IBX583577287E51C

Kamis, 16 Maret 2017

Artikel Tentang Hamil 7 Bulan


Beruntung banget punya adek yang bersedia memberikan ilmu-ilmu tentang kehamilan dan persalinan. Sebagai seorang kakak, saya bersyukur menjadi berani hamil setelah melihat adek semata wayang saya melahirkan Piki di tahun 2012. Ternyata, bayangan orang tentang kehamilan dan persalinan tidak sehoror yang dibayangkan. Banyak membaca artikel tentang hamil 7 bulan cukup membantu para ibu muda untuk mempersiapkan persalinannya.

Tak terasa mama Piki sudah hamil anak kedua, dan Manda ingin menuliskan pengalaman mama Vita saat kehamilannya berusia 7 bulan. Bagi calon mama yang sedang mencari artikel tentang hamil 7 bulan, boleh ya merapat di tanya jawab Manda dengan mama Vita kali ini.

Halo mama Piki, selamat ya atas kehamilan keduanya. Kalau boleh tahu sudah melewati 7 bulan ya?

Iya, onty. Sudah detik-detik menunggu HPL ni, doakan lancar seperti Piki dulu ya lahirannya.

Aamiin. Sewaktu masuk ke bulan ke-7 apa yang dirasakan?

Pada usia 7 bulan, gerakan janin jauh lebih kuat. Yang tadinya hanya terasa menggeliat dan tendangan kecil, sekarang di usia 7 bulan tendangannya sampai menonjol di perut. Usia kehamilan 7 bulan ini pertumbuhan organnya semakin sempurna jadi makin kuat gerakannya.

Apakah kehamilan pertama dan kedua ini, ada bedanya? Mengingat dari hasil usg yang kedua ini sepertinya perempuan ya bunda?

Karena ini kehamilan yang kedua, maka janin terasa lebih aktif karena ruang rahim yang sudah luas. Ruang rahim yang luas karena pernah digunakan oleh anak pertama.

Apa persiapan yang bunda persiapkan setelah masuk ke bulan 7 kemarin?

Mulai ikut kelas senam hamil, menyiapkan tas yang mau dibawa ke RS, mengecek lagi perlengkapan new baby, mencari referensi RS untuk bersalin dan metode-metode persalinan, dan relaksasi.

Hal apa yang perlu mendapat perhatian ketika kehamilan masuk bulan ke-7?

Diusahakan sehjak awal kehamilan sudah rutin periksa ya. Jangan lupa minum vitaminnya. Konsultasikan ke dokter apa yang dirasakan dan minta solusinya sejak dini. Kalau dari awal kehamilan sudah terpantau, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan ya bunda-bunda.

Makanan apa yang pantang selama awal kehamilan sampai dengan kehamilan bulan ke-7?

Dari awal kehamilan tidak minum minuman beralkohol dan mengandung kafein (teh dan kopi). Tidak makan makanan yang tidak matang sempurna, seperti : sate, sayuran yang tidak dimasak (lalapan dan gado-gado). Buah dan sayur dikonsumsi tiap hari dan susu 2x sehari sudah rutin sejak awal kehamilan.

Tidak usah menunggu usia kehamilan 7 bulan, dari awal sampai lahiran nanti selama kehamilan, ibu hamil membutuhkan gizi yang lebih. Asupan gizi bisa dari makan buah, sayur dan susu yang mengandung zat besi, DHA, dll.

Pertanyaan terakhir, apakah bunda membaca banyak artikel tentang hamil 7 bulan saat kehamilan yang pertama dulu atau yg kedua sekarang?

Iya onty. Terus belajar dan membaca sejak persiapan kehamilan, saat hamil, bahkan saat mau persalinan. Meskipun sudah pernah melahirkan, tetap rasanya beda kalau udah deket sama HPL.


Nah, demikian ya sahabat Manda, sebagian tanya jawab Manda dengan mama Vita. Semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari artikel tentang hamil 7 bulan.

1 komentar: