IBX583577287E51C

Senin, 06 Juni 2016

Pola Hidup Sehat Selama Puasa Ala Manda

Marhaban Ya Ramadhan

Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan bagi sahabat manda yang menjalankannya. Semoga ibadah puasa kita diterima Alloh SWT dan mendapatkan kemudahan, kelancaran, dan keberkahan dalam menjalankannya.

Hidup Sehat

Alhamdulillah, 6 Juni 2016 kita semua warga muslim di Indonesia memulai 1 Ramadhannya bersama-sama. Dan tentunya momen puasa ini bisa menjadi momen untuk menjalani hidup sehat. Bagaimana tidak? Sejak imsak sampai adzan maghrib, usus kita berhenti bekerja dan diijinkan untuk sejenak beristirahat. Oleh karenanya, tidur sesudah imsak dan berbuka secara berlebihan saat puasa tidak diperbolehkan. Tentunya, selama bulan puasa ini ritme aktivitas sedikit menyesuaikan dengan kondisi tubuh yang butuh penyesuaian di 2 hari awalnya. *versi manda panda*

Seperti apa hidup sehat yang manda siapkan di Ramadhan 1437 H sekarang?

Pola hidup sehat dari makanan.
Ramadhan kali ini, manda memang ingin mempersiapkan makanan sahur dan buka lebih banyak dari dapur manda ketimbang beli di luar. Semoga berhasil, aamiin! Memasak sendiri dari dapur manda sebenarnya mempunyai banyak kelebihan yang mendukung pola hidup sehat kami, seperti :
  1. Bahan sayuran kualitas yang bagus.
  2. Bahan dari sayuran dicuci bersih.
  3. Bahan sayuran masih fresh.
  4. Tidak menggunakan garam berlebihan yang memicu hipertensi.
  5. Tidak menambahkan vetsin atau MSG.
  6. Makanan yang diolah sekali masak.
  7. Proses memasak yang pas, tidak dicampur dan tidak mentah.
  8. Proses memasak yang higienis karena kebersihan dan kematangan menjadi hal yang diperhatikan.
  9. Sayuran dan lauk yang bisa disesuaikan dengan favorit keluarga.
Efek plusnya yang banyak tentunya harus bisa mengalahkan efek minusnya, seperti :
  1. Cucian di dapur manda jadi banyak.
  2. Waktu mempersiapkan dan memasak dengan waktu menghabiskan tidak sesuai. Memasak butuh 45-1 jam, makan hanya butuh 10-20 menit saja menghabiskan.
  3. Panda makannya jadi berlebih dan rawan gendut seperti panda beneran *ups.
 Nah, mari semangat menjaga pola hidup sehat dari makanan yang kita masak sendiri di dapur.


Pola hidup sehat dari manajemen waktu dan aktivitas.

Manajemen waktu adalah hal yang paling penting untuk kita jaga selama bulan puasa. Kebayang kan dari imsak pukul 4:15 sampai maghrib pukul 17:30, tubuh kita akan terbiasa selama 30 hari. Tentunya pola hidup sehatnya dengan memberi cukup waktu untuk tidur dan membiasakannya teratur. Kalau di hari biasa, mungkin tidak terasa tidur pukul 23:00 dan bangun pukul 05:00. Namun di saat bulan Ramadhan, kita harus bangun sahur pukul 03:00 dan ritme tubuh butuh penyesuaian. 

Dengan membiasakan tidur lebih awal, maksimal pukul 22:00, maka tubuh akan terbiasa bangun pukul 03:00 dengan kondisi cukup tidur atau fresh. Bagaimana tidur yang fresh? Apabila saat bangun, kita merasa cukup beristirahat. Secara gampang, rasakan kalau kita tidur mimpi berlari, kira-kira saat bangun bagaimana rasanya di tubuh?

Pola hidup sehat dengan berolahraga.

Tentunya, saat bulan puasa seperti ini, hal yang bisa dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Padahal kalau kita mau, olahraga ringan tetap bisa dilakukan. Seperti yang manda dan panda coba konsisteni. Setelah sahur selesai pukul 04:00, pertu istirahat makan dan saat imsak masih bisa minum yang segar-segar untuk mengatasi mual di pagi hari. Sewaktu solat subuh pukul 4:15, tubuh sudah aman dipakai untuk berjalan sampai ke masjid. Untunglah, jarak rumah ke masjid hanya 300 langkah pulang pergi, ya lumayan untuk olahraga ringan di pagi hari. 

Yuk, cobain pola hidup sehat yang sudah manda coba praktekkan di keluarga saya ya!

2 komentar:

  1. Semoga sukses ya pola hidup sehat di bulanRamadhan

    Dan berhasil masaksendiri sampai 30 hari

    BalasHapus
  2. renang2 mauu mupeng sama gambarnya

    BalasHapus