IBX583577287E51C

Sabtu, 19 November 2016

Tips Komunikasi yang Mendekatkan Jarak

Karena Komunikasi Butuh Koneksi

Selamat pagi sahabat Manda, bagaimana hari ini? Semoga kesehatan dan keberlimpahan senantiasa melengkapi kebahagiaan kita setiap hari. Aamiin. Bagaimana kontak dengan orang tersayang, dengan orang tua, dengan pasangan, dengan kerabat, dengan sahabat, dengan tetangga, dan dengan sekitar kita? Semoga semakin terjalin akrab dan menjadi lingkaran yang lebih besar karena kita adalah makhluk sosial. Era gadget yang memudahkan komunikasi dimana saja dan kapan saja, bagaimana memilih paket murah Telkomsel?


Karena komunikasi butuh koneksi. (Manda, 2016)

Dari tagline yang diangkat Manda kali ini, jelas kita akan bercerita tentang bagaimana komunikasi yang mendekatkan yang jauh. Karena selama ini, pemahaman komunikasi jadi salah kaprah, ketika satu keluarga berkumpul, mereka asyik sendiri dengan gadget di tangan, hehehehe.

Tips Komunikasi yang Mendekatkan Jarak

  1. Perlengkapi gadget dengan koneksi, bisa dengan memilih paket murah Telkomsel untuk bisa terhubung secara online di gadgetnya.
  2. Download aplikasi android yang memang bertujuan untuk mendekatkan jarak, seperti : Messenger, Whats App, BB Android, 
  3. Download aplikasi yang mempermudah mendekatkan silaturahmi jika ditempuh dengan bepergian, seperti : Waze dan mapas.
  4. Download aplikasi media sosial yang membuat kita terhubung dengan teman-teman di dunia maya, seperti : facebook, instagram, twitter, 
  5. Gadget sebenarnya memudahkan kita untuk bisa meng-handle aktivitas dan me-manage kegiatan dari genggaman. Tetapi, kadang pemanfaatan gadget yang salah kaprah menjadikannya kambing hitam dalam menjauhkan hubungan antar manussia. Puk puk gadget atau smartphonenya. hihihi.
  6. Batasi pemakaian gadget di jam-jam yang sewajarnya, seperti pagi hari sebelum mulai beraktivitas, siang saat makan siang, sore menjelang pulang ke rumah, dan malam sesudah makan malam.
  7. Lakukan aktivitas bersama yang tidak melibatkan gadget. Gadget memudahkan untuk berbincang dan merencanakan sesuatu yang memungkinkan kita untuk berjumpa, berkumpul dan bertemu di event, tapi sesudahnya qulity time yang tanpa gadget, kecuali saat foto-foto.
Kira-kira tujuh tips di atas yang bisa Manda bagi untuk sahabat Manda supaya komunikasi dengan koneksi menjadikan hubungan kekeluargaan dan pertemanan kita menjadi semakin dekat.

Apakah ketujuh tips di atas sudah memberi efek dalam kehidupan Manda dan sekeliling Manda? Perlu untuk bercerita ke sini seperti apa aplikasi komunikasi berkoneksi yang mendekatkan? Baiklah, Manda akan bagi seputar cerita keluarga yang memanfaatkan gadget.

  1. Grup WA yang mayoritas didominasi oleh pakde, bude, om dan tante yang ternyata lebih narsis dan eksis soal mengirim picture ke grup. Mungkin karena bagi mereka yang sudah berumur, kedekatan di grup WA bersama kaka adeknya adalah kehangatan yang melengkapkan masa tua mereka.
  2. Tak jarang, video lucu di share di grup WA keluarga dan videonya lucu-lucu, saya juga heran mereka tergabung di berapa grup ya sampai bisa memperoleh video-video lucu yang tinggal di forward dengan mudah di saluran Whats App.
  3. Sering juga mereka membagikan motivasi yang memang kadang membuat saya banyak belajar dari grup WA yang pesertanya piyayi sepuh di keluarga kami.
  4. Oh iya, untuk menghindari leave anggota grup WA, saya sebagai admin selalu mem-warning postingan anggota grup WA untuk tidak berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Politik) karena hal tersebut yang sesungguhnya membuat perpecahan di antara keluarga yang tadinya akur-akur dan adem ayem.
  5. Yang paling sering dilakukan adalah laporan real time berupa foto dan audio record yang dikirimkan ke grup WA, tentang kondisi kesehatan, ucapan selamat ulang tahun, ucapan lekas sembuh, laporan piknik atau sekedar berbagi foto masakan. Dan memang foto yang dikirimkan tersebut lumayan mengobati kerinduan bagi yang terbatas jarak dengan orang-orang yang disayangi.

Tentunya, untuk memudahkan lima aktivitas di atas, perlu ada koneksi yang memberikan kenyamanan paket data dengan paket murah Telkomsel sehingga koneksi lancar dan tidak membuat kantong bolong untuik membeli kuota. Sudahkah kita semua memanfaatkan gadget dengan optimal dan positif untuk sekitar kita?

11 komentar:

  1. Iya nih, puk-puk gadget. Padahal semua tergantung kita yaa untuk optimalkan gadget secara positif.

    BalasHapus
  2. Semenjak ada WA di hape saya, rasanya komunikasi dengan saudara dan sahabat jadi lebih maksimal :)

    BalasHapus
  3. yoi.. harus pintar memenej waktu... jangan sampai gadged menjauhkan yang dekat...

    BalasHapus
  4. Saya pernah beginian, pakai komunikasi konvensional pula hehehe

    BalasHapus
  5. Saya pernah beginian, pakai komunikasi konvensional pula hehehe

    BalasHapus
  6. Iya sejak ada grup WA mulai dr temen SD,SMP,SMA, Kuliah jadi ketemu lg semuanya. Yg belum ketemu sm grup jaman msh TK

    BalasHapus
  7. Setuju banget, share postingan di grup WA juga kadang bikin baper. Mesti pintar2 ngemong apalagi kalo beragam usia ngumpul jadi satu gitu ya.

    BalasHapus
  8. Aku juga pake telkomsel, Mbak. :D Udah lama banget pakenya.

    BalasHapus
  9. kalau paket internet ttp telkomsel yang paling bagus, walaupun sedikit mahal tp gak jadi masalah.

    BalasHapus
  10. semoga tak terjadi metakomunikasi :D

    BalasHapus