IBX583577287E51C

Minggu, 23 Oktober 2016

Seni Mencuci Peralatan Dapur Ala Manda



Senjatanya Istri Rumah Tangga


Menjadi istri rumah tangga adalah pekerjaan yang menyenangkan di dalam rumah. Sebagai seorang work @home Manda, saya bebas kapan saja menata rumah, kapan harus menjaga kebersihannya, dan tentunya mengatur manajemen waktu antara urusan rumah tangga dan kerjaan (baca : terhubung dengan dunia luar).


Tidak sulit rasanya di jaman sekarang, seorang istri rumah tangga (IRT) belajar ilmu tentang rumah tangga. Hampir semua media, bahkan pengalaman berumah tangga pun kini mudah dijumpai di dunia maya, seperti tips membersihkan alat-alat rumah tangga. Tentunya, sebagai seorang istri atau ibu di rumah, kita punya bagian yang favorit saat membersihkan. Kalau Manda, senang melakukan pekerjaan rumah yang berhubungan dengan air, seperti nyupir. Nah, pasti bingung ya, nyupir itu nyuci piring.


Di tulisan kali ini, Manda ingin berbagi seninya mencuci piring ala Manda. Mencuci piring adalah salah satu kegiatan rutin di dalam rumah selama para penghuninya melakukan aktivitas makan dan minum. Mencuci piring bisa diartikan lebih luas lagi, yaitu : mencuci peralatan di dapur. Sehingga asumsi kita berubah tidak hanya piring saja, melainkan gelas, tutup gelas, piring tataka, piring makan, alat memasak, mangkuk, sendok, garpu, pisau, dan lain-lain. Tentunya, saat mereka bersatu menjadi peralatan dapur yang kotor, keengganan untuk mencuci akan muncul. Nah, perlunya mengetahui tips mencuci peralatan dapur menjadi menyenangkan rasanya perlu ya.

Seni mencuci peralatan dapur ala Manda akan dirangkum dalam-tips-tips berikut, simak ya.

Pertama, Belilah saput spons Scotch-Brite di toko atau warung di sekitar kita. Kalau Manda sendiri, membeli peralatan mencuci peralatan dapur sudah masuk kebutuhan bulanan. Lebih baik punya persediaan, daripada harus kelabakan mencarinya ketika dibutuhkan. Manda merekomendasikan untuk membeli sabut spons yang 3X Cepat Bersih, 3X Tahan Lama, ya benar, merek Scotch Brite.

Sabut Spons Scotch-Brite

Kedua, Ketahui kegunaan masing-masing sabut yang sudah kita beli. Pemakaian sabut yang tepat bisa memaksimalkan hasil cucian yang lebih bersih dan lebih terawatt. Nah, kali ini Manda akan bercerita tentang tiga sabut spons yang menjadi andalan Manda saat membersihkan dapur manda. Dari kiri, Manda akan menceritakan masing-masing kegunaannya ya.

  1.  Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite ada varian untuk mencuci tempat minum anak, bentuknya pun menyesuaikan tingginya botol minuman, sehingga bisa dengan mudah menjangkau bagian dalam tempat minum anak.
  2. Sabut Spons Hijau, sabut spons ini diperuntukkan mencuci alat memasak.
  3. Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite, sabut spons anti-gores untuk alat makan dan alat masak Teflon atau anti-lengket.

Akan lebih baik jika alat masak dan alat makan yang kotor, segera dicuci. Tetapi, di dapur manda, kadang-kadang setelah memasak sore dan makan malam, Manda baru mencucinya keesokan harinya. Untuk kondisi yang demikian, kita butuh tips ketiga.

Peralatan Dapur yang Kotor

Ketiga, Biasakan untuk membilas dengan air, peralatan memasakan dan peralatan makan yang kotor, jika proses pencucian baru akan dilakukan keesokan harinya. Proses membilas gelas, piring, sendok, dan alat masak dengan air, dimaksudkan agar kotoran tidak menempel pada peralatan dapur dan tidak berbau, sehingga sulit untuk dibersihkan.

Keempat, Manda membiasakan mengumpulkan jenis ke dalam komunitasnya, misal : menumpuk piring, menyatukan sendok, menata gelas dalam satu kesatuan dan terakhir mengumpulkan alat masak bersama-sama. 

Proses pada tips keempat itulah yang membuat proses mencuci peralatan dapur menjadi lebih cepat. perlu dicoba ya!

Kelima, dengan memilih sabut spons yang sesuai dengan jenis barang yang akan dicuci, membuat peraltan dapur kita lebih tahan lama dan terawat. Kok bisa? Ya, karena kemampuan mencuci dari masing-masing sabut spons berbeda-beda. Kalau alat makan dari bahan plastik, dicuci dengan sabut stainless, tentunya alat makan tersebut akan rusak dan bergaris-garis kan ya? Kalau semisal alat masak wajan yang berminyak di bagian bawahnya, dicuci bersamaan dengan spons untuk mencuci alat minum, tentunya hasilnya juga tidak maksimal bukan?

Untuk itulah, butuh tips keenam untuk membuat alat dapur menjadi bersih maksimal.

Keenam, Mulai mencuci alat dapur, dimulai dari gelas, sendok, piring, mangkuk, telenan (kalau ada), panic, dan barulah wajan. Dengan tips keenam ini, selain mempercepat proses mencuci alat dapur, juga bisa memaksimalkan tingkat kebersihannya. Bisa dibayangkan jika kita mencuci wajan Teflon yang berminyak, lalu sabut sponsnya masuk ke dalam rendaman sabun, dan lalu kita gunakan untuk mencuci gelas. Apakah gelasnya menjadi bersih atau malah berminyak? Memang sekilas bersih, tetapi setelah dibasuh dengan air, akan terlihat bahwa gelas tersebut jadi berminyak. 

Sahabat Manda sudah mengetahui ya seninya mencuci peralatan dapur ala Manda. Mencuci piring dan alat dapur lainnya menjadi hal yang menyenangkan kan? Terlebih dengan sabut spons yang 3x Lebih Bersih, 3x Tahan Lama, mencuci menjadi semakin asyik dan hemat. 
 
Sabut spons Scotch-Brite sesuai pengalaman Manda punya beberapa kelebihan, diantaranya :

  1. Bentuk sabut spons yang mudah digenggam
  2. Spons pilihan sehingga saat diremas dalam cairan sabun cuci alat dapur, menjadi hemat sabun.
  3. Sabut spons scotch-brite mengandung serat dan mineral berkualitas
  4. Sabut spons Scotch-Brite dibuat dengan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran lebih maksimal.
Dari cerita Manda di atas, ternyata menjadi istri rumah tangga itu menyenangkan. Untuk bisa menjadi istri rumah tangga yang baik, perlu rasanya mengetahui info dan tips seputar rumah tanga, bisa dengan like Fanpage Scotch-Brite ya.

20 komentar:

  1. Mantap nich aku juga paling suka pake scotch brite. Cepet bersih pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. toossss berbi, yang pasti awetnya kerasa ya.

      Hapus
  2. Memang sih, urutan yang benar untuk mencuci peralatan makan dan dapur, seperti itu. Yang paling kotor, terakhir sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti seni mencuci piring itu asyik dan seru ya mba ria.

      Hapus
  3. Sabut spons Scotch Brite itu awet dan buat nyuci enak dan cepet bersih. Sukak makenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kurang dan masih pingin nyuci, sini ke rumahku makma, hihihihi.

      Hapus
  4. Merk favorit aku nih! Sabut sponsnya juga bagus kualitasnya. Ngga cepet kempes :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa tahan lama ya mba. Nggak cepet misah sabut dan sponsnya. Hehehe

      Hapus
  5. Dari masih gadis, taunya sabut yang scoth-brite ini.
    Makanya sekarang pun pakai sabut itu, tapi suka bete, karena sering dimainin sama Tio buat squish, katanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tioo mah emang kreatif banget ya kak, selalu ada aja yg dikerjakan. Ciri anak cerdas kak.

      Hapus
  6. Aku juga pakai ini, terutama nomor 1 :D

    BalasHapus
  7. Saya juga tahunya scotch brite ini, tapi cuma yang ijo yang sering dipake. Kalau urutan mencuci udah bener aja dari dulu diajarin ortu.
    Eh. Tadi serius banget baca yang 'nyupir' ealaa...ternyata.. sebelum jadi istri emang harus bisa nyupir ya kan kak

    BalasHapus
  8. Aku baru tau lo ternyata ada sabut spon khusus anti gores

    BalasHapus
  9. Aq dulu milih sabut yg murah, tapi ga awet. Sekarang make scotchbrite lebih beraih dan awet :)

    BalasHapus
  10. Samaaa...di rumah juga pakai scotch brite selalu siap serenceng di rumah, jadi kalau udah mulai kumel, kempes dan baunya ga ilang2 langsung ganti, jadi ga mikir warung udah buka apa belum. Hehe

    BalasHapus
  11. Aku jg pake sponge ini mbak,paling suka nyuci piring. Paling terakhir biasanya wajan,leluasa gitu hehe

    BalasHapus
  12. Yeay..selamat nyupir, Manda.. :D

    BalasHapus
  13. baru tau, tenyata ada beberapa macam ya? wah, yang dirumah tu cuma pake yang ijo aj. mau plastik, gelas, piring , wajan ttp pake yg ijo.

    BalasHapus
  14. Wah, senangnya ketemu keluarga besar Scotch-Brite. Dulu aku sempat pindah ke lain hati. Tapi akhirnya kembali.
    Kemarin ikutan kuis di halaman SB dan menang. Pas banget sama stok SB yang menipis.
    Aku pakai yang Spons Hijau... untuk alat makan aku pakai bagian kuningnya.

    BalasHapus
  15. boleh di ikutin nie tipsnya

    BalasHapus