IBX583577287E51C

Jumat, 29 September 2017

Makanan Ringan yang Bisa Menjauhkan dari Kegemukan


Sudah larut malam, namun perut Anda masih saja belum merasa kenyang? Atau sekarang Anda sedang berada di kantor namun jam makan siang masih sangat lama dan lapar mendera? Saat ingin makan sesuatu namun takut berat badan semakin naik, jangan bingung atau takut, Anda dapat mengakali dengan membuat makanan ringan.

Makanan yang dikonsumsi ketika mendekati jam makan siang atau ketika malam bisa menjadi pengganjal lapar. Namun hati-hati, bila Anda tidak melakukan pemilihan bahan, camilan ini bisa menjadi boomerang yang menggagalkan program diet Anda. pasti Anda tidak ingin bukan, program diet yang sedang dilakukan menjadi berantakan karena camilan?

Sekarang, sudah saatnya mengambil langkah yang tepat dengan menyiapkan sendiri dan memilih dengan baik makanan ringan yang Anda pilih. Makanan yang tidak menggemukkan dan bisa menjadi sumber gizi bagi tubuh. Lantas, apa saja pilihan camilan yang bisa dikonsumsi di kala waktu makan belum datang?

Berikut beberapa camilan yang bisa Anda pilih, antara lain:
  • Kacang-kacangan. Kacang almond bisa menjadi camilan yang mudah dibawa kemana pun, selain kaya dengan kandungan serat dan protein, kacang almond bisa menjadi pilihan yang  menyegarkan, setengah cangkir kacang almond memiliki kandungan serat, protein dan zat besi.
  • Pudding dengan kandungan rendah lemak. Anda bisa membuat sendiri pudding yang Anda sukai, tanpa tambahan susu dan gula berlebihan. 
  • Popcorn Pilih popcorn yang mentah dengan label rendah lemak dan tanpa rasa. Masak popcorn di dalam microwave Anda bersama dengan minyak. Anda tidak perlu menambahkan rasa apapun seperti mentega dan caramel. Popcorn ini tersedia banyak di toko online. Untuk menambahkan rasa, Anda bisa menambah sedikit bubuk cabai.
  • Keju dan biskuit. Pilih biskuit yang memiliki kandungan biji-bijian utuh dan rendah kandungan lemak. Anda dapat menambahkan keju parut atau krim keju oles yang rendah kandungan lemak. 
  • Sereal. Sereal bisa menjadi pilihan makanan yang sehat, apalagi sereal yang kaya akan serat serta rendah kadar gula. 
  • Buah dan yoghurt. Yoghurt tanpa rasa bisa Anda konsumsi. Jika Anda merasa kurang lezat menyantapnya, Anda bisa menambahkan potongan buah segar. Camilan ini bisa menjadi sumber kalsium yang enak dan kaya akan kandungan manfaat. Anda juga bisa mencampurkan bahan makanan lain.
  • Sayuran. Bukan hanya menjadi makanan utama, sayuran juga bisa menjadi camilan seperti brokoli kukus, atau wortel kukus.
  • Milkshake pisang. Milkshake bisa dikategorikan sebagai minuman dan camilan karena tekstur yang lebih kental dari jus, Anda bisa memblender pisang dan menambahkan susu rendah lemak, jika suka, tambah bubuk kayu manis.


Bila Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat camilan di atas, dan Anda ingin menyetok camilan, Anda bisa membeli di toko online. Namun, pilih produk makanan yang memiliki kriteria seperti kalori yang cukup dan tidak banyak, memiliki label rendah lemak apalagi lemak jenuh, memiliki kandungan biji-bijian utuh dan kaya protein.

Sebagai takaran standar, Anda dapat menyiapkan susu rendah lemak, keju dan yoghurt tanpa rasa di laci kantor atau di dapur. Bahan-bahan ini bisa dengan mudah dipadukan dengan buah-buahan segar serta bisa menjadi makanan ringan sehat. Jangan lupa, sediakan air minum seperti air putih di meja kantor, karena perut kita sebenarnya tidak selalu memerlukan camilan namun hanya memerlukan air putih saja. Setelah mengkonsumsi air putih dan Anda tidak memerlukan camilan, ini berarti Anda memang tidak lapar.

Selamat hidup sehat ya!

3 komentar:

  1. aku ngemil makanan ringan ini itu tanpa pandang kandungan lemak, bahkan minum temulawak biar makan banyak. *alhasil tetep kuru, paling mundak lemu wetenge tok

    BalasHapus
  2. aku suka yoghurt, tapi kok masih endut ... mungkin karena kucampur dengan susu dan gula, ladalah

    cobain ahhhh....

    BalasHapus
  3. Pas bangettt ini..lingkar perut saya mulai ga enak dibaju nich Mak Ima hehehe

    BalasHapus