IBX583577287E51C

Jumat, 16 Desember 2016

5 Hal yang perlu Diperhatikan dalam Persiapan Kehamilan

Persiapan Kehamilan

Halo calon bunda yang masih staytune dengan ceritamanda tentang persiapan kehamilan. Kehamilan yang direncanakan tentunya membutuhkan kesabaran untuk bisa benar-benar hamil, ya kan? Namanya juga merencanakan, kita manusia kan hanya bisa berdoa dan berusaha, DO the BEST and let Alloh DO the REST. Menuliskan sebagian pengalaman yang Manda lakukan sampai saat ini adalah hal yang menyenangkan, selain menjadi pengingat bagi diri sendiri, tentunya akan senang sekali jika orang lain yang membaca persiapan kehamilan juga merasa mendapat manfaatnya.

Tentunya setiap persiapan kehamilan punya beragam pengalaman. Bagi pengantin baru atau pengamtin lama yang belum dikaruniai momongan, maka persiapan kehamilannya adalah persiapan kehamilan anak pertama. Bagi yang sudah merasakan hamil tapi karena sesuatu hal harus kuretase, mungkin persiapan kehamilannya masuk kategori persiapan kehamilan pasca keguguran. Kasus yang kedua ini saya termasuk didalamnya. Lalu ketika si kakak sudah ingin punya teman bermain, sang ibu akan mempersiapkan diri untuk persiapan kehamilan anak kedua, yang biasanya permintaannya ke dokter kandungan adalah request untuk persiapan kehamilan supaya mendapatkan anak perempuan atau anak laki-laki. hihihihihi. Seru ya setiap fase persiapan kehamilan yang menurut saya unik untuk dibaca, termasuk mitos-mitosnya.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Persiapan Kehamilan


1.  Susu.

Peran susu persiapan kehamilan pertama sangat membantu para calon ibu untuk menyiapkan nutrisi dalam tubuh yang nantinya siap ketika ada adek bayi atau janin di dalam rahimnya. Kebutuhan nutrisi calon ibu hamil bisa tercukupi dari susu yang dikonsumsi pra kehamilannya. 

2. Asam Folat

Tidak bisa dipungkiri, semua dokter obsgyn sejak dari Manda memulai program hamil sampai setelah kuretase, bahkan sampai sekarang program hamil lagi, selalu meresepkan asam folat di setiap resepnya. Kkebutuhan asam folat berkisar hingga mencapai 400 mikrogram setiap harinya. Bagi yang ingin mendapatkan asam folat alami, bisa dari sumber terbaiknya dari alam, yaitu : sayuran yang berdaun hijau, sitrus, kuning telur dan kacang kacangan. Asam folat mempunyai perabnan penting dalam membantu ibu hamil dalam mengurangi resiko anak cacat bawaan dan penyakit yang berbahaya lainnya.

3. Menjaga Berat Badan

Bagi saya yang termasuk tim PCOs sangat penting menjaga berat badan untuk bisa hamil. Tentunya, banyak hal bisa dilakukan untuk menjaga berat badan, seperti : melakukan diet sehat, food combining, olahraga teratur, dan mengatur pola makan malam yang dibatasi tidak lebih dari jam 7 malam. Namun pada prakteknya tidak mudah ya, sehingga butuh effort dan support yang luar biasa untuk mencegah jarum timbangan bergeser ke kanan. hihihihi.

4. Hindari Merokok dan Alkohol.

Menurut Manda, anjuran ini sepertinya tidak berlaku hanya bagi calon ibu yang ingin hamil, melainkan sebaiknya menjaga pola hidup sehat adalah jauhi kebiasaan merokok dan minum yang beralkohol, bahkan lebih ekstrim lagi adalah minuman bersoda. Setiap proses menuju sehat membutuhkan pengorbanan, benar kan? Untuk menjaga kesehatan badan, lebih baiknya untuk menghindari daripada mengobati!

5. Cukup Istirahat dan Hindari Stress.

Hayooo siapa di sini yang belum tahu rasanya capek? Kalau ada yang merasa tidak punya capek, tapi tiba-tiba badan lemah letih lesu dan nglokro, berarti Anda sehati dengan Manda. Saya termasuk orang yang tidak bisa merasakan batas lelah, bahkan kalau Panda bilang ambang batas capek untuk diri saya tidak ada alarmnya. Tiba-tiba langsung sakit, hihihihihi,. Dengan melakukan cukup istirahat dan mengatur pola makan, setidaknya kita bisa mulai menghargai tubuh kita agar tidak terlalu nggoyo (baca : keras) melakukan aktivitas. Selain itu, cobalah untuk seminimal mungkin terhindar dari stress. Ingin tahu resep Manda menghindari stress? Nanti saya buatkan postingannya ya! Pahami dulu stress itu apa ya. Kalau buat Manda, arti stress adalah sebuah keadaan tertekan. Mengaku tidak stress? Lalu bagaimana dengan target, bagaimana dengan deadline, bagaimana dengan omset, bagaimana dengan capaian belajar? Beberapa hal yang Manda sebutkan tadi adalah contoh pemicu dari stress, dimana kondisi kita tertekan oleh target, deadline, omset, dan berkejaran dengan waktu setidaknya untuk bisa menyelesaikan pekerjaan rumah dan lalu bisa beraktivitas di luar rumah. Nah, sepele kan ternyata penyebab stress itu. Maka, persiapkan semuanya dengan rencana, selesaikan to do list harian supaya tidak menumpuk di hari berikutnya, lapang dada ketika kita tidak bisa sempurna dan tentunya imbangi dengan menyerahkan segala sesuatunya kepada Alloh.

Nah, semoga 5 hal tentang pengalaman Manda ini, bisa dicoba teman-teman yang sedang berusaha untuk mempersiapkan kehamilan ya! Saling mendoakan ya kita, terima kasih.

6 komentar:

  1. 5 hal penting nih.. noted..
    Thanks mb tulisannya.. :)

    BalasHapus
  2. Wah catet aaah berguna bgt ini manda

    BalasHapus
  3. Bener banget ini Manda
    Dengan persiapan matang, tubuh juga jadi siap saat kehidupan baru berkembang di rahim

    BalasHapus
  4. Betul mandaa... Spog sayapun menyarankan untuk beeolahraga...
    Sooo demi masa depan yang cerah, saya ikutin dah.. Hehehe

    BalasHapus
  5. Aku dulu juga diduga pco syndrome. Dan baru bisa hamil setelah bb turun banyak

    BalasHapus
  6. stress emang bahaya buat bumil, dulu Aim hampir aja pergi saat usianya 7 bulan dalam kandungan karena Mama Ivon stress.

    BalasHapus