IBX583577287E51C

Jumat, 07 Oktober 2016

Kenali Diet Sebagai Gaya Hidup, Bukan Paksaan

Menu Diet Sehat

Diet, satu kata yang sangat familiar di kalangan perempuan yang merasa tubuhnya mempunyai kelebihan. Tentunya, kelebihan berat badan atau lemak di dalam tubuhnya. Untuk membuatnya ramping (baca : langsing), seseorang perlu membatasi asupan makanan, yang kemudian dikenal dengan diet. Termasuk Manda, yang merasa berkelebihan berat badan, tentunya akan nyaman jika diet yang dilakukan tidak menyiksa. Dalam perjalanannya, Manda ingin berbagi tips bagaimana diet sehat yang tidak menyiksa. 

Penasaran? 

Kenali alasan berdiet.

Kenapa diet bisa gagal? 
Kenapa diet butuh hasil yang instant?
Kenapa diet kadang menyiksa?
Kenapa tidak bahagia karena diet?

Itulah kira-kira pertanyaan yang membuat fobia seseorang untuk berdiet. Punyai alasan yang kuat, sehingga diet yang kita jalankan sebagai gaya hidup dan bukan untuk tujuan yang instant ingin dicapai. Diet yang ditujukan untuk kesehatan akan lebih membahagiakan. Pahami alasan berdiet, maka kita bisa menentukan hal apa yang menyenangkan saat berdiet dan tidak menjadi tersiksa karena berdiet. Pun pilihan yang dipilih ketika berdiet itu sebagai lifestyle menjadi seseorang bersemangat dalam melakukan aktivitas yang menyenangkan dan mendukung dietnya.
 
Kurangi asupan karbohidrat, dan jangan diet yang "terlalu".

Apa-apa nggak boleh. Itu adalah contoh diet yang menyiksa. Menurut Manda, selama dalam takaran yang dikurangi dan cukup, segala hal boleh dimakan. Karena diet tidak hanya untuk menurunkan berat badan, melainkan untuk menjaga berat badan, menjaga kebugaran dan menjadi tetap sehat. Batasi intake karbohidrat yang dalam hal ini adalah nasi. Itu yang perlu disadari bagi siapapun yang ingin berdiet dengan nyaman. Selain karbohidrat, kurangi semua jenis yang manis dan perbanyak air putih, sayur dan buah. Menikmati camilan manis dengan sirup rendah kalori adalah salah satu pilihan yang bisa diambil untuk membatasi karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.
Foto di atas terlihat yummy ya? Itu adalah salah satu cara menikmati cemilan manis yang mengenyangkan. Menikmati agar-agar atau jelly yang dimodifikasi sebagai camilan manis ini, ternyata mengenyangkan. Hal yang menyenangkan bukan untuk berdiet? Dari seporsi jelly yang diberi buah di atas, makan malam sebelum jam  7 akan terasa menyenangkan. Siapkan buah pisang untuk menjaga kalau-kalau masih terasa lapar. 


Lakukan olahraga yang menyenangkan.

Segala hal yang memaksa tentunya tidak enak dan melelahkan. Olahraga tetap menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam berdiet yang sehat. Lakukan olahraga yang menyenangkan, seperti jogging dan berenang. Keduanya Manda suka dan menjadi semangat karena ditemani oleh Panda dan aplikasi Endomondo yang bisa didownload di Android untuk menjadi penyemangat kita berolahraga. Aplikasi ini bisa mengetahui jarak, lamanya, jumlah kalori yang terbakar, jalur yang ditempuh dan kecepatan kita jalan. Serunya lagi, tidak hanya untuk olahraga walking saja, melainkan bisa dicoba-coba sesuai olahraga yang sahabat Manda ingin lakukan. 

Yuk, lakukan diet karena kita memang butuh untuk sehat ya!

7 komentar:

  1. Nah ini Makjleb. Niatku diet cuman satu mbak, ngelunturin lemak disana sini *sambi menatap nananr perut.

    Aku Memang jarang konsumsi karbohidrat, bahakan jarang makan pakai nasi. Tapi ngemil krupuknya itu, lho.... over dosisi.

    Olah raga kesukaan, itu berenang, segarrrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. naaahh, udah sadar kan ya, ada yang berlebihan. tapi kok yo nanar banget emakmbolang *krupuk* sik marai lemu, mbok diganti keju ben keren, hihihihihi

      Hapus
  2. dietku masih kurang niat yang kuat 😭

    BalasHapus
  3. menumbuhkan keinginan buat diet aja udah susah nih mba, apalagi dietnya.. hehe

    BalasHapus
  4. Aku bingung mau diet, perutku ndut tapi bobotku belum ideal ahahaha

    BalasHapus
  5. Hehehe aku sekarang lagi bantuin suami diet. Biar lebih sehat aja, sih :D

    BalasHapus
  6. Paling malas saya olahraga, padahal tidak harus lama-lama,,

    BalasHapus