IBX583577287E51C

Senin, 20 Juni 2016

Pertama Kali Liburan ke Singapore



PERTAMA KALI KE SINGAPORE
Singapore


Dear sahabat manda, tulisan ini saya dedikasikan untuk sahabat manda yang ingin tahu pengalaman memulai liburan ke Singapore. Bagi sahabat yang akan berkunjung ke Singapore, jangan lupa ada promo hotel singapore tahun ini. Bagi yang sedang mencari view-view menarik untuk dikunjungi di Singapore, semoga informasi ini bermanfaat ya.

Check list yang dilakukan sebelum terbang :

  1. Paspor. Cek expired nya, untuk penerbangan internasional minimal 6 bulan sebelum expired. 
  2. Membawa konfirmasi booking tiket pesawat, kalau manda biasanya saya print. Memesan bagasi saat pulang secara online saja. 
  3. promo hotel singapore tahun ini di Mister Aladin. 
  4. Membawa uang rupiah dan SGD.

Berikut bisa dibayangkan seperti apa kronologi cerita mulai dari berangkat sampai  seharian di tempat-tempat kuliner dan belanja oleh-oleh ya.

Jam 7.15 sampai bandara Adisutjipto, bayar airport tax 100 ribu. Sengaja pesan hot seat karena beda tipis kalau pesan online. Tempat duduk di 1E, 1F jadi masuk pertama dan nggak ngantri. Di bandara Adisutjipto tidak perlu membawa minum. Setelah penerbangan kurang lebih 2 jam, kita akan sampai di terminal kedatangan di bandang Changi. Kebetulan kami hanya berdua, jadi tak perlu lah antri bagasi, asik.

Seluruh bandaranya pakai karpet dan empuk, berasa masuk ke mall dan tidak sadar kalau ternyata jalan kakinya jauh sekali. Segera urus imigrasi ya. Awas ya surga mata dimulai!

 
Setelah lapor kedatangan, kita segera ke Terminal 2 menggunakan sky train untuk membeli STP (Singapore Tourist Pass). Tiket terintegrasi untuk turis dalam menggunakan fasilitas transportasi SMRT dan BIS. Loket baru buka pukul 12.00 (1 jam lebih cepat dari Indonesia), kalau jam Indonesia masih jam 11 berarti bisa langsung beli, hehehehehe.

Kalau kita akan tinggal di Singapore selama 3D 2N (3 hari, 2 malam), mending beli STP untuk 2 hari saja, jadi di malam ke-2 bisa kita refund SGD 10 per tiket. Karena di hari ke-3, cukup membeli tiket di GTM  (General Ticket Machine) untuk pulang ke Changi. Harga STP SGD 16 untuk 2 hari dan harga tiket menuju changi SGD 2,2.

Di dalam MRT itu nyamaaaaannn banget. Orang tahu jadwal MRT selalu tepat. Orang paham mendahulukan yang keluar, dan mereka antri masuk dari samping kiri dan kanan. Berharap banget di Indonesia, public transportation nya senyaman ini.  Amien.

Mencari tempat menginap, manfaatkan promo hotel singapore tahun ini. Cari tempat yang dekat dengan stasiun MRT. Bisa mencari penginapan di daerah China Town, Bugis atau Little India. Di sana, pusat makanan dan oleh-oleh mudah untuk didatangi. Apa saja oleh-oleh yang direkomendasikan saat ke Singapore? Kaos, baju pramugari, gantungan kunci, magnet, shawl, coklat, lotion dan parfum.

Lalu, kuliner apa saja yang direkomendasikan di Singapore?

Chicken rice di setiap food court pasti ada. Makan Roasted Duck Noodle or Rice di Lucky Plaza. Nyaaamm. Masakan india juga nagih untuk dicoba. Masakan Melayu yang juga bisa dinikmati di sini, aneka masakan Indonesia, nasi Hainan, dan nasi padang. Tenang, pilihannya banyak. Nikmatnyo. Rata-rata makan SGD 3-5 dan minum air mineral tanggung SGD 1,7 dan rata-rata minum SGD 1,5 - 4.

Jalanan kota yang begitu tertata dan apik, menawarkan kenyamanan bagi pejalan kaki. Beberapa tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat di Singapore, yaitu

Sore hari menuju ke Merlion Park. Tempat wajib yang harus dikunjungi kalau ke Singapore. Nebeng nampang dan narsis di sini. Menikmati angin semilir dan sepotong es krim Singapore SGD 1. Bagi yang ingin jalan sore monggo, mau narsis sepuasnya banyak tempat foto, mau nyoba naik Duck Tour bisa, mau ngupi-ngupi juga bisa. Oh iya, ketika malam hari, Merlion-nya berwarna warni, jadi kita bisa tunggu sampai malam di sini ya.

China Town. beli gantungan kunci dan pakaian pramugari Singapore Airlines di sini aja. Harganya muraaaahhh dan menurut banyak blog yang saya baca, juga recommended kok. Ada Mc Donald yang menyediakan sarapan sebelum balik ke Indonesia.

Lucky Plaza, Orchard Road. Bagi yang udah kehabisan uang SGD bisa juga tuker disini, tapi mending tuker di indo ya. Don't worry have to HAPPY. Ada banyak makanan indonesia dan pastinya di sini ada museum yang kereeennn, yaitu : museum LV, museum DG, museum GA, museum DIOR, hihihihi.

Nah, demikian cerita manda seharian di Singapore ya. Semoga bermanfaat!

13 komentar:

  1. Tempat paling ngehitz itu orchad park ya. Kalau orang ke sana pasti mampir dulu belanja di tempat tersebut.

    BalasHapus
  2. Kalo ke Singapur lagi kabar-kabarin ya mandaaaa... sapa tau bisa nyamperin, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak Dian.
      Apakah skrg msh di Singapur? Insya alloh Agustus sya brknjung ksana. Boleh dong sharing informasi. :)

      Hapus
  3. Benar2 tertib ya Mba orang antrean naik MRT.. beda dengan di sini yang sering saling dorong dan saling salip rebutan mau naik kereta..

    BalasHapus
  4. Wajib hukumnya ya Mba jalan2 di seputaran Merlion Park sambil selfie2, haha..

    BalasHapus
  5. walau udah banyak orang ke singapore...tapi aku belum kesmapaian hahahaah..
    enak yaa tertib dan tahu jadwal..jadi bisa kira2 klo mau kemana2

    BalasHapus
  6. Aku malah belum pernah ke Singapura, mba. Padahal harga tiketnya terhitung murah ya, mba. Pilihan tempat wisata juga banyak. Makasih sudah berbagi mba :)

    BalasHapus
  7. Singapur itu tempat aku kalo mw ngelepas stress ;p.. biasanya lari ke daerah clark quay utk main giant swing ato reverse bungy jumping :D.. itu seruuu bgttt! bisa berkali2 naik kalo aku.. ;).cocok utk yg suka wahana2 extreme

    BalasHapus
  8. Ah, aku belum pernah ke Singapore :(

    BalasHapus
  9. Lagi ngitung2 klo BW rombongan nih Manda

    BalasHapus
  10. wah kayanya liburan lebaran tahun ini bakalan kesingapura nih. dari dulu pengen banget kelilingin wisata singapura

    BalasHapus
  11. Mba insyallah saya agustus ke singapur, mba manda masih disana?

    BalasHapus
  12. ke singapora itu ngangenin, kita baru pertama kali ke sana dan sangat excited

    BalasHapus