IBX583577287E51C

Sabtu, 17 Juni 2017

Aman Bermain dan Nyaman Belajar Bersama Piki

AMAN DAN NYAMAN BERMAIN BERSAMA ANAK
Aman dan Nyaman Bermain Bersama Piki

Dunia anak tidak pernah habis untuk diceritakan, pun demikian dengan Manda. Saat-saat berkualitas, quality time bersama Piki (4y8m) menjadi sesuatu yang selalu menjadi bahan belajar dan berbagi di dalam blog cerita Manda ini. Ya, anak-anak, seperti sebuah lagu yang tidak asing terdengar dan kita nyanyikan saat masih kecil dulu, 

taman yang paling indah, taman kanak-kanak

Demikian akhir dari lirik lagu anak-anak yang menyiratkan bahwa usia emas (golden age) bagi anak-anak haruslah menjadi sesuatu yang concern diperhatikan. Selain memperhatikan kesehatan yang menjadi prioritas, kita juga memperhatikan tumbuh kembangnya. Sebagai Manda, Piki membuat Manda harus banyak belajar dan makin kreatif menyulap sekeliling menjadi tempat bermain dan belajar yang nyaman untuk Piki.


Tentunya, sahabat Manda sudah tidak sabar untuk menyimak seperti apa bermain yang aman dan belajar yang nyaman yang membersamai aktivitas Manda dan Piki. Bagi Manda, bermain yang menyenangkan dari sekitar akan lebih mudah disiapkan dan menjadikan Piki mudah mengenali. Keseluruhan dari belajar dan bermain yang Manda tuliskan di cerita Manda kali ini melibatkan motorik anak yang sedikit banyak bisa menjadi latihan dini bagi anak-anak. Yuk, kita simak cerita Manda berikut ini :

1. Bermain Mengenal Rasa dan Motorik : Membuat Roti Bakar

Bagi yang sudah sering bermain ke blog pribadi Manda, tentunya mengenal bahwa hobi Manda adalah makan dan memasak. Dapur adalah tempat yang paling asyik untuk berkreasi. Tak heran, jika Piki bermain dan belajar dari kegiatan di dapur bersama Manda.

Kali ini, Manda mengenalkan pada Piki tentang cara membuat roti bakar. Bermain di dapur dengan mentega dan misis, seperti layaknya anak kebanyakan bermain dapur-dapuran bersama teman-teman. 

Senangnya ketika anak diajak bermain di dapur adalah permainannya bisa dimakan.


Bahan yang disediakan sederhana : roti tawar, mentega dan meses. Saat bermain ini, Piki bisa belajar mengenal rasa dan merangsang motorik dengan mengoles mentega di roti tawar dan mengambil meses dengan tangannya untuk kemudian ditaruh di atas roti tawar.

Di sela permainan pun, Piki tidak sabar untuk mencicip rasa dari meses yang aman digunakan sebagai alat bermain dan sekaligus enak dicemil. Proses mengoles dan memberi meses sebagai topping pun sudah memakan waktu kurang lebih 15 menit dan setelah dipanggang, roti bakar pun siap dinikmati dan rona puas bahagia dari Piki pun terlihat saat lahap menyantap roti bakarnya dan menceritakan pengalamannya bahwa roti ini bikinan Piki.

2. Belajar Mengenal Anggota Tubuh : Menyendok dan Menyuapi Diri Sendiri

Ada masanya, ketika tangan yang menjadi organ tubuh paling sering digunakan perlu mendapat latihan. Menciptakan permainan yang tidak membuat bosan anak adalah kelihaian orang tua dalam menemani golden age dari anak-anak kita. Seperti ada masa ketika Piki belajar memegang sendok, mengambil makanan dengan sendok, lalu kemudian melatih diri mempertemukan sendok dengan mulut dan kemudian menyuapi diri sendiri. 

Bagi anak-anak, cara mengasyikkan untuk belajar adalah dengan bermain.


Ternyata, tidak mudah bagi anak-anak untuk memasukkan sendok yang berisi makanan ke dalam mulutnya sendiri.Oleh karenanya, dibutuhkan banyak latihan bagi anak-anak untuk belajar makan, makanya ada makan bersama untuk anak-anak di usia PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan KB (Kelompok Bermain). 

3. Belajar Mengenal Aneka Barang : Bentuk dan Warna

Melihat foto Piki sewaktu masih berusia 2 tahunan, Manda jadi ingin berbagi tentang aktivitas Piki yang berkaitan mengenal bentuk. Saat itu kita belajar dari buah-buahan, setelah buah-buahan dicuci, lalu dilap dengan serbet bersih oleh Piki. Kebetulan yang dipakai bahan belajar adalah buah semangka, dan saat mengelap itu dia belajar bahwa bentuk bundar itu seperti semangka.

Dari semangka, Piki belajar contoh bentuk bundar dan bentuk yang bundar bisa menggelinding. Hal ini sama halnya kita mengenalkan bola kepada anak-anak, merangsang motorik menggengam, mengusap, dan melempar. Selain bola, Piki juga belajar menggenggam dari kelengkeng atau duku, dan memasukkannya ke dalam kantong plastik.


Lain halnya dengan belajar mengecap tentang rasa. Membiasakan Piki ikut Manda sarapan pagi saat staycation di dalam kota, membuat Piki belajar tentang duduk di kursi, belajar banyak warna dari sayuran yang ada di salad. Belajar mencicip rasa dari buah dan sayur yang cukup unik pada sayuran yang ada di hotel saat sarapan. Ternyata, belajar untuk anak-anak bisa darimana saja dan kapan saja.



4. Belajar Mengenal dan Mengambil Pilihan dari Sekitar

Semakin besar, indera pengecapnya mulai bisa mengenali makanan yang dia suka atau tidak. Jenis makanan seperti donat dan ayam goreng adalah favoritnya. Pun, dengan donat, Manda membiasakan memilih banyak pilihan rasa untuk Piki bisa belajar menentukan pilihan.


Dan ekspresi yang semacam ini yang membuat Manda selalu kangen dengan Piki. Sehat dan sholeh ya nak!


Berhubungan dengan sekitar, mengenalkan satwa juga perlu dilakukan sehingga anak lebih berani dan tidak merasa ditakut-takuti sehingga dunianya menjadi penuh ketakutan dan rasa khawatir. Selama itu tidak berbahaya, Manda akan selalu mengenalkan sekitar sesuai dengan yang Piki bisa menangkap.


Dan, salah satunya dengan mengobati rasa penasaran Piki akan satwa laut yang satu ini, lumba-lumba.

5. Belajar Memegang Alat Tulis Sambil Bermain Warna, Mengenal Benda dan Melatih Kreativitas Anak

Piki senang sekali dengan kertas lipat, puzzle dan warna. Dari sejak usia 2 tahun, warna sudah mulai dikenalkan ke Piki dengan cara bermain kertas lipat. Mulai dari memilih warna yang menjadi interestnya saat itu. Atau sekedar melipat kertas menjadi sesuatu yang ternyata tidak mudah bagi anak seusia Piki.


Menginjak usia 3 tahun, saatnya Piki sudah bisa mulai menggenggam sesuatu, saat itulah spidol warna bisa belajar dipegangnya dan aktivitas mewarnai menjadi sesuatu yang menyenangkan untuknya. Terlebih, Piki bisa belajar mengenal benda-benda yang akan diwarnainya. 


Kini, usianya sudah hampir 5 tahun, setiap kita berbelanja, Piki sudah bisa menentukan pilihan mau membeli buku mewarnai, buku menggabungkan garis, dan buku mengenal angka dan huruf. Ketika Piki bersama Manda, entah itu hanya di rumah atau saat staycation sekalipun, Manda tidak lupa membawakan Piki alat mewarnai, puzzle atau buku gambar yang bisa dicorat-coret oleh Piki. Sehingga aktivitas belajarnya bisa dilakukan sambil bermain dan menghilangkan kebosanan.


Jaman sudah banyak berubah dan lebih kreatif, selain lego juga ada mainan dari spidol warna yang bisa dibuat menjadi beraneka bentuk. Dan dengan media kit ini, Piki bisa membuat baling-baling, atau membuat robot, atau membuat pesawat sesuai dengan imajinasinya.


6. Belajar Menggunting Sambil Mengasah Kreativitas

Aktivitas di dalam rumah pun bisa beragam, tidak usah memusingkan diri sendiri dengan mencari sesuatu yang sulit ketika mengajarkan mengenal sekitar kepada anak. Piki pun nyaman bermain dan belajar dari kertas putih, Manda garis-garis dan lalu kita belajar menggunting, dan bermain tiket-tiketan.

Seru kan!


7. Belajar Menjiplak dan Menempel

Membuat footprint adalah sesuatu yang menyenangkan bagi anak-anak. Dia akan tahu seperti apa bentuk kaki dan tanganya. Sama halnya dengan Manda, Manda menyiapkan buku gambar yang berisi jiplakan jejak kaki dan tangan dari Piki. 


Cara membuatnya mudah sekali, aman bermain dan nyaman belajar dengan lem.

  1. Siapkan kertas lipat, buat jejak kaki dan tangan Piki di atasnya.
  2. Lalu, siapkan buku gambar, lakukan hal yang sama.
  3. Gunting jejak kaki dan tangan yang ada di kertas lipat.
  4. Biarkan Piki menempelkan jejak kaki dan tangan di kertas lipat ke buku gambar.
  5. Sebelumnya, tanyakan pada anak, mau dipilih warna apa untuk kaki dan tangannya. Biarkan anak memberi pilihan sebelum kita mulai menjiplak dan mengguntingnya.



Aktivitas bermain dan belajar yang murah dan menyenangkan.


Hasil Jejak Kaki dan Tangan Punya Piki

8. Belajar Menirukan, maka Teladanilah Hal yang Baik

Anak terlahir seperti kertas putih, belum ada coretannya, belum terlipat, belum ada yang dihapus, belum ada yang digarisbawahi atau bahkan ada lembar yang dirobek lalu dibuang.Anak adalah peniru ulung, maka teladanilah dengan hal yang baik.

Sebegitunya polos anak-anak, sampai dia diibaratkan sebagai kertas putih. Tugas kitalah, mencoretkan tulisan baik saat mendampinginya.



Coba perhatikan gambar di atas, jari Manda yang pakai peace dan lalu di gambar bagian bawah, Piki menirukan. Demikianlah, gambaran betapa anak-anak sangat mudah menirukan apa yang dilihat dan didengarnya.


Lain lagi dengan foto di atas, Panda dan Piki bisa plek ketiplek saat Manda tidak sengaja mengambil foto candid mereka berdua. 


Foto di atas sudah Manda collage dimana menceritakan proses anak-anak ATM - Amati Tiru Modifikasi. Gadget, mau tidak mau, boleh tidak boleh, Piki sejak usia 4 tahun sudah terbiasa memegang smartphone. Kini di usianya, Piki bersama Panda sudah bisa berebut smartphone saat ada Pokemon di jalan. Bahkan, saat Panda nyetir dan kebetulan ada Pokemon, Piki tidak segan bilang :
"mobilnya berhenti dulu, Piki mau nangkep Pokemon"


Demikian ya, bisa dibayangkan bahwa anak-anak jaman sekarang sudah bisa tahu apa yang dibutuhkan dan menyamankannya. Seperti halnya membuat keputusan untuk mau makan apa, mau pergi atau tidak, mau main apa, mau pilih apa, dan hal-hal tersebutlah yang melatih kemampuan berpikir dini bagi anak seusia Piki. 

9. Belajar Percaya Diri dengan Swafoto (selfie)

Pernah melihat anak yang kalau ada orang lain selain mamanya menjadi rewel, atau melihat anak yang terlalu introvert saat berada di lingkungan perumahan, atau mungkin kita sendiri masih belum percaya diri ketika berhadapan dengan orang atau berada di depan di sebuah acara?

Tentang kepercayaan diri yang ternyata butuh dilatih. Manda masih ingat, bagaimana mama mengajari Manda percaya diri sejak masih kecil, terutamanya jika ada permainan di acara gathering kantor papa seperti memasukkan bolpen ke dalam botol yang hadiahnya menggiurkan. Mama selalu berhasil memaksa kami berdua (Saya dan adik saya) untuk berpartisipasi dalam lomba tersebut. Tak jarang, mama mencari informasi lomba lukis atau mewarnai dan mengikutsertakan kami di acara tersebut. Sepenggal cerita di atas yang membuat Manda banyak belajar dan mengingat saat melatih membangun kepercayaan diri Piki.
Beruntung, kini ada teknologi foto dan video dari smartphone. Diusianya, Piki pun terbiasa dengan swafoto dan kata-kata Youtube. Begitulah ya perkembangan anak milenia jaman sekarang.



Dan berikut video Piki bermain dan belajar saat menghilangkan kebosanan berada di atas kendaraan.



10. Mengasah Motorik dengan Berenang

Fungsi motorik anak harus dilatih. Demikian sebuah kalimat yang menjadi pedoman Manda saat mengajak Piki bermain. Entah nantinya Piki bisa belajar dari permainannya atau tidak, yang penting saat-saat di usianya, kita bisa membangun bonding dengan bermain. Dan pilihan permainan yang Manda tulis di tulisan ini, selalu melibatkan motoriknya sehingga menjadi bagian dari latihan motorik dini bagi Piki.
Bermain adalah proses belajar dengan riang gembira. Dan belajar adalah bermain yang menyenangkan. (Manda, 2017)


Bermain air selalu menjadi senjata ampuh bagi orang tua ketika mencari aktivitas yang menyenangkan dengan si kecil. Namun, demikian air juga sekaligus momok bagi si kecil rawan terserang demam. 
Banyak hal tidak bisa diprediksi ketika anak bermain air. Suatu saat bisa baik-baik saja, namun suatu waktu bisa menjadi sesuatu yang memicu anak demam. Untuk itulah, perlu kesiapan membawa tempra syrup dalam aktivitas Manda bersama Piki di air.

tempra syrup


Sedikit cerita kenapa Piki harus dijaga dari panas tubuh yang tinggi adalah karena Piki pernah mengalami step (kejang) dan kini, begitu badannya demam, kita harus lebih waspada. Membawa penurun panas adalah salah satu yang harus disiapkan, karena kita tidak pernah tahu kapan anak akan sakit. 



Pemicu demam juga bermacam-macam, diantaranya : 


  1. Lingkungan ada yang flu, sehingga rawan tertular.
  2. Udara yang panas, kering dan berpolusi.
  3. Aktivitas anak terlalu banyak sehingga kecapekan.
  4. Kondisi tubuh anak yang mungkin tidak fit.
  5. Masuk angin karena mungkin berkendara jauh.
  6. Sistem imun tubuh yang mungkin sedang ingin recovery.


Dari sekian pemicu anak bisa terserang demam dan kemudian panas, yang perlu kita persiapkan adalah membawa paracetamol, yang terkandung dalam Tempra Syrup yang memiliki varian rasa yang disuka anak-anak.

tempra paracetamol
Tempra Syrup Rasa Jeruk

paracetamol anak
Tempra Syrup Rasa Anggur

Tempra Syrup bekerja untuk menurunkan panas dan meredakan nyeri, sehingga mengembalikan keceriaan anak-anak kita untuk kembali aman bermain dan nyaman belajar di usianya yang memang untuk mengenal sekitar dan bersenang-senang. Yuk, kita jaga senyuman mereka di masa-masa keemasannya.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Tempra yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi. Artikel ini tidak dapat menggantikan hasil konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional.

86 komentar:

  1. Gak tega ya Manda rasanya kalau bocah lagi panas. Allhamdulillah ada tempra jadi bisa tertangani segera.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa ipeh, apalagi pernah ada riwayat step. ^_^

      Hapus
  2. Pikiiii lucu dan ceria bangeettt
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih onty Nurul ^=^ kapan ya bisa ketemu trus kita explore Jogja?

      Hapus
  3. Piki, kamu plek papa Panda yaa, sehat sehat ya nang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha, saiki isenge nuruuuunnnnn wkwkwkwkwk

      Hapus
  4. Senangnya Piki punya banyak aktivitas untuk stimulasi kecerdasannya.
    Tos deh, anak2 suka kuajak bikin kue yg simpel macam donat dan puding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tooossss makety, sekalian kita bisa nyambi di dapur yaaaa ^_^

      Hapus
  5. Kalau demam katanya jangan di krukup, mba Manda.
    Tapi suka khawatir kedinginan yaa...

    Piki sehat dan makin cerdas selalu yaa...

    Seneng lihat senyumannya yang cerah ceria saat bermain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naahh, iyaaa krn menggigil juga kl demam ya. Stlh step itu jadi tahu, kalau suhu kepala dan kaki harus sama mba. Jadi lebih bisa bersikap kl demamnya muncul. ^_^

      Hapus
  6. Piki kamu imut dan pinter banget ya..sehat-sehat terus ya sayang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiinn onty Arifah, salam utk kakak Tayo dan dek Tifa yaa ^_^

      Hapus
  7. Waah Piki....banyak banget aktivitas seru yang bisa dicontek yaaaa...
    Sehat terus yaa Piki ❤❤❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shoji dan Rey bisa nih kapan2 kita main yuk sama Piki, sambil cicip kuliner utiShoji 😍😍

      Hapus
  8. Waaah...ontynya keren dan sayang banget ya...banyak banget permainan edukasinya. Keren deh...btw, saya juga sedia Tempra di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih makNunung, iyaaa, ini baby R kesayangan onty ^_^

      Hapus
  9. Pikiii... kamu endut banget ya kayaknya pas bayi.. hihihi. dan sekarang juga masih lucuuu.. sehat-sehat ya anak shalih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg banyak geraknya dan menciut badannya mba ^_^

      Hapus
  10. Wah Manda telaten bangeeetttt.... Bisa dicontek idenya buat Pandan ini hihi thanks yaa Manda sharingnyaaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami sami MakDestilla, aku jg sudah noted nii sama tempat2 kece di Jogja ^_^

      Hapus
  11. Saluut, Manda telaten n kreatif memberikan berbagai macam aktivitas buat Piki. Kira-kira kalo Piki ketemu sama Aiman gimana ya he3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iseng ketemu iseng yang pasti. Tapi kebayang seruuuuuu. Mereka berdua kayaknya mudah akrab melihat pembawaan masing2 mas Ihwan =_^

      Hapus
  12. Anak-anak kalo bikin cetakan tangan dan gunting heboh banget. Gak cuma kertas yang di coret, kaki sama tangannya juga ikutan digambar. Heboh. Hahahha. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha, behind the scenenya begituuu makmir, jadinya pulang coret2 deh telapak tangan dan kakinya, xixixixi, seruu tapi yaaa..

      Hapus
  13. Manda dan Panda telaten banget yaaa. MasyaAllah. Beruntungnya Piki^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiinn, kitanya yg suka memanfaatkan Piki niii, utk model instagram dan cerita di blogku, hahahahaha. Bocah itu menginspirasi, jadi punya banyak bahan untuk foto dan tulisan. ^_^

      Hapus
  14. Manda emang kerwn...sabar sekali, telaten, patut ditiru. Diy nya juga bisa ditiru tuh...hehehe..,thanks manda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Dwi, sabarnya itu yang belum ^_^ ayuk bikin yg sederhana dan di sekitaran kita aja yaa.. ^_^

      Hapus
  15. Barakallahu anak cerdas, jadi anak shalih ya.
    Barakallahu Manda yang cerdas dan shalihah. Senang membaca postingan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn kak Niar, terima kasih. Peluk dari Jogja yaaaa ^_^

      Hapus
  16. Mau lah Najla juga diajak staycation, diajak bikin roti dan selfie, hehe. Piki sehat terus ya...Manda ditunggu kedatangannya ajak2 kakak Najla juga jalan-jalan:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaaa bisaaaaa, Piki dikenalin sama Najla yaaa Diaaann, siaapp semoga ada kesempatan meet up yuk ^_^

      Hapus
  17. Duuh BW malem malem salfok sama donatnya :) bener baget manda..bermaain itu belajar yg menyenangkan buat anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha donatnya suka yg mana mba Kania? #eh ^_^ semoga kita bisa selalu belajar jadi kreatif nyediain permainan yg edukatif ya mba ^_^

      Hapus
  18. ah serunyaaaaa permainan Piki!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permainan dari sekeliling aja ni mba ^_^

      Hapus
  19. Juna belum pernah tak ajak bermain di dapur, sekalinya ke dapur malah main kompor, mau tak beliin kitchen set tp ggboleh sama ayahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain deh mak, seruu. Dia akan comat comot hal baru yg tdk berbahaya ketika dicicip. ^=^

      Hapus
  20. Piki sehat2 terus ya, biar bisa main2 terus sama onty Ima, jd vlogger kyk onty. Wkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiinn aaamiinn, Juli nanti setelah dari Ponorogo meet up yuk, tak ngajak Piki ben iso ketemu Ais.*_*

      Hapus
  21. Piki lucu banget, hehehe

    BalasHapus
  22. Pikiiii... ide mainmu banyak bangeettt hehehe. Wahh kecil-kecil dah jago selfie nih...;) sehat selalu ya anak ganteng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa onty Dian, aamiinn terima kasih. Piki diajari selfie sama Manda #eh ^_^

      Hapus
  23. Helo Pikiii minta donat doonnnnkkk hihihi
    Mbk Manda itu spidol warna yg bisa jadi robot2an beli dmn? Kyknya Maxy juga suka yg kyk gtu? Mau infonya donk :D
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu merk Faber Castle say, connector Pen namanya.

      Hapus
  24. Piki bisa main pokemon? Keren hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaa Pokemon sama HayDay onty Nath ^_^

      Hapus
  25. Manda, Piki aktif sekali ya. Bolehlah ditiru aneka permainannya, terutama yg foot print itu lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, krn mgkn laki2 jadi aktif ya mba Ria. ^_^ permainannya itu dibikin daripada ontynya diajak lari2 ^_^

      Hapus
  26. Senangnya Pikii punya onty yang baik dan perhatian kaya Manda ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ontynya ketularan baik dari Makmi ^_^ Kapan bisa jumpa yaaa kitaaaa

      Hapus
  27. Waktu ke Jogja gak ketemu Piki ya, padahalbagus juga buat nemenin c'mumut. Liat Piki berenang jadi pengen ngajak CMumut mandi2. Satu lagi, klo Piki jago selfie udah bisa ditebak lah siapa gurunya haha, sampai sekarang masih suka takjub liat foto C'Mumut yg wefie ama Manda itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa cmumut kmrn gak ketemu Piki yaaaa. Semoga next bisa ketemu yaaaa ^:^

      Hapus
  28. waaah, banyak ya pilihan alternatif bermain yang sangat bermanfaat untuk anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata iya mba, banyak dan bisa diberdayakan dari sekitar kita ya ^_^

      Hapus
  29. ternyata selfie pun memiliki manfaat luar biasa ya, terima kasih tipsnya

    BalasHapus
  30. Aq mau ikut2 ah yg main menjiplak
    Biasanya g digunting cuma jiplak aja xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayukk mbaaa, salam buat Medina yaaaa

      Hapus
  31. Banyak banget pengalaman Piki ya Mama Manda. Seru banget. Cepet pintar deh anak2 kalau mengarahkannya kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AaaMiin terima kasih teh Lina, sebenernya biar Pikinya gak gampang bosen makanya dikasih pegangan apa aja yg bisa utknya belajar selain gadget.

      Hapus
  32. Aih serunyaaaa
    Aku jadi pengen main bareng juga
    Kapan-kapan main barenng ya Piki dan Prema plus Manda Panda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an yaaaa nanti duo P bisa main bareng .. Eh iya jadi 4 P dong, Piki Prima dan Putu Prema.. Yeaaayy hidup P! ^_^

      Hapus
  33. Setuju banget, harus memanfaatkan usia emas anak dengan sebaik mungkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saatnya anak merekam, ya kan mba_ ^_^

      Hapus
  34. whoaa seru banget mainnya.. btw si bungsu di rumah juga pake tempra..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mainan murah di rumah ya mba Zata ^_^

      Hapus
  35. Pinter banget. :D Tapi kalau lihat dia pas sakit jadi gak tega. Untung ada tempra. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa, sama kayak Michan yaa, kl lagi sakit jadi sedih ya ..

      Hapus
  36. Pikiiiii... Mau donk dibagi roti bakarnyaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh boleh, dibagi sama kakak Lala yaaaa *_*

      Hapus
  37. Jadi pengen main bareng piki juga. :)

    BalasHapus
  38. Pelajaran banget nih, supaya selalu sedia obat untuk si kecil <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Wulan, terlebih kl pernah ada riwayat step

      Hapus
  39. Mb Manda rajin banget ya motoin kolase anak. Sukses lombanya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak terasa ni mba Yervi, baru ngeh kl ternyata banyak jg aktivitas indoor saat ke rumahku ^_^

      Hapus
  40. Piki engaged banget ya di aktivitas-aktivitas nya. Manda keren banget. Jarang aku liat onty yang seperti manda. Semoga sehat selalu utk manda dan panda. Untuk Piki kalau demam emang udah ok banget tuh pake Tempra. Aiden dan Ubii juga senjata nya pakai Tempra. Semoga sehat selalu. Cuaca lagi nggak enak nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiinn, sehat2 yaaa semuanyaaaaaa. Salam dari kakak Piki buat Aiden yaaa, kapan main bola? Salam jg utk kakak Ubii.

      Hapus
  41. Duh sedih ya kalau anak panas,semoga nggak ada cerita kejang lagi ya dek piki

    BalasHapus
  42. Wah... kalo pengalaman belajar dan interaksi secara fisik dengan media belajar banyak seperti di atas, insya Allah anaknya cerdas :-D

    BalasHapus
  43. seru banget mandaaa, banyak banget inspirasinyaaa. btw, bener banget tuh hrs sedia turun panas kapan pun dimanapun, Kala juga soalnya :)

    BalasHapus
  44. Piki nih anaknya kliatan enak & asyik ya diajak2 main dan jalan ;D. Seat2 ya, Nak. Juga buat manda dan pandanya...

    BalasHapus
  45. Piki, dede Miqdad ikutan dong main bareng. Sehat terus ya Piki. Oia manda aku copas ya itu yg bagian nyetak kaki, lucu

    BalasHapus