IBX583577287E51C

Kamis, 09 Juni 2016

Liburan Seharian ke Kebun Raya Bogor


Merencanakan liburan ke kota Bogor, kota hujan yang dikenal dengan bunga padma raksasa. Bunga padma raksasa memiliki bahasa Latin Rafflesia arnoldii adalah tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, yang ada di Kebun Raya Bogor. Setelah memesan hotel murah bogor untuk beristirahat semalam,, saya mulai menyusun itinerary mau kemana saat ke Bogor. Persiapan ini perlu dilakukan agar pakaian dan peralatan tamasya manda dan panda bisa pas. Ternyata, seharian kita akan berada di Kebun Rya Bogor dan itu lokasi yang outdoor. Selepas kita mendarat di Jakarta, kita bisa naik DAMRI untuk bisa sampai di Bogor dan lalu rental mobil untuk berkeliling di sekitar Bogor. Dimulai dengan melihat rusa yang berkeliaran di Istana Bogor, kemudian menikmati rindang, sejuk dan dinginnya berada di Kebun Raya Bogor. 

Kemudahan akses dengan memarkir kendaraan roda empat di area jalan kenari 1, yaitu di pinggir area kolam gunting yang merupakan bagian dari Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor memiliki beberapa bangunan yang memiliki nilai sejarah, bangunan-bangunan tersebut bisa berupa gedung, tugu, sampai dengan komplek pemakaman yang terdapat di dalamnya.. Tempat menarik yang bisa dikunjungi di sini adalah griya anggrek, museum zoologi, tugu raffles, tugu Reinwardt, kolam gunting, dan taman kebun raya bogor. 

Kolam gunting yang terletak di jalan kenari 1, di lokasi ini akan dilihat habitat burung pemangsa ikan yang bertengger di pohon-pohon yang tumbuh di tengah kolam. Mereka akan terlihat pada sore hari sampai dengan menjelang pagi hari. Pada lokasi kolam gunting, kita akan melihat pemandangan istana kepresidenan RI Bogor yang memesona. Kolam tersebut di isi dengan berbagai jenis populasi ikan air tawar dan jembatan penghubung kolam gunting dengan istana kepresidenan. Pada area tersebut dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman. Di area kolam gunting terdapat tugu Raffles dan tugu Reinwardt.

Tugu Raffles. Thomas Stamford Raffles adalah seorang inisiasi terbentuknya kebun raya bogor yang indah seperti sekarang ini. Tugu raffles di buat atas bukti cinta Thomas Stamford Raffles terhadap isterinya yaitu Lady Olivia Mariamne yang meninggal pada tanggal 26 November 1814 di Buitenzorg (sekarang Bogor) akibat penyakit malaria. Pada saat itu, Lady merasa sangat nyaman dan senang saat berada di lingkungan asri Kebun Raya Bogor, sehingga pada saat ia meninggal, Raffles membuat tugu dengan menyematkan kata-kata puitis ciptaan Lady yang isinya : “Oh thou whom neer my constant heart One moment hath forgot Tho fate severe hath bid us part Yet still – forget me not” di tugu itu. Tugu ini dapat dijumpai tidak jauh dari pintu gerbang utama Kebun Raya Bogor, tepatnya di dekat area kolam gunting.

Tugu Reinwardt. Reinwardt adalah ilmuwan botani dan kimia berkebangsaan Jerman yang berpindah ke Belanda, yang kemudian diangkat menjadi Menteri Bidang Pertanian, Seni, dan Ilmu Pengetahuan di daerah Jawa dan sekitarnya. Tugu Reinwardt dibuat, yaitu untuk mengenang dan sekaligus sebagai bentuk penghargaan terhadap dirinya yang telah merintis Kebun Raya Bogor pada masa jayanya.

Griya Anggrek dibangun pada tahun 2000 yang merupakan kerjasama Yayasan Kebun Raya Indonesia dan Kebun Raya  Bogor, yang bertujuan untuk menunjukkan kepada para pengunjung tentang keberagaman anggrek  Indonesia. Di sini kita bisa membeli Produk Griya Anggrek  yang dijual adalah Anggrek species  dan  Tanaman non Anggrek (Nepenthes dan Alocasia ) dalam  bentuk botolan atau  pot  hasil perbanyakan dari kultur jaringan Kebun Raya.

Selain memiliki berbagai koleksi tanaman dan suasananya yang natural, Kebun Raya Bogor juga memiliki museum fauna, yaitu museum Zoologi. Di dalamnya terdapat beberapa kerangka dan jenis binatang yang diawetkan, diantaranya : burung, kepiting, serangga, ikan, dan lain sebagainya, Salah satunya adalah hewan mamalia terbesar di dunia yaitu Paus biru. Untuk bisa sampai ke museum zoologi, kita bisa menggunakan jalan yang berada di antara gedung Treub laboratorium dan guest house Nusa indah, karena letaknya berada di belakang area kedua gedung tersebut.

Selamat berlibur ke Kebun Raya Bogor ya!



2 komentar:

  1. Sementara sekarang ini kalau ke Bogor kita perlu penunjuk arah salah satunya ulasan singkat mengenai tempat wisata tersebut apakah layak untuk dikunjungi ataukah tidak

    BalasHapus
  2. Sehat nggak akan cukup sepertinya..

    BalasHapus