IBX583577287E51C

Sabtu, 29 Oktober 2016

Solusi Menyimpan Foto Perjalanan

Hard Drive Eksternal - sumber : www.mataharimall.com


Halo sahabat Manda, apa kabarnya? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat sehingga bisa terus beraktivitas dan produktif ya. Nah, bicara tentang produktif, ada hal yang beberapa waktu lalu sempat mengusik saya. Sebagai blogger, produktif itu tentunya bisa menghasilkan tulisan yang bermanfaat untuk para pembacanya dan konsisten menulis sehingga blognya semakin profesional dalam karya. Profesional dalam karya di dalam blog, tentunya tidak hanya berbicara tentang tampilan blog, melainkan isi dari blognya, dan pendukung tulisan di blognya, seperti foto dan video. Itulah awal keresahan saya.


Foto dan video, keduanya adalah penunjang tulisan saya di blog dan sekaligus keduanya memakan ruang memori yang besar, baik itu di handphone maupun di komputer. Tentunya, saya tidak bisa begitu saja menghapus foto atau video perjalanan yang sudah dimuat sekalipun. Dari sekali perjalanan manda panda, bisa 200-330 foto diambil dan lebih dari 10 video tersimpan di memori handphone.

Lalu bagaimana solusinya? Ya, memindahkan ke hardisk. Dan untuk itu, kita perlu mengetahui merek hardisk eksternal terbaik yang harganya terjangkau dan bagaimana cara membelinya. 

Apa keunggulan memindahkan foto ke hardisk eksternal :
  1. Memori handphone menjadi lega dan performa bisa lebih cepat.
  2. Hardisk komputer tidak tersita untuk menyimpan foto dan video saja.
  3. Kesempatan merapikan folder-folder foto di hardisk ekternal.
  4. Sudah dilengkapi anti virus.
  5. Foto tidak perlu ada yang dihapus, sehingga bisa dibuka kembali sebagai kenangan.

Tentunya penasaran ya, kok bisa sekali perjalanan bisa menghasilkan 200-300 foto. Sekalian mumpung tulisanya tentang foto perjalanan, Manda akan berbagi sudut atau angel yang menjadi obyek fotografi saat berperjalanan. Apa saja?

  1. Foto OOTD atau foto bersama sebelum trip.
  2. Foto aktivitas selama perjalanan, baik itu selfie, wefie, foto makanan.
  3. Foto pemandangan saat di perjalanan. Hal ini bisa jadi informasi di tulisan ketika kita melihat penanda ketika berperjalanan darat, seperti tugu atau nama jalan.
  4. Foto obyek wisata yang tanpa manusia, yang terlihat indah dipandang mata.
  5. Foto obyek menarik yang dijumpai.
  6. Foto penanda kita pernah ada di lokasi tersebut.
  7. Foto ekspresi orang yang berperjalanan.
  8. Foto selfie wefie di obyek wisata, yang saya sendiri bisa 10x sampai tidak terlihat gendut dan tidak terlihat dibuat-buat. Maunya, hasil foto terlihat alami dan tidak gendut, hihihihihi.
  9. Foto karcis, foto hal menarik, foto aktivitas selama di tempat wisata.
  10. Foto yang unik-unik dan menarik untuk dicritakan.
  11. Foto jajanan khas atau bagian yang khas dan memesona di tempat tersebut.
  12. Bila sempat menginap, foto -foto yang diambil haruslah mewakili perasaan dan keadaan saat itu, sehingga pembaca juga terbantu visualisasinya dari gambar yang kita ceritakan di dalam blog.

Sudah tergoda untuk membeli hard drive eksternal? Beruntung sekali, kemudahan online membuat segalanya tanpa batas. Dengan mengetikkan MatahariMall dan hard drive saja sudah muncul begitu banyak pilihan merek hardisk eksternal terbaik yang ada di MatahariMall. Selamat memilih ya sahabat Manda!
Merek hardisk eksternal terbaik yang ada di pasaran saat ini sudah semuanya bagus, terlebih kita dengan mudah bisa membelinya kapan saja melalui situs toko online. Kalau rekomendasi Manda, saat memilih hardisk pilihlah yang sudah ada bundling anti virusnya, sehingga kita tidak perlu lagi repot membeli anti virus. Lalu hal kedua yang penting juga diperhatikan saat memilih dari sekian banyak pilihan adalah ultra. Dengan tambahan ultra, maka file foto yang tersimpan tidak akan berubah kualitasnya gambarnya. Seorang teman pernah memberi tahu keunggulannya, dan sejak itu saya memilih memori SD Card sekalipun yang sudah ultra. Lalu berikutnya adalah tips mencolokkan hardisk eksternal ke komputer atau laptop, colokkan di USB bagian belakang kalau itu di CPU. Karena suplai listrik melalui USB yang ada di belakang lebih optimal untuk hardisk ekternal ketimbang USB di bagian depan CPU.

Sudah tahu kan ya kira-kira kenapa kita perlu memiliki hardisk eksternal dan hal apa yang bisa dilakukan ketika memilih mebli hardisk ekternal dan tips pemakaiannya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

9 komentar:

  1. Aku suka lupa back up foto mandaaa.
    Hiks, padahal pernah kehilangan foto penting.
    Makasih udah ngingetin

    BalasHapus
  2. Aq kadang kalau bepergian sama anak2 sering ga konsen moto. Hahahaha. Tapi sekarang nyempetin ambil bbrpa foto u dokumentasi keluarga

    BalasHapus
  3. Punya hard disk eksternal baru satu. Pinginnya nambah lagi biar banyak data yg disimpan dan aman. TFS manda...

    BalasHapus
  4. Aku perlu eksternal harddisk baru niih.. Yang lama udah penuh :D

    BalasHapus
  5. Aku nih suka gak telaten back up foto2. Padahal beberapa kali sempat kehilangan memori penting hiks
    Kayaknha memang butuh HD eksternal deh

    BalasHapus
  6. HD eksternalku hadiah lomba..hihi.kepake banget pas lagi tesis gini

    BalasHapus
  7. solusi yang asyi, kalau saya ujungnya simpen di flickr atau gdrive lah kalo masih kecil. maklum belum punya hardisk, hoho

    BalasHapus
  8. Jadi keinget belum back up foto di hp :(

    BalasHapus
  9. Sekarang file2 foto gede2 size nya bisa sampe 12 mb sekali jepret, mmg HD portable solusi penyimpanan yg cocok...

    BalasHapus