IBX583577287E51C

Senin, 04 Juli 2016

Waspadai 8 Hal Ini Saat Perjalanan Mudik



Mudik tlah tiba, hatiku gembira

Halo sahabat manda, wah tidak terasa sudah dekat dengan hari Iedul Fitri 1437H. Tentunya saatnya bersilaturahmi ke kampung halaman, yang kita biasa sebut dengan mudik. Rasa rindu yang sudah 11 bulan ditahan, di penghujung bulan Ramadhan ini, sudah akan terobati dengan berlebaran di kampung halaman bersama handai tolan. Senangnya...
Tradisi Mudik di Indonesia


Indonesia merupakan negara kepulauan yang terpisah oleh lautan dan kota-kota yang dihubungkan melalui jalur darat. Transportasi yang disediakan dalam rangka mudik adalah transportasi darat, laut dan udara. Manda sendiri belum pernah mencicipi transportasi laut sampai seusia ini. Tentunya setiap tahun mengalami "mudik" seharusnya membuat pemerintah belajar dan melakukan evaluasi sehingga mudik menjadi nyaman. Mendengar berita "brexit" brebes exit yang sempat membuat sesak dada karena para pemudik tentunya sudah capek jiwa raga berada di antrian seperti itu. Terlebih ikut memantau karena ada saudara kami yang juga terjebak dalam kemacetan brexit itu dalam perjalanan dari Jakarta menuju Jogja. Semoga diberi keselamatan dan lancar bertemu kami di Jogja. Aamiin.

Sahabat manda, sewaktu manda kecil pernah melakukan perjalanan darat bersama kedua orang tua dan berpengalaman melakukan perjalanan darat menuju beberapa kota di Pulau Jawa. Memang, perjalanan darat memnutuhkan stamina yang fit untuk bisa menaklukkan jarak tempuh yang lumayan panjang dari Yogyakarta menuju Jakarta. Dari pengalaman kami bertamasya juga, rasanya perlu menuliskan beberapa hal yang perlu diwaspdai ketika melakukan perjalanan mudik. Berikut Manda tuliskan untuk cerita manda.
  1. Kondisi Kendaraan. Memang terlihat biasa dan sepertinya baik-baik saja ketika kendaraan pribadi yang biasa dipakai sehari-hari akan dibawa perjalanan mudik yang memakan ratusan kilometer. Seingat saya, papa selalu memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima, baik itu oli dan cek beberapa hal untuk memastikan kendaraan siap. Begitu pula dengan Panda, selalu mewanti-wanti untuk ganti oli dan servis sesuai dengan kilometer dan tidak boleh telat. Bagaimanapun kendaraan yang dipelihara akan lebih awet dan tetap mulus menemani beberapa kali mudik kita kan? Selain itu, bawa kelengkapan ringan seperti : senter, dongkrak, beberapa obeng dan kunci kelengkapan mobil. 
  2. Kelengkapan P3K. Harapan kita pasti mengharapkan keadaan dan kondisi badan yang sehat dan fit sampai tempat tujuan dan kembali lagi ke tempat kerja. Namun, kita tidak bisa memprediksi kondisi selama perjalanan, perlunya membawa obat-obatan pribadi sangat penting disiapkan. Kalau Manda, tidak lupa membawa serta betadine, visine, hansaplast, decolgen, minyak kayu putih, counterpain dan salonpas.
  3. Jalur Perjalanan Mudik. Sebelum pulang kampung dengan kendaraan pribadi, perlu dipahami dulu jalur-jalur yang akan dilewati. Setidaknya melihat peta yang sekarang sangat mudah dilihat melalui Google Maps yang bisa di download di Android. Bagi manda, charger handphone yang compatible di mobil menjadi alat yang membantu tetap update untuk melihat ke peta atau online memantau kondisi jalan di depan kita. Beruntung sekali ya dimudahkan dengan teknologi.
  4. Makanan dan Minuman. Pemudik atau orang yang akan berperjalanan jauh terkadang menganggap bahwa makan dan minum akan mudah dijumpai saat di jalan. Padahal kehigienisan tidak bisa dijamin ketika kita sembarangan membeli air minum mineral yang dijajakan di pinggir jalan. Kesalahan kecil yang berakibat fatal. Membeli makanan dan minuman secara sembarangan sama saja dengan mencari masalah saat mudik. Untuk itulah, membawa cemilan rumahan dan air minum yang dibeli sebelum pergi membuat perjalanan mudik lebih sehat. 
  5. Permen dan Cemilan Buah-buahan. Perjalanan yang jauh, cuaca siang yang panas, dan malam yang macet, tentunya memicu rasa bosan dan rasa kantuk bagi sopir. Membawa minuman seperti kopi atau bisa diganti dengan kopi, menyruput kratingdaeng atau YOU C1000, juga memberikan tambahan energi dan fokus untuk sopir. Dan untuk menjaga kondisi, lebih baik membawa cemilan berupa buah-buahan. Selain tidak memperngaruhi gula darah, kadar lemak dan kolesterol, yang berakibat ke penambahan berat badan, buah-buahan lebih fresh dan menyehatkan. Beberapa buah-buahan yang Manda rekomendasikan seperti : pisang, apel, anggur, pir, jeruk, semangka, salak, manggis, kurma, jambu, dan bengkoang. Beberapa buah yang mudah dimakan dan tidak ribet mengupas kulitnya menjadi pilihan buah yang pas dibawa bepergian.
  6. Beristirahat. Bagi yang sudah menyiapkan tandem sopir, tentunya tidak perlu menyewa penginapan atau berhenti di rest area untuk tidur sejenak. Karena rasa kantuk berbahaya bagi sopir yang tidak diganti dengan orang lain dalam perjalanan yang ratusan kilometer. Kalau memang terpaksa meyetir sendiri, pastikan ketika mengantuk, berhentilah dan sempatkan istirahat. Satu atau dua jam menjadi penting untuk mengembalikan fresh tenaga dan fokus untuk melanjutkan perjalanan yang pastinya macet dan melelahkan. Di jalan raya, kita tidak sendirian. Kita juga harus menjaga keselamatan pengendara kendaraan yang lain.
  7. Patuhi Rambu-Rambu dan Jangan Ngebut. Hal yang terlihat sepele tapi berakibat fatal saat berada di jalan raya adalah tidak memakai helm atau tidak menggunakan seat belt, menerobos lampu merah atau rambu dan melanggar marka. Sepele kan? tapi bisa berakibat gagal mudik karena terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Perjalanan mudik adalah perjalanan ibadah untuk bersilaturahmi, tidak perlu dirusak dengan sesuatu yang membuat sedih. Dengan mematuhi rambu dan marka, setidaknya kita sudah berusaha untuk selamat di jalan.
  8. Berdoa dan Tidak Sembrono di Jalan. Bagian akhir dari tips ala Manda ini berdasarkan beberapa pengalaman berperjalanan malam hari bersama papa dan mama. Selalu mengawali perjalanan dengan berdoa, di tengah perjalanan tidak bercanda yang sembrono, berkata-kata yang baik selama perjalanan, tidak boleh berceletuk canda yang tidak sopan, dan memberi tanda klakson ketika akan melewati jemabatan sungai besar. Sampai sekarang, Manda selalu mengingatkan Panda untuk mengklakson ketika melewati jembatan sungai besar dan mengucap salam. 
Waspadai 8 hal di atas dan perjalanan mudik menjadi nyaman! Hati-hati di jalan dan selamat berkumpul dengan seluruh keluarga ya!
 

3 komentar:

  1. thn ini aku ga bisa mudik :(.. pdhl itu yg sbnrnya slalu ditunggu ya mbak :), walo macet juga ttp aja seneng :D.. tp memang thn ini sepertinya palng parah dibanding thn2 sebelumnya ya macetnya itu.. aku ama suami ampe mikir, next year kita mudik, mnding pesen pesawat jauh2 hari deh, ga ush naik mobil lagi..kalo suami bilang gitu ya krn dia nyupir ;p.. ngebayangin macetnya gila gitu udh jls dia males duluan :D

    BalasHapus
  2. duh, berita brexit bikin saya yang memang jarang mudik jadi ikutan capek. Kasihan para pemudik, sampe ada yang kehabisan bensin, anaknya rewel...duh ..semoga terselesaikan dan pemudik bisa sampai di kampung halaman dengan selamat.

    BalasHapus