IBX583577287E51C

Jumat, 24 Februari 2017

Belajar Diet Sehat Bersama Manda


Diet, wohohohohoho, kata yang hanya terdiri dari 4 huruf ini, terasa familiar di telinga Manda dan mungkin di banyak telinga sahabat Manda yang kebanyakan perempuan. Saat ini, tren diet ternyata tidak cuma untuk kaum Hawa, melainkan kaum Adam pun juga sudah mulai ingin tahu tentang diet. Kalau googling kata diet, maka yang muncul akan banyak sekali, diantaranya : diet GM, diet Sehat, diet Mayo, diet OCD, dan mungkin masih banyak lagi deskripsi tentang diet yang dinamai sesuai dengan penganut diet tersebut.



Bagi Manda, Diet dilakukan untuk menyeimbangkan gaya hidup agar tetap sehat dan bisa menikmati hari tua dengan bahagia. (Manda, 2017)

Terlepas dari banyaknya jenis diet yang ada di dunia maya, beberapa hal yang ingin Manda bagi dalam tulisan kali ini adalah tentang  diet sehat.

Beberapa hal yang Manda lakukan secara kombinasi dalam rangkaian diet sehat, diantaranya :
  • Mengganti asupan karbohidrat. 
Karena sifat dasarnya sebagai sumber energi, karbohidrat tetap harus dikonsumsi oleh tubuh orang yang berdiet. Ada bacaan yang merujuk dengan cara diet sehat mengganti nasi putih dengan beras merah untuk diet ala tropicanaslim. Mengganti karbohidrat (baca : nasi) dengan kentang juga banyak dilakukan oleh orang-orang yang merujuk bacaan tentang diet sehat dari sumber yang lain.

Bagaimana lalu Manda menyaring informasi ini? Ya, buat saya yang penting memahami bahwa nasi putih sebagai sumber karbohidrat harus dikurangi. Karena saya paham bahwa membuat menu yang familiar dengan pengganti nasi putih itu tidaklah mudah. Sesekali Manda Panda bisa berdamai dengan kentang, bisa berdamai dengan bihun, bisa berdamai dengan oatmeal. Namun juga pada waktu yang disepakati 1x seminggu, kami menyebutnya cheating day, yaitu hari dimana kita boleh kulineran bebas. Walaupun, butuh niat dan konsisten yang besar untuk membuat diet yang kita lakukan bisa berhasil.
  • Mengurangi santan dan gorengan.
Diet sehat yang sempat Manda baca tentang pengalaman dua aktris, yang satu presenter dan yang satu bergelut di dunia musik, yang membuat Manda optimis bahwa diet tidak selalu menyiksa. Mereka berdua menuturkan berdiet tidak dalam hitungan hari dan bulan, dan tentunya keduanya sepakat menyebut bahwa mereka berdua tidak mengkonsumsi santan dan gorengan.

Naaah kaann, diet itu tidak menyiksa dari segi menu, tapiiii menyiksanya untuk urusan kepuasan indera pengecap. Ya kan? Secara masakan bersantan adalah masakan turun temurun yang bakalan ada di meja makan saat kita berkunjung ke rumah orang tua atau simbah. Dan gorengan, aw aw aw, adalah cara memasak yang enak ketika tidak ada nafsu makan. Bayangkan tentang ayam goreng, perkedel, schotel bihun goreng, mie goreng, baceman pun juga digoreng. Membayangkan hidangan lezat dengan digorengpun rasanya sudah ikutan jadi lapar ya, hehehehe.

Makanya, diet bukanlah tentang keharusan, tapi juga butuh kesadaran. Diet juga tidak instant, melainkan butuh proses. Bagi kami berdua, diet yang sehat juga butuh proses sehingga nanti diet sehat itu bisa menjadi gaya hidup. (Manda, 2017)

Tulisan tentang diet sehat bagian 1 dicukupkan sekian dulu ya. Nanti kebanyakan materi malah nggak ada yang dipraktekkan. Sebisa mungkin dicoba dan dipraktekkan yuk, supaya bisa dibandingkan rasanya di dalam tubuh. Contoh paling sederhana dengan diet sehat yang dipraktekkan dalam hitungan hari adalah BAB (buang air besar) jadi lancar. Silahkan dicoba ya!

8 komentar:

  1. Benar banget Manda, diet itu tujuannya untuk hidup sehat.Mengganti karbo dari nasi ke kentang gitu agak berat bagiku hiks secara masih busui *alesan, yang aku lakukan sih mengurangi porsi saja.

    Santan mah udah dikurangi pakai banget, aku gak terlalu suka hehhe kecuali mertua datang :D gorengan udah gak terlalu juga.

    Pkoknya benar-benar berusaha hidup sehat sekarang.

    BalasHapus
  2. Aku bisanya mengurangi manis saja. Kao ngurangin karbo, susyah..

    BalasHapus
  3. Gorengan itu susah dihindari Manda, wuaaaa. Tapi harus dipraktekan biar sehat.

    BalasHapus
  4. Aku udah niat banget diet gorengan yaa.. Tiba2 temen kantor beliin seplastik gorengan. Wanginya itu loo nggak nguatiii.. Trus batal dietku. -___-

    BalasHapus
  5. Aku selalu gagal di gorengan mbk, hiks,

    BalasHapus
  6. Nasi merah pernah saya coba tanpa harus ada tambahan garam. Enak juga sih, cuma lauknya masih tetap yang santan dan goreng, haha...

    BalasHapus
  7. Dirumah nggak ada masakan santan2 tapi gorengan tetep :)

    BalasHapus
  8. Aku jg ngurangin nasi putih mba.. Kalo pun hrs mkn nasi putih, nasinya aku tunggu dingin, jd lbh susah dicerna so ga cepet berubah jd gula di tubuh. :) blm bisa jg sih ninggalin nasi 100%

    BalasHapus