IBX583577287E51C

Rabu, 21 Desember 2016

Resep Minuman Unik Bagi PCOs

minuman PCOs
Minuman Unik Bagi PCOs

Bagi sebagian besar orang yang terbiasa dengan makan buah dan sayur, tentunya meminum jus buah dan sayur adalah hal biasa yang tidak unik. Tapi untuk yang tidak terbiasa mengkonsumsi jus atau smoothie tentunya minuman unik campuran buah dan sayur menjadi resep minuman unik yang berkhasiat.

Kali ini, cerita Manda akan berbagi tentang minuman unik yang merupakan resep dari dokter kandungan Manda. Kalau sahabat Manda sering berkunjung ke rumah maya ceritamanda, pastinya sudah tahu latar belakang dari blog ini dibuat. Blog ini adalah dunia maya Manda tentang keseharian Manda bersahabat dengan PCOs. Bagi yang belum tahu tentang PCOs, silahkan bermain-main ke banyak kamar di rumah maya ceritamanda ini ya.




Secara singkat menurut Wikipedia, PCOs (Polycystic ovary syndrome) atau Sindrom ovarium polikistik  adalah gangguan keseimbangan kadar hormonal, dimana tubuh wanita memproduksi hormon laki-laki (androgen) secara berlebihan. Cirinya adalah wajah lebih berminyak dan rambut tumbuh secara berlebihan di tangan dan kaki. Gejala utama PCOS adalah gangguan haid (menstruasi). Hampir semua wanita dengan sindrom ini tidak mengalami mengalami jadwal haid yang normal ketika remaja, bahkan ada yang berhenti haid sama sekali. Kebanyakan wanita menyadari mereka menderita PCOs di usia dewasa muda atau sekitar usia 20-an, ketika siklus haid mereka terganggu atau belum haid.

Jadi, sedang pertama kali merasakan menstruasi (baca : tanda baligh untuk seorang wanita), Manda selalu mendapat tamu bulanan 4-6 bulan sekali. Memang terdengar menyenangkan ya buat yang tidak suka direpotkan dengan remeh temeh nyeri haid dan keterbatasan aktivitas selama tamu bulanan datang. Pun demikian, Manda kecil menikmati masa-masa dimana tidak direpotkan dengan nyeri bulanan atau terbatas gerak karena menstruasi. Bahkan tak jarang Manda bisa berpuasa 1 bulan penuh ketika bulan Ramadhan. 

Ternyata oh ternyata, sejak SMA berhubungan dengan dokter kandungan di daerah Krapyak, dr Annisa, resep minuman unik ini diresepkan untuk membuat menstruasi secara alami untuk Manda. Kalau sudah 6 bulan, biasanya dokter meresepkan 5 butir pil untuk bisa menstruasi, hihihi. Dan mama yang dari Manda SMA membuatkan jus minuman unik ini untuk Manda. Walaupun setelah menikah, membuat jus minuman unik ini terlalu repot dan butuh waktu yang banyak, butuh booster semangat untuk memulainya. Kemarin adalah booster yang sepertinya pas untuk Manda. Bertemu dengan mba Widyanti yang memang fokus dalah hal food combining, terinspirasi dari sarapan pagi buah yang baik dikonsumsi untuk memperingan kerja pencernaan, Manda pun memulainya untuk membuat jus segar minuman unik ini.



Resep Minuman Unik Bagi PCOs

Bahan :
  • Wortel
  • Tomat
  • Kentang Mentah ukuran kecil
  • Mentimun
  • Apel Malang 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat minuman unik ini :
  1. Perpaduan jumlahnya bisa dimodifikasi, yang jelas kentang mentahnya pilih yang kecil saja dan 1 buah. Kalau Manda, tomat dan apel dibanyakin, sehingga rasanya manis.
  2. Blender semua bahan menjadi satu dan lalu disaring. Tenang saja, fungsi mentimun adalah memberi air, sehingga tidak perlu menambahkan air.
  3. Dan karena minuman unik ini juga berfungsi sebagai obat, maka tidak perlu menambahkan gula pasir.
  4. Manda membuat jus ini lalu disaring secara manual sehingga ampas yang terbuang bisa diminimalisir.
  5. Bagi yang pertama kali mencoba minuman jus, tidak perlu dirasakan enak atau tidak, tapi minumlah di saat haus, jadi langsung habis.
  6. Ampas yang tersisa lembut sekali, sehingga bisa dipakai untuk lulur alami untuk wajah dan badan sembari mandi, hihihihi.
Selamat mencoba ya PCOs fighters!

10 komentar:

  1. Ahh..aku pun lagi belajar minum jus sayur dan buah, baru berani smothies aja sih .
    Demi apa coba, demi kesehatan hihi..

    Hayu ahh sehat..sehat dengan minum jus, btw aku kayanya ga berani minum minuman unik diatas niy Manda *kaboor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini enaaaaakk mak nchie, rasanya manis dan amaaaaan. Hihihihi. Cobain yaaa.. Pasti nagih.. Yeaaayy sehat yaaaa

      Hapus
  2. Aku baru tau ttg pco mba..
    Tapi minuman ini bisa utk siapa aja kan yaa.. Bahan2nya gampang didapat.. Aku pgn coba.. Cara bgs utk makan buah :D. Aku trmasuk yg kurang bgt konsumsi sayur dan buah sbnrnya

    BalasHapus
  3. Wah, sepupuku ada yg pco berarti nih. Baru tau namanya pas baca ini. Makasih yah, Mba infonya

    Nti coba aku kasih tau sepupuku tentang resep ini

    BalasHapus
  4. Aku baru tau kalau PCO bisa "dinetralkan" dengan jus seperti ini
    Lalu aku penasaran dengan rasa jusnya hehe

    BalasHapus
  5. apa amsih bsia ditambah gula ya?? aduh rasanya bagaimana itu

    BalasHapus
  6. Waktu lihat judulnya, kupikir PCO apa. Ternyata oh ternyata.

    Aku nggak sanggup minum jus wortel. Entah sih kalau pakai apel dan tomat

    BalasHapus
  7. Saya bukan pecinta jus.. Tp doyan buah...
    Saya mau nyoba.. Sekalian untuk promil..
    Makasih yak buat share nya...

    BalasHapus
  8. Oh aku baru tau mbak yang resep ini. Biasanya taunya yang jus 3 diva itu tanpa kentang dan tanpa mentimun

    BalasHapus
  9. Nice info thanks mbk resepnya mau nyoba juga

    BalasHapus