IBX583577287E51C

Jumat, 10 Juni 2016

Wisata dan Oleh-Oleh Khas Cirebon

Wisata ke Cirebon

Cirebon, kota yang identik dengan sirup tjampolay, terasi udang, tape, kerupuk udang, empal gentong dan batik mega mendungnya. Wah, paket komplit ternyata berwisata di kota Cirebon. Bisa kuliner sejarah di keraton kasepuhan Cirebon, wisata kuliner mulai dari empal gentong sampai membawa banyak oleh-oleh khas laut dari Cirebon, ditambah wisata belanja batik khas pesisir Cirebon, yang terkenal dengan batik Trusmi. Tentunya perlu mencari penginapan murah di cirebon, supaya liburan kita di kota Cirebon afdol bisa puas menjelajah semua paket komplit wisata yang ditawarkan.


Oleh-oleh khas Cirebon
  1. Sirup tjampolay adalah sirup khas Cirebon yang telah diproduksi sejak tahun 1936, macam rasa sirup Tjampolay, diantaranya : pisang susu, melon, mangga gedong, jeruk nipis dan nanas, bahkan rasa kopi moka pun ada. 
  2. Tape bungkus daun jati. Tape ketan khas Cirebon yang dibungkus dengan daun jati bisa dibeli di pusat oleh-oleh dalam packaging yang mudah dibawa dan ada tanggal matangnya.
  3. Terasi dan petis khas Cirebon. Terasi cirebon sudah terkenal selain terasi surabaya.Oleh-oleh yang menimbulkan bau menyengat ketika dibawa tanpa di packing dalam plastik kedap udara. 
  4. Ikan asin khas cirebon yang rasanya enak. Favorit manda selain sirup pisang susu adalah bulu ayam. Ikan tipis yang kalau digoreng rasanya tidak asin, tapi gurih kemripik. Dipadu dengan sambel trasi akan nyus disantap dengan nasi putih hangat.

Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Manda dan panda pernah mengunjungi keraton ini dan ornamen serta arsitektur khas Cina yang begitu kental dari piring-piring yang disematkan di tembok-tembok batu bata merah yang menjadi khas bangunan dari keraton kasepuhan. Menurut wikipedia, makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah dengan halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo di dalamnya. Keraton Kasepuhan adalah kerajaan islam tempat para pendiri cirebon bertahta, disinilah pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon berdiri. Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yaitu kereta Singa Barong yang merupakan kereta kencana Sunan Gunung Jati. 

Di bagian induk Keraton, ada Kutagara Wadasan adalah gapura yang bercat putih dengan gaya khas Cirebon, gaya Cirebon tampak pada bagian bawah kaki gapura yang berukiran wadasan dan bagian atas dengan ukiran mega mendung. Arti ukiran tersebut seseorang harus mempunyai pondasi yang kuat jika sudah menjadi pimpinan atau sultan, harus bisa mengayomi bawahan dan rakyatnya.Sampai saat ini, motif batik mega mendung menjadi motif khas dari Cirebon.

Kampung Batik Trusmi adalah pusat industri batik di Cirebon sekaligus sebagai tempat wisata kuliner. Kampung ini terletak di Plered, Cirebon, sekitar empat kilometer di sebelah barat Kota Cirebon. Kisah membatik Desa Trusmi berawal dari peranan Ki Gede Trusmi, salah seorang pengikut setia Sunan Gunung Jati yang mengajarkan seni membatik sembari menyebarkan Islam.

Batik Trusmi berhasil menjadi ikon batik dalam koleksi kain nasional. Batik Cirebon sendiri termasuk golongan Batik Pesisir, namun juga sebagian batik Cirebon termasuk dalam kelompok batik keraton. Di sepanjang jalan utama yang berjarak 1,5 km dari desa Trusmi sampai Panembahan, saat ini banyak dijumpai puluhan showroom batik. Berbagai papan nama showroom nampak berjejer menghiasi setiap bangunan yang ada di tepi jalan.  

Selamat bertamasya ya sahabat manda!

3 komentar:

  1. Ah, jadi kangen empal gentong

    BalasHapus
  2. ahhh kainnya disana bagusss, mauuu #kodekeras

    BalasHapus