Tips Menang Lomba Blog ala Arifah Wulansari



Kali ini cerita manda kedatangan tamu, seorang carier woman yang juga ibu dari dua orang (putra dan putri), dan yang teristimewa lagi, mom blogger ini adalah langganan juara di blognya http://www.arifahwulansari.com. Simak yuk seperti apa Manda kepoin tentang tips menang kompetisi blog dengan Mak Arifah.


Halo mak arifah, seneng banget berkesempatan gangguin lewat interview di WA.  Pastinya mau bikin tulisan untuk kocokan arisan BCJ nii. Langsung pingin tahu dari sumbernya, makanya nodong nanyak.. Hihihi.. Biar akurat sumbernyaaa. Mau tahu bagaimana mak arifah bagi waktu antara diri sendiri, kantor, keluarga, rumah nyata dan rumah maya?

Cara bagi waktu, jujur masih keteteran untuk yang rumah maya. Kalau buatku tetap prioritas waktu buat keluarga, kantor sama rumah nyata dulu. Kalo buat diri sendiri ya dengan ngeblog itu sebenarnya, tapi waktunya memang masih terbatas banget sejak bayi

Sejak kenal mak arifah di arisan ilmu KEB jogja,  sudah ngehitz sebagai pemenang lomba blog di dunia maya, tentunya jadi pingin tahu sebenarnya ada tips menulis lomba biar menang tidak ya?

Tips menulis buat lomba : 
  1. Ikutin banyak lomba yang topiknya kita suka. 
  2. Dengan begitu, nulisnya bisa niat dan bener-bener dari hati. 
  3. Rajin riset dan cari referensi untuk memperkaya bahan tulisan. 
  4. Nulisnya kudu ikhlas, misal kalah nggak perlu baper jadi tetap semangat buat ikut lomba selanjutnya sampai menang.

Beberapa waktu lalu, liat Tayo ada di sampul buku ya, wah ternyata dunia maya membuat kita banyak tahu tentang orang lain di sekitar kita ya mak. Menurut mak Arifah, dunia maya memberi manfaat apa saja?

Manfaat dunia maya banyak banget, selain nambah teman juga jadi nambah wawasan. Pikiran jadi lebih terbuka dan nggak kudet. Banyak teman juga efeknya jadi banyak rejeki.

Nah, nah, nah, sudah tahu kan ya, banyak teman banyak rejeki. Makanya jadi blogger kudu kompak, kudu solid, biar rejekinya awet dan berlimpah. Aaamiinnnn.

Kalau boleh tahu, sejak kapan mak arifah mulai ngeblog? Dan apakah terpikirkan bahwa blogger akan ngehitz seperti sekarang?

Ngeblog dari tahun 2012. Dulu nggak ada bayangan kalo blogger bakalan ngehitz kayak sekarang.

Cuma emang dulu sebelum jadi blogger aku suka ikut kuis-kuis di facebook gitu. Jaman masih sepi saingan. Eeh.. trus saingan tambah banyak, aku tergusur deh. (emoticon ketawa mringis sambil nagis). Yo wes banting setir jadi blogger. Jaman dulu peserta lomba blog masih sepi juga.. Eeh.. ternyata lama-lama banyak saingan juga kayak sekarang. Haha.. tapi gak papa sih malah makin seru.

*Bener ya mak, makin banyak saingan makin seru dan yakin rejeki tidak tertukar. Setuju!


Apakah blog mak arifah masuk dalam kategori monetize blog? Kalau iya, apakah ada tips berpenghasilan dari blog?

Aku pasang adsense juga sih, buat iseng-iseng aja siapa tau suatu saat berbuah dolar. Sejauh ini penghasilan ngeblog baru berasal dari lomba sama job review, kalau adsense belum pernah.jadi belum punya tips.

Apa pendapat mak arifah tentang blogwalking? Perlu atau tidak?

Blogwalking perlu bgt. Karena banyak manfaat terutama buat belajar. Apalagi kalo mau ikut lomba blog, aku suka BW dulu, baca-baca tulisan peserta yang lain. Tujuannya buat cari ide tulisan yg beda. Aku setiap hari BW sih, tapi jarang meninggalkan jejak soalnya pake hp mau komen suka ribet. Padahal lebih seringnya ngeblog sama bw pake hp. Ntar kalo mau edit-edit baru pake laptop.

Nah, pertanyaan terakhir, kira-kira pesan dari mak arifah untuk para blogger apa?

Pesen untuk blogger : Jadikan ngeblog itu sbg aktivitas nggak usah dijadikan beban. Orientasinya memang bed-beda sih, tapi sangat manusiawi juga misalnya ada yang orientasi untuk cari penghasilan. Cuma ya itu tadi, nggak usah dijadiin beban dan jangan memaksakan diri. Lebih nyaman kalo dinikmati, contohnya ya kalo nulis buat lomba tapi topiknya kok berat ya jangan maksa ikut. Kalo dipaksain nanti nulisnya jadi nggak enjoy, hasilnya juga nggak maksimal.

Jadi inti pesanku adalah jadikan ngeblog sebagai aktivitas yang bisa dinikmati. Kalo pas ngantuk, capek, males, repot dan nggak sempat ngeblog ya nggak usah maksain..hihi.. yang ini sih aku banget. *trus Manda ikutan toss juga.

Nah, demikian ya sahabat Manda, bincang kita ngulik tentang rahasia mak Arifah jadi jawara kompetisi blog. Kepoin tulisan mak Arifah dan aktivitasnya sebagai momblogger di akun media sosialnya juga ya!

25 komentar

  1. iya setuju mbak arifah, ngeblog dibikin asik aja hehe

    BalasHapus
  2. Noted, tips menang lombanya. Terutama no 4. Kalau kalah segera lupain dan hunting lomba lagi. Jangan bapeer.

    BalasHapus
  3. Yupz, setuja banget sama pendapatnya "Jadikan ngeblog itu sbg aktivitas, nggak usah dijadikan beban"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayukk via, mulai menulis utk blognya yaaaa..

      Hapus
    2. siap kakak, mohon bimbingannya...

      Hapus
    3. siap kakak, mohon bimbingannya...

      Hapus
  4. ngejer lomba blog peganti job review dengan fee gede. rajin2 bogwalking yaa mbakkk, saya ikutin deh tips nyaa. hunt lomba blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. BW nii yg kadang ngeselin krn pake cari2 gambar saat konfirm bukan robot, hehehehe

      Hapus
  5. Aku juga kalo tema lombanya ga begitu menguasai ga akan maksain ikut sebab hasilnya ga akan bagus, apalagi kalau kalah malah baper.
    Eh tapi saya juga pernah sih baper karena kalah lomba karena merasa udah nguasai tema dan nulis sebagus mungkin he3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas ihwan jg termasuk yg hobi menang lomba niii, kapan2 ngulik tipsnya ya..

      Hapus
  6. Sama nih denganku
    Klo ikutan lomba blog, trus rasanya kurang klik dihati, mending mundur daripada maksain
    Dan harus banyak2 berdamai dengab diri sendiri ketika kalah, biar gak baper hahahaa

    Salam kenal mbak Arifah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka kata2nya, berdamai dengab diri sendiri.

      Hapus
  7. Salut Ama Mak Ari, sering menang lomba yg hadiahnya gede. Pratekin tipsnya ah, makasih Manda.

    BalasHapus

  8. Pesen untuk blogger : Jadikan ngeblog itu sbg aktivitas nggak usah dijadikan beban. Orientasinya memang bed-beda sih, tapi sangat manusiawi juga misalnya ada yang orientasi untuk cari penghasilan. Cuma ya itu tadi, nggak usah dijadiin beban dan jangan memaksakan diri. Lebih nyaman kalo dinikmati, contohnya ya kalo nulis buat lomba tapi topiknya kok berat ya jangan maksa ikut. Kalo dipaksain nanti nulisnya jadi nggak enjoy, hasilnya juga nggak maksimal.

    Pass bgt pesennya

    BalasHapus
  9. angkat aku jd murid mu kakak, biar turut menang lomba :)

    BalasHapus
  10. Aku idem ma atasku mau donk diles'in privat sama Mbk Arifa biar sering menang lomba :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diangkat rame2 ya mba april ,semoga nggak rubuh krn gak kuat ngangkat, hehehehe.

      Hapus
  11. Saya selalu takjub tiap Mak Ari ikutan lomba, rata-rata menang! Ternyata ini ya tipsnya :D

    BalasHapus
  12. Waah keren banget ulasannya kak manda. Btw kapan nih ke Aceh lagi

    BalasHapus
  13. aku malah blum ninggalin jejak disini ya..makasih manda atas ulasannya yg super keren :)

    BalasHapus