IBX583577287E51C

Jumat, 16 September 2016

7 Bagian Ayam yang Bisa Dimasak




Halo sahabat manda, cerita manda kali ini kita akan main-main ke dapur manda ya. Siapa yang masih merasa berlebihan mengkonsumsi daging kambing dan daging sapi? Kalau bisa kelihatan siapa saja yang tunjuk tangan, pasti banyak ya, hehehehe. Nah, oleh karenanya, main-main ke dapur manda untuk mengetahui bagian ayam yang bisa dimasak dan menjadi favorit disajikan dari dapur manda, sebelum mengintip resep masakan dari ayam.

Menurut manda, memasak ayam lebih mudah daripada memasak daging. Selain tekstur daging ayam yang lebih mudah matang daripada daging sapi, daging ayam juga lebih mudah diolah. Perlu tahu dulu yuk, bagian ayam yang bisa dimasak sebagai menu olahan yang favorit di dapur manda.


  1.  Kepala dan leher, yeaaay bagian ini paling lama dimakan kalau sudah disajikan dalam masakan baceman atau ungkep. Bagian kepala sampai leher yang berkulit menjadi bagian yang dihindari oleh banyak orang yang memiliki masalah dengan lemak dan kolesterol. Bagaimana tidak, bagian kulit leher yang gurih itu menggoda sangat untuk tidak dihabiskan.
  2. Dada ayam, bagian inilah yang biasanya dibikin masakan yang membutuhkan banyak daging ayam, dan biasanya di supermarket kita bisa membelinya dengan nama “ayam fillet”. Bagi yang ingin membuat nugget atau isian risoles, menggunakan bagian dada ayam ini adalah pilihan yang tepat. Selain untuk membuat cemilan, dada ayam ini bisa dimasak dalam banyak berkuah seperti sup atau masakan kering seperti cap jay.
  3. Paha atas, nah bagian ini yang menjadi favorit kami berdua. Memang, paha atas ini lebih sedikit dagingnya jika dibandingkan dengan bagian dada. Tapi tekstur daging yang menempel di tulangnya itulah yang membuat masakan olahan dari daging ayam menjadi kreativitas makan yang luar biasa enak. hihihihi. Manda dan Panda termasuk penyuka “balungan”, itu bahasa Jawa untuk penyuka tulang ayam.
  4. Sayap. Hayoo ngakuuu, bagian yang tahu banget tidak sehat karena ayam pedaging biasanya disuntuik di bagian ini. Tapi tep nggak bias nolak dengan alas an, “kan hanya sebulan sekali”. Ya, bagian sayap yang kalau digoreng crispy begitu menggoda untuk dicocol dengan saos sambal. Ah, saya juga masih gagal kalau disuruh menolak makanan yang satu ini.
  5. Bagian lain adalah paha bawah, nah kalau paha bawah ini biasanya sepaket dengan ceker ayamnya. Paling enak dimasak ayam goreng ungkep, baceman atau sup ceker yang lezat. Hmm pas banget dimakan saat hangat-hangat musim penghujan seperti sekarang.
  6. Jerohan Ayam. Sebenarnya bagian dalam ayam juga bisa dimasak, seperti ati dan ampela yang enak banget digoreng setelah diungkep atau dibacem lalu dioven. Dan ada usus ayam yang bisa disate, tapi untuk yang satu ini, Manda belum pernah memasaknya, lebih cepat beli dan nikmati, hehehehe.
  7. Ati ampela dan Brutu yang enak banget kalau dibacem. Beli aja yang sudah bersih di supermarket, sisa kita rebus sebentar dan bacem deh. Enaak!

Nah, setelah tahu bagian- bagian ayam yang bisa dimasak, selamat berburu resep masakan dari ayam ya.

4 komentar:

  1. ceker ayam ga masuk berarti ya manda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poin 5 mba, hehehehe. Sepaket sama paha bawah.

      Hapus
  2. Kepala sama Leher itu favorit saya mba manda...

    BalasHapus
  3. Resep ayam macem-macem ya mbak, tapi paling favorit sama ayam bakar di warung padang :D

    BalasHapus