaya hidup sehat, dan sah-sah saja selama gaya hidup sehat itu menjadi kebiasaan.
Asupan sayur dan buah. Saya percaya ada khasiat kesehatan dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Selain vitamin dan anti oksidan, buah dan sayur menjaga tubuh kita seimbang secara nutrisi. Kebutuhan akan serat pun bisa diperoleh dari sayur dan buah. Pilih buah dan sayur yang menjadi favorit keluarga ya. Bukankah hidup sehat itu tidak memaksa dan dilakukan dengan riang gembira.
Kurangi asupan gula. Mengurangi asupan gula pasir dalam minuman yang disajikan setiap pagi dan sore, serta mengurangi cemilan manis yang dikonsumsi sudah merupakan langkah nyata yang bagus untuk kita hidup sehat bagi yang tidak gemar berolahraga.
Cukup tidur. Manusia modern sering kesulitan mencari waktu istirahat, tidur pun menjadi sesuatu yang tidak utama ketika beban pekerjaan dan deadline di depan mata dan harus diselesaikan. Belum lagi gangguan gadget dan televisi yang memungkinkan orang menunda waktu tidurnya demi menyelesaikan apa yang sedang dikerjakannya. Padahal cukup tidur menjadi hal yang berpengaruh bagi kesehatan. Mau bukti? Coba bandingkan ketika bangun tidur pukul 5, saat kita tidur pukul 1 pagi dengan tidur pukul 22!
Peka terhadap gejala tubuh. Bagi saya yang tidak gemar berolahraga, gejala tubuh adalah alarm yang harus kita kenal. Kalau kurang tidur, biasanya kepala terasa berat. Setelah makan yang berlemak, biasanya tubuh terasa lemas dan berat. Lupa minum air putih, tubuh terasa dehidrasi. Makan terlalu pedas, perut terasa panas. Makan gorengan berlebihan, terasa radang tenggorokan. Dengan mengenali gejala yang muncul di tubuh kita, kita akan menjadi orang yang waspada dan senantiasa menjaga kesehatan dengan tidak berlebihan.
Hindari stress. Menghindari stress di jaman sekarang bisa dengan mendekatkan diri pada Tuhan, banyak berdzikir, pasrah setelah melakukan yang terbaik sebisa kita, tidak selalu bersaing dan berkompetisi dan melakukan segala sesuatu diniatkan sebagai ibadah.
Tulisan ini sekaligus menjadi catatan untuk diri saya sendiri, bahwa nikmat utama dalam hidup adalah diberi kesehatan. Dan ternyata, dengan sehat kita bisa melakukan banyak hal untuk diri kita, keluarga kita dan sekitar kita. Bukankah hidup hanyalah numpang menjadi manusia manfaat untuk bekal di akhirat?
Selamat memulai hidup sehat ya sahabat Manda!

5 komentar:

  1. Sy sih suka OR tapi kadang emang gak sempet karna banyaknya pekerjaan (mudah ya bikin alasan). Untungnya ada senam seminggu sekali di kantor. Lumayanlaah

    BalasHapus
  2. saya termasuk ini manda
    dan yg paling sering dipraktekin itu "cukup tidur"
    tapi malah berlebihan hahahaha

    tengkyu sharingnya ya manda say

    BalasHapus
  3. Dulu rajin banget, pagi jalan kaki satu jam, sorenya berenang. baban lebih berenergik dan langsing.

    kalau sekarang? ladalah....

    Perbanyak shalat pilihan terbaiknya, selain sehat juga lebih tenang :)

    BalasHapus
  4. Penginnya sih bisa olga teratur,sayang kesibukan sana sini yg bikin terbentur halangan *duh alasan emak ngeles aja🤔

    BalasHapus
  5. Bukannya gak suka, tapi susah #alesyan hahaha
    Nah iya harus atur pola tidur dan hindari stress yaaaa, dua itu aku yg msh susah nih :(
    TFS

    BalasHapus