IBX583577287E51C

Rabu, 29 Maret 2017

Tips EXTRO Sebagai Pengusir Tikus


Halo sahabat Manda, jumpa lagi tentang tips seputar rumah yang Manda mau ulas kali ini. Tips tentang rumah kali ini akan sedikit bercerita tentang mamalia yang biasa dikenal sebagai binatang pengerat ini. Binatang pengerat ini kalau sudah masuk ke dalam rumah, maka semuanya akan dikerat, mulai dari baju dikoyak, bikin lubang di pintu kamar mandi dan melewati semua perabot rumah dengan lincahnya. Banyak hal tentang binatang pengerat ini akan diulas di ceritamanda kali ini ya.

Menurut Wikipedia, Tikus adalah mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Spesies tikus yang paling dikenal adalah mencit (Mus spp.) dan tikus got (Rattus norvegicus) yang ditemukan hampir di semua negara dan merupakan suatu organisme model yang penting dalam biologi, juga merupakan hewan peliharaan yang populer. Bagian terakhir ini yang agak geli, kebayang ya kalau kita memelihara tikus. Ya pastinya yang dipelihara bukanlah tikus ekor panjang yang seliweran di got rumah kan ya?

Apa sih pengalaman Manda tentang tikus?


Pelajaran tentang tikus yang Manda pernah jumpai adalah menemukan cindil (anak tikus) di kardus penyimpanan baju. Entah datang darimana, tiba-tiba ada anak tikus di situ. Aaaaakkk.. Heboh yang tidak dibuat-buat melihat ginyuk-ginyuk berwarna merah muda di kardus.

Solusinya : langsung buang.

Suatu malam terdengar bunyi dari kamar mandi yang tertutup pintunya. Betapa dong ya, berasa lagi mengalami cerita horror yang jadi nyata dibikin oleh binatang pengerat ini. Ternyata, setelah kita intip dari atas jendela, tikus mencoba masuk ke kamar mandi dari saluran air yang dipukul-pukul dengan mulutnya supaya penutup saluran air terangkat dan dia bisa masuk. Alhasil, saluran air tidak bisa dibuka karena memang dibikin pres sehingga tidak bisa dengan mudah dibobol oleh tikus dari bawah.

Solusinya : di bagian atasnya Manda taruh pemberat setiap malam, pemberatnya ember isi air saja ya.

Masih suka parno dengan cerita tetangga dimana tikus dikejar kucing di atas eternit dan lalu eternitnya jebol. Hiks.. Dari pengalaman tetangga, lebih baik menjaga jangan sampai ada tikus di atap dan dikejar kucing sehingga ambrol bersamaan, wkwkwkwk.

Selain cerita tentang tikus di rumah Manda, cerita pertikusan juga ada di rumah mama, ruang cucian yang berada di luar, menjadi sasaran empuk tikus untuk mengobrak abrik sampah yang malam belum dikeluarkan.
Dari pengalaman Manda dengan tikus di atas, tak jarang memang ada rasa gemes bercampur sebel dengan binatang yang bernama tikus ini.

Tentunya, tak heran jika banyak pula yang merasakan hal serupa dengan Manda. Sering terlihat di perkampungan, tikus ditangkap dengan penjerat tikus, lalu disiram dengan air panas, hiks kasihan ya. Ada juga yang nguber-uber tikus dengan menggunakan sapu dan memutuskan untuk membunuhnya dengan gagang sapu, hiks, gak tegaaaaaa.

Selain cara di atas yang bikin nggak tega memperlakukan tikus, ada cara yang biasa dengan menangkapnya dengan lem tikus. Tapi dihitung baiya per tikus dan lemnya ternyata bukan solusi hemat dan yang tertangkap hanya 1 tikus untuk 1 lemnya. Entah mungkin dengan bahasa tikus, tikus yang tertangkap akan memperingatkan teman-teman tikusnya untuk tidak mendekatinya, hehehehe.

Ada lagi cara dengan memancing tikus untuk memakan racun tikus, lalu tikus akan mencari sumber air dan meninggal di sana. Duh, paling setres kalau melihat bangkai tikus, secara Manda menemukan bangkai cicak aja hebohnya gak ketulungan. Hiiiiiiii, begidik deh saya!

Cara yang dilakukan di atas tidaklah membuat efek jera pada tikus. Ya iyalah ya, kan tikus gak bisa diajak bicara. Coba bisa, pasti Manda akan larang untuk masuk ke rumah. Trus Manda tanyain, mau disediain apa untuk maem biar tidak mengoyak pakaian.

Baru tahu bahwa ada alat yang namanya EXTRO yang diproduksi oleh Tissor sebagai pengusir tikus secara elektronik, wah bisa dicoba ini!

Kenapa sih tikus dianggap sebagai binatang penganggu di dalam rumah?

  1. Tikus membawa berbagai macam penyakit seperti leptosprirosis yang disebabkan dari kencing tikus, penyakit pes, demam gigitan tikus dan kutu tikus.
  2. Tikus merusak barang di rumah, seperti baju, sepatu, kabel dan membuat bahan makanan tidak higienis.
  3. Tikus mengigit kabel dan alat listrik lain yang bisa menimbulkan korsleting.
  4. Kotoran tikus yang membuat bau menyengat dan tidak sedap di gudang atau di sekitar ruangan yang ada tikusnya.


Mengenal EXTRO, Electronic Pest Repeller.

EXTRO dapat membantu mengatasi masalah keberadaan tikus di dalam rumah dan sangat aman. Jaminan keamanannya karena EXTRO tidak menggunakan bahan kimia dan bahan lain yang membahayakan manusia, tidak menimbulkan asap dan bau, serta tidak bersuara bising.

EXTRO Electronic Pest Repeller ini menggunakan dua siste, sebagai tenaga yang dipakai untuk mengusir tikus, yaitu : teknologi suara ultrasonic dan gelombang elektromagnetik.

Suara ultrasonic tekanan tinggi 35.000 Hz dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tikus, seperti kalau kita mendengar sirine yang berbunyi keras. Tikus yang tidak nyaman akan meninggalkan tempat yang masih terjangkau bunyi ultrasonic tersebut. Sedangkan gelombang elektromagnetik memanfaatkan kabel listrik untuk mengirimkan perubahan sinyal melalui kabel, yang dapat menganggu sistem syaraf tikus.

Keuntungan Mengusir Tikus dengan EXTRO Electronic Pest Repeller
  1. Alat ini mengusir tikus, dan bukan membunuh, sehingga kita tidak perlu menyingkirkan bangkainya atau bingung membuangnya.
  2. Alat ini hemat listrik, karena hanya menggunakan listrik 4W.
  3. Alat ini mudah dalam perawatan dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  4. Alat ini menjangkau efektif dalam ruangan sebesar 100 m2.

Cara Kerja EXTRO Electronic Pest Repeller

Pasang EXTRO di tempat yang strategis biasa dijangkau atau dilewati tikus, gunakan tombol frekuensi pada tombol Low.

Pada minggu pertama, gunakan suara ultrasonic dan gelombang elektromagnetik pada level standar sehingga tikus merasa gelisah dan tidak nyaman. Minggu pertama pilih posisi pada : Pitch à F dan Output à C .

Lalu pada minggu kedua, ubah suara ultrasonic pada level bervariasi sehingga tikus mendengarnya sebagai suara yang lebih keras dan berubah-ubah.

Pada minggu ini, tikus mencari tempat aman untuk berlindung. Posisi tombol pada minggu kedua adalah : Pitch à V dan Output à C.

Pada minggu ketiga, suara ultrasonic dan gelombang elektromagnetik dibuat keras, cepat dan berubah-ubah sehingga tikus akan menjauh dan meninggalkan rumah. Posisi tombol di minggu ketiga : Pitch à V dan Output à R.

Saat memasang EXTRO ini, hindarkan alat ini dari benda penghalang seperti gordyn, kain, meja, atau benda lain. Sehingga alat ini bisa bekerja optimal.

Setelah rumah terbebas dari tikus, kondisi rumah juga harus mendapat perhatian supaya tikus tidak kembali lagi ke rumah.

Beberapa hal yang harus diperhatikan :
  1. Menjaga kebersihan rumah dari sampah yang tidak dikeluarkan, apabila ada halaman/taman di dalam rumah. 
  2. Merapikan tumpukan barang di gudang sehingga tidak ada celah untuk tikus bersembunyi.
  3. Beri penghalang untuk pintu yang dibuka supaya tikus tidak masuk ke rumah tanpa kita sadari.
  4. Beri pemberat penutup saluran air di tempat pencuci atau kamar mandi luar.
  5. Memasang EXTRO untuk mengusir tikus dan mengantisipasi kedatangan tikus baru.
Selamat mencoba ya! Manda sampai tulisan ini dibuat, sudah mencoba EXTRO di rumah.

19 komentar:

  1. Nice tips manda. Aman banget kayaknya tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Irfa, aman krn tidak pakai bau dan gak beracun.

      Hapus
  2. Harganya berapa ya? Belinya dimana manda? Jadi pingin nyobak jugak

    BalasHapus
    Balasan
    1. di IG @tissor.indonesia ya maknung, iyaa silahkan dicoba...

      Hapus
  3. alat seperti ini barangkali cocok dipasang di lumbung gabah keluargaku mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok kakak J, semoga berhasil yaaaaa, jangkauannya luas..

      Hapus
  4. Samaaa mba, aku bisa heboh jejeritan kalo udh kliatan tikus.. Itu binatang paling jijik in deh :(. Eh kalo lgs suara yg paling kuat dipasang ga bisa ya mba? Jd hrs bertahap? Aku mw beli 2 sekaligus deh kayaknya.. Biar bener2 ilang tikusnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangkauannya utk rumah luas lho mba, karena dia pakai gelombang listrik juga. semoga tikus-tikusnya ngibriiitttt ^_^

      Hapus
  5. Berati bisa nih buat ngusir tikus di teras rumah, nyolokinnya di ruang tamu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaa makmii, bisa bangeeett..

      Hapus
  6. Tikus itu cerdas ya Manda, dia bisa cari cara sendiri. Daaan gigih pulaaa. Makanya perlu Extro ini.

    BalasHapus
  7. Wah makasih reviewnya, Manda.. Mau coba cari juga ah. Gemes juga nih ama tikus2 yang suka ngerikiti kabel2 mobil :(

    BalasHapus
  8. Huhuhu..bayi tikus medeniiii...iya ngga cuma jorok tp sumber penyakit. Alhamdulillah ada extro yaaa mandaa..legaa

    BalasHapus
  9. Seminggu ini pasang jebakan tikus dan dpt 2.
    Pengin alat ini. Beli dimana dan harganya brp ya, kira2?

    BalasHapus
  10. Bangkai tikus itu baunya..weks..msh mual sendiri kalo inget baunya..

    BalasHapus
  11. Beneran nggilani ya si tikus ini..sampe lelah kita �� untung ada alat ini..efektif mengusir tikus

    BalasHapus
  12. Sungguh, baru tahu kalau ada alat seperti ini. Bebas bau, bebas bahan kimia juga ramah bumi!
    Bisa kasih rekomendasi nih.

    BalasHapus
  13. Huhu ada tikus di rumah itu paling enggak bangeeett T_T syukurnya ada Extro ini ya mak

    BalasHapus
  14. Wah, ada pengusir tikus nih, mau beli Extro ah biar tikus pada pergi dari rumah.

    BalasHapus