IBX583577287E51C

Kamis, 15 September 2016

6 Tips Tentang Merawat Hijab Segi Empat



jilbab segi empat
Merawat Hijab Segi Empat


Halo sahabat Manda, kali ini Manda mau bagi-bagi tips menjaga hijab supaya awet bagi yang suka memakai hijab segi empat modern. Sahabat Manda pasti sering menjumpai Manda posting foto berhijab baik itu di facebook maupun di instagram. 

Penasaran seperti apa Manda menyimpan hijabnya?


Anginkan sampai kering jika hijab yang habis dipakai belum kotor.

Seringkali sebagai perempuan, lagi-lagi perempuan, kita suka berpakaian tidak hanya untuk menutup aurat. Melainkan untuk seni dan keindahan. Manda menyebutnya seni karena penampilan itu berhubungan dengan seni dan keindahan. Kebiasaan me-matching-kan yang akan dipakai antara baju, hijab, tas, jam dan sepatu membuat kita seringkali berganti-ganti jilbab lebih dari 3 kali setiap hari. Bayangkan sebanyak apa tumpukan cucian kita jika untuk jilbab saja setiap hari tambah 3 lembar, hehehe. Untuk pemakaian yang hanya 1-3 jam, Manda biasanya menggantung kembali hijab segi empat yang dipakai dengan menggunakan hanger di tempat yang berangin. Selain membuatnya kering dan tidak bau, hijab masih bisa dipakai lagi dan membuatnya lebih awet karena tidak terlalu sering dicuci.


Hanger Jilbab dengan lipatan yang rapih dan jangan dicantelkan di paku atau gantungan baju.

Kebiasaan lagi perempuan, kalau sudah tergesa-gesa, asal "nyanthel" (baca : nggantungin) hijab yang dipakai, ketika wudlu atau berganti pakaian atau selepas pulang dari bepergian. Padahal menggantungkan jilbab segi empat di paku akan merusak serat kain hijab yang sayang banget hanya karena kita malas mengambil hanger.

Mencuci dengan tangan lebih dianjurkan agar seratnya tidak ketarik.

Nah nah, ini juga Manda masih sering memilih mencuci dengan mesin cuci karena alasan praktis. Padahal, kalau mau awet dengan hijabnya, sebaiknya dicuci dengan menggunakan tangan. Pencucian dengan menggunakan tangan tidak merusak serat kain hijab yang halus. Putaran mesin cuci bisa membuat hijab tertarik saat dicuci. Yuk, saling mengingatkan untuk tidak malas mencuci hijab kesayangan dengan tangan ya!
Mencuci dengan mesin cuci, jangan dikeringkan dengan putaran maksimal.

Jika pun harus mencuci dengan mesin cuci, Manda punya tips untuk sahabat Manda yaitu jangan gunakan putaran maksimal saat proses pengeringan. Kalau di mesin cuci bukaan depan Samsung, Manda biasa memilih putaran spin 400 saja dengan waktu cuci 29 menit yang terpendek.

Saat menyetrika, pahami jenis bahan hijab. Beberapa jenis bahan hijab, tidak bisa disetrika terlalu panas.

Setelah proses pencucian dan diangin-angin, proses selanjutnya adalah tahap setrika. Sesuaikan panas dari setrika dengan jenis bahan yang akan disetrika. Untuk hijab segi emapt yang berbahan kaos, sebaiknya disetrika dengan hangat saja agar tidak ada bekas setrika di bahan hijab.

Menyimpan hijab yang sudah kering dengan digantung di hanger jilbab.

Manda biasa menyimpan hijab di hanger atau gantungan khusus hijab. Jadi bukan dilipat segi empat, melainkan di gantung di rak/gantungan jilbab yang bisa dibeli di toko online. Satu gantungan yang terdiri dari 4-5 layer biasanya bisa muat 20 hijab segi empat.


Setelah tahu bagaimana merawat hijab, tentunya kita juga akan bertemu dengan tips berikutnya tentang memilih membeli hijab agar serasi dipakai dalam keadaan apa saja. Selamat mencoba!

6 komentar:

  1. Jilbab segiempat ini favoritku Mba.. Pakenya mudah dan rapi.. Tinggal mengkombinasikan corak dan motifnya serta pasang aksesori..dah bisa tampil cantik nih..

    BalasHapus
  2. aku slalu wanti2 mba ART di rumah supaya jilbab2 ku jg jgn dicuci mesin.. bikin cepet robek juga.. soalnya ART sebelumnya gitu, mana jilbab kesayangan. -__-. kudu hati2 memang kalo nyuci jilbab.. apalagi kalo bahan streching, extra biar ga cepet melar

    BalasHapus
  3. Aku juga lebih suka jilbab segiempat daripada pasmina. Sebenernya kalau ada pasmina yang lebar sih aku juga mau, hehehe. Terimakasih tipnya, Kak Manda ^^.

    BalasHapus
  4. Dulu aku suka banget jilbab segiempat mbak, tapi sejak punya baby ya larinya jilbab bergo yg tinggal masukin hihihi
    tapi masih ada sampai sekarang aku lipat segiempat juga karena buanyak dan lemari udah penuh xixixix

    BalasHapus
  5. Dulu aku suka banget jilbab segiempat mbak, tapi sejak punya baby ya larinya jilbab bergo yg tinggal masukin hihihi
    tapi masih ada sampai sekarang aku lipat segiempat juga karena buanyak dan lemari udah penuh xixixix

    BalasHapus
  6. wah aku sering nyuci jilbab segiempatku walau baru kupakai sebentar aja

    BalasHapus