IBX583577287E51C

Sabtu, 24 September 2016

Memanfaatkan Internet BAIK di Acara Arisan Ilmu Emak Blogger Jogja

Arisan Ilmu Internet BAIK Emak Blogger Jogja

Halo sahabat Manda, beberapa waktu yang lalu, Manda berkesempatan mengikuti TOT #internetBAIK yang merupakan kerja bareng menyelamatkan generasi muda Indonesia bersama Telkomsel, Yayasan Kita&buah Hati, Kakatu, dan ICT Watch. Tentunya, pernah mendengar ya mereka-mereka yang berasa di balik kampanye #internetBAIK. Telkomsel, adalah salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Yayasan Kita & Buah Hati adalah yayasan yang berdiri sejak 1998 yang berfokus pada kegiatan konsultasi, pendampingan, training, seminar dan advokasi seputar isu keluarga dan pengasuhan anak. Kakatu adalah sebuah aplikasi yang berguna dalam memproteksi dunia fdigital anak agar terhindar dari kecanduan gadget dan konten porno yang mungkin ada di dalamnya. ICT WAtch adalah penggagas awal gerakan digital literasi internet sehat yang konsisten menjalankan programnya sejak tahun 2002.



Nah, dari hasil TOT #internetBAIK tersebut, Manda dan Mak Irul membagikan ilmu yang diperoleh kepada emak blogger Jogja dalam acara arisan ilmu. Merencanakan acara kumpul-kumpul seru yang berakhir dengan kegiatan foto-foto adalah "me time"nya emak-emak. Terlebih jika pulangnya membawa goodie bag #eh bawa pulang ilmu dong ya pastinya. Pembicaraan arisan ilmu tentang internet BAIK ini sebenarnya sudah lama kami (saya dan mak Irul) gagas, dan untuk pilihan waktunya, kami menyerahkan ke emak-emak semua. Pertama kali Manda gabung di arisan ilmu KEB pada April 2015 dan pada 18 September 2016 ini, acara arisan ilmu bertajuk "Memanfaatkan Internet BAIK" di hotel Neo, Jalan Pasar Kembang, Malioboro, Yogyakarta.


Yeaaa, tibalah hari yang dinantikan, saya dan mak Irul tidak janjian dresscode untuk menjadi pemateri internet BAIK siang ini. Janjian pukul 10.30 sampai di TKP, dan jadi tambah semangat karena ternyata kita sehati dengan warna merah bersemangat ala telkomsel #eh. Sudah membawa rompi internet BAIK yang didominasi warna abu-abu dan merah. Sebelum beraksi, kita wefie dulu ya!

Manda dan Mak Irul

Dan di hotel Neo ini memang ada wallpaper yang didesain untuk berfoto selfie yang ketje disamping maskot Neo Malioboro. Penasaran?

Senangnya bisa OOTD sama maskot Neo Malioboro

Acara arisan ilmu ini, didukung oleh telkomsel yang menyediakan brosur materi internet BAIK, blocknote dan bolpoint. Selain telkomsel, juga hotel Neo Malioboro yang mengijinkan kami untuk menggelar acara arisan ilmu dengan menikmati Maksibar Hotel Neo Malioboro. Alhamdulillah, dengan support yang diberikan, acara arisan ilmu  telah berlangsung dengan lancar, seru dan sukses. Terima kasih.

Duta Internet BAIK dari Emak Blogger Jogja

Makin penasaran ya, sepanjang cerita yang isinya foto-foto ini, sebenarnya pada penasaran dengan materi yang Manda bawakan nggak sih? Kalau iya, sebagai bagian kampanye edukatif Internet BAIK, Manda akan share beberapa slide penting yang semoga bermanfaat ya.

Regrann dari Mak Lusi - beyourselfwoman.com

Teknologi itu seperti sungai yang mengalir di depan rumah kita. Orang tua yang penyayang akan membangun tembok di depan rumah agar anak-anak tidak menuju ke sungai. Bahkan kalau perlu pasang pagar tingi, kawat berduri atau dialiri aliran listrik. Tetapi orang tua yang bijak akan mengajari anak-anaknya berenang. Agar mereka bisa mengarungi sungai dengan selamat menuju lautan lepas.

Kita mulai yuk, slide demi slide yang bisa dibaca dan semoga bermanfaat ya! Setelah membaca harapannya segera diaplikasikan ke diri sendiri dan keluarga, lalu di share lagi ke komunitas yang lebih luas ya! Agar apa yang kita peroleh terus menerus seperti mata rantai akan tersebar dan internet BAIK bisa menyelamatkan generasi selanjutnya yang akan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia.



Internet BAIK - Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, Kreatif. 



Melihat diagram di atas, 21% aktivitas anak dengan internet adalah belajar. Wah, lumayan 21% berarti yang 79% dipakai untuk aktivitas non-gadget kan ya? Kalau jamannya bola bekel, lompat tali, gobak sodor, ingkling, dakon, main monopoli, atau mainan lain yang berinteraksi dengan sesama barang hidup, tentunya tidak jadi soal. Dan itulah yang diharapkan dari internet BAIK ini, yaitu membatasi interaksi gadget bagi anak-anak untuk menghindari efek kecanduan games gadget dan terpapar pornografi. Tetapi, tahukah sahabat Manda, dimana 79% yang membuat khawatir para orang tua dan para penggagas internet BAIK ini? 
  • 21% belajar
  • 20% bermain games
  • 16% menonton film/video
  • 14% bersosial media
  • 13% jual beli
  • 7% membaca berita
  • 5% mendownload
  • 4% mendengarkan lagu
Bagaimana? Beda ya tantangan sekarang dengan tantangan kita jaman sekolah dulu. Boro-boro gadget, berkirim sms dan kemana-mana bawa telepon genggam aja belum. Saya bergadget nokia dan siemens baru kuliah dengan usia sudah 17 tahun. hihihihihi. Makanya beda jaman dengan anak sekarang kan ya!


5 Tips berinternet BAIK 
  1. Keep playing or stop.
  2. Click or close
  3. Think before posting
  4. Saring before sharing
  5. Wise while online 
Kenapa sih bermain games harus dibatasi?




Selain games, hal yang mengkontaminasi anak-anak saat bergadget adalah pornografi. Jika mendengar lebih jauh dari survey yang dilakukan oleh banyak lembaga dan yayasan, hasilnya mencengangkan tentang paparan pornografi terhadap anak-anak di usia yang belum saatnya melihat hal-hal yang berbau pornografi. Seperti apa perjalanan seseorang kecanduan pornografi. Awalnya merasa bersalah melihat pornografi, lalu merasakan enak atau nikmat, mulai mengajak teman untuk melihat, perasaan bersalah mulai hilang, dan akhirnya kecanduan pornografi. Naudzubillah min dzalik. Dan banyak berita yang terjadi di sekitar kita, bahwa dampak games keras dan pornografi sudah membuat anak melakukan tindak kejahatan yang berakhir di penjara. Trus, bagaimana dengan masa depannya?



Tentunya, kita sebagai orang dewasa terlebih sebagai orang tua, tidak bisa membatasi anak untuk bergadget. Karena, gadget sebenarnya diciptakan juga untuk memudahkan aktivitas kita. Gadget bisa dimanfaatkan sebagai alat komunikasi yang memudahkan kita untuk memajemen waktu. Apa poin penting antara orang tua dan anak tentang intenet?
  1. Kebutuhan. Gadget yang diberikan orang tua ke anak sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhannya. Bagi anak kecil yang memang belum butuh untuk bergadget, dengan meminjamkan gadget milik orang tua sudah cukup. Apabila anak beranjak dewasa, kebutuhan gadget harus dengan kesepakatan dengan orang tua sehingga gadgetnya memang bisa bermanfaat, memudahkan dan mendukung aktivitas anak.
  2. Tangung jawab. Tanggung jawab anak membawa gadget harus disepakati orang tua dengan anak. Seperti nilai yang tidak boleh merosot ketika sudah bergadget, jam makan yang tidak terganggu karena keasyikna bergadget, dan tanggung jawab lain saat anak bergadget lainnya. Pun ketika gadget rusak, anak juga diajak bargaining untuk bisa mendapatkan gadget penggantinya. Dengan memberi anak tanggung jawab saat bergadget, orang tua dan anak terjalin komunikasi dan menjadi salah satu usaha internet BAIK yang dilakukan orang tua kepada anak yang bergadget.
  3. Risiko. Mengenalkan risiko bergadget pada anak sejak dini adalah hal yang penting dijelaskan ke anak yang sudah menginjak dewasa. Kemungkinan untuk menggunakan media sosial. Apa saja yang baik dan boleh diunggah dan diunduh. Berikan contoh yang buruk kepada anak tentang pemanfaat internet yang beresiko, jenis uploadan yang tidak penting di publish ke social media. Pun ketika anak mengalami hal baru dan menemukan hal yang baru baginya, harapannya orang tua adalah teman yang baik untuk berdiskusi.

Selanjutnya, apa sih hal baik yang bisa dilakukan dengan internet?
  1. Mengekspresikan banyak hal.
  2. Bekerja.
  3. Menyebarkan informasi dan pesan.
  4. Berkolaborasi.
  5. Menyimpan file.
  6. Bermain dan mendapatkan hiburan.
  7. Eksis.
  8. Menghimpun donasi, beramal dan sedekah.
  9. Berpenghasilan dari internet : Blogger, Youtubers, Adsense, online shopping.
  10. Terhubung dengan orang lain.
  11. Melakukan transaksi.
  12. Berbagi pengalaman dan cerita baik. 

Dengan sebuah komputer dan tablet, seseorang dapat mendidik dunia! Bahkan lebih baik, konten tidak pernah lenyap. Siapa pun bisa belajar dari video yang sama! (Salman Khan, pendiri Khan Academy) 

Ayuk jadi BLOGGER yang MANFAAT ya!

Sampai di sini, kira-kira materi tentang internet BAIK ini menarik ya! Bagaiman untuk bisa membaca keseluruhan materi internet BAIK? Tenang, kan sekarang sudah jamannya internet BAIK yang berMANFAAT untuk masyarakat luas. Melalui e-book bisa kita baca dengan mengunduhnya di Play Store ya!


Download E-Book Materi Internet BAIK

Regrann dari Mak Destilla

Semoga bermanfaat ya materi ini. Berbagi tak pernah rugi! Terima kasih internet BAIK.

18 komentar:

  1. Ini benar2 kumpul2 seru namanya.. Bisa nambah banyak pengetahuan seputar internet baik ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Rita, senang ya kl kumpul2 bermanfaat.

      Hapus
  2. Dapet ilmunya banyak banget mbaa..senangnya kalau dikota besar sering kumpul blogger gini ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yogya blm kota besar mba, tapi acara kumpul2 sudah sering biar semakin akrab silaturahminya.

      Hapus
  3. Wah keren banget workshopnya mba, mudah - mudahan di Jakarta KEB mengadakan acara seperti ini juga jadi bisa ikutan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keb Jakarta sering ngadain acara yg lebih ketje mba, kami yg di daerah suka mupeng juga, hihihi. Terus berbagi yg kita bisa sbg blogger ya mba. Salam kenal.

      Hapus
  4. wah lengkap sekali dan itu foto asyik banget ramai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Tira, kapan ya bisa kopdar dan pepotoan kita?

      Hapus
  5. mantap mbak e. ilmu-ilmu kayak gini yang perlu tuk diketahui para orang tua dan calon orang tua kayak saya ^_^. Soalnya beda zaman beda tantangan. Jadi ortu harus upgrade terus.. Entah esok anak saya tantangannya kayak gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dek, jangan lupa download ebooknya ya. Sebarkan ke sekitar juga yg kita tahu.

      Hapus
  6. wah kegiatan komunitas emak blogger seru sekali, sayang saya bukan emak2 jadi ga bisa ikutan :(

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mas Budy, emak-emak kan yg mendampingi anak2 di rumah lebih lama.

      Hapus
  7. Betul memang, orang tua harus memberi batasan-batasan ke anak saat berinternet. Supaya anak tidak keblabasan dg apa yg ditontonnya

    BalasHapus
  8. Pengin kopdar seru dan bermanfaat kayak postingan di atas.bisa menginspirasi byk orang tuh😊

    BalasHapus
  9. Pengin kopdar seru dan bermanfaat kayak postingan di atas.bisa menginspirasi byk orang tuh😊

    BalasHapus
  10. waaah... slidenya bermanfaat sekali... meskipun anakku tidak terlalu main gadged (masih pinjem punya mamanya), rasanya perlu tak ceritakan soal efek negatif terlalu banyak bermain gadged ini...makasih mbaa...

    BalasHapus
  11. Makasih sharingnya Manda....segera disebarkan.

    BalasHapus
  12. EMang harus cerdas dalam memanfaatkan internet biar ga salah arah.

    BalasHapus