IBX583577287E51C

Minggu, 18 Desember 2016

Daftar Minuman Tradisional Indonesia Berbahan Jahe

Minuman Tradisional

Halo Desember, gede-gedene sumber, begitu masyarakat Jawa membuat kepanjangan dari desember. Ya memang, Desember identik dengan hujan di wilayah Indonesia. Tentunya paling enak saat hujan adalah menyruput minuman tradisional yang menghangatkan. Minuman Tradisional adalah minuman khas daerah nusantara yang berbahan dasar dari bahan yang ada di Indonesia dan telah sekian tahun menjadi andalan turun temurun dan cara membuatnya pun tergolong sederhana. Minuman tradisional Indonesia menjadi beragam saat ini karena kreativitas dari tangan-tangan terampil di dapur untuk mengolah minuman tradisional menjadi kaya rasa dan kaya warna sehingga pas di lidah orang yang baru pertama mencicipi sekalipun.



Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beraneka ragam suku dan kebudayaan. Hasil pertanian, rempah-rempahnya pun di setiap wilayah berbeda-beda. Hal tersebut yang menjadi minuman tradisional dari setiap daerah di Indonesia menjadi beragam, seperti halnya di pulau Jawa, kita mengenal aneka minuman tradisional dari Yogyakarta, minuman tradisional Jawa Tengah, minuman tradisional Jawa Barat, dan minuman tradisional yang ada di Jawa Timur. Sebagian besar minuman tradisional melibatkan unsur rempah-rempah yang berkhasiat bagi tubuh.

Bahan alami yang sangat populer dalam menghangatkan tubuh di setiap jenis minuman tradisional yang sering kita jumpai adalah jahe. Menurut Wikipedia, Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae dengan nama ilmiah Zingiber officinale. Kalau dulu Manda hanya mengenal satu jahe, ya jahe yang dibeli di pasar yang biasa mama pakai untuk memasak. Selain untuk memasak, mama biasa bikin wedang jahe dan memarut jahe untuk param ketika kaki atau tangan lelah. Multifungsi banget ya jahe ini. Saat ini banyak sekali jenis jahe yang ada di pasaran, mulai dari jahe putih/kuning atau biasa disebut jahe sunti/jahe emprit, jahe merah, jahe putih/kuning besar atau biasa disebut jahe gajah/jahe badak. Semua jenis jahe tersebut mempunyai khasiat yang baik untuk tubuh.

Mengkonsumsi jahe paling nikmat disajikan sebagai minuman, berikut daftar minuman yang Manda pernah cicip dan itu enak dari bahan jahe. Simak ya!

Lima Daftar Minuman Tradisional Indonesia Berbahan Jahe
  1. Wedang Jahe, lebih nikmat jika jahenya dibakar, kalau Manda biasanya jahenya dioven lalu saya memarkan untuk bisa mendapatkan rasa jahe yang khas dan menghangatkan tubuh.
  2. Wedang Ronde.
  3. Beer Pletok, kalau mama saya membuat bir pletok ini dari bahan secang dan sedikit jahe untuk membuatnya hangat. Secang yang berwarna merah kalau dikeceri jeruk nipis akan ajaib berubah warna keemasan seperti bir. Oleh karenanya bir pletok atau beer pletok ini menjadi salah satu minuman tradisional yang unik.
  4. Bandrek.
  5. Sekoteng, yang membedakan sekoteng dengan wedang jahe pada umumnya adalah agar-agar kering khas sekoteng instant yang membuat unik rasa minuman berbahan jahe tersebut.

1 komentar:

  1. Wedang jahe lebih mantab disruput saat hujan dipegunungan...hangat

    BalasHapus