IBX583577287E51C

Kamis, 02 Juni 2016

Tips Aman Berkendara di Jalan Raya

Waspada di Jalan Raya itu Perlu

Kita sering melupakan bahwa keamanan adalah sesuatu yang seharusnya dibeli di awal. Karena kalau keamanan di beli dibelakang namanya sudah terjadi dan bukan lagi sebuah keamanan. Tindakan preventif kita untuk sebuah rasa aman tentunya harga yang mahal jika itu berhubungan dengan keselamatan dan nyawa. Kali ini, manda ingin berbagi cerita di jalan raya di kotaku, Yogyakarta.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai kelengkapan pengendaran kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun roda empat, adalah SIM dan STNK. Keduanya merupakan surat kelayakan bagi kita pejalan raya untuk siap mengendarai kendaraan bermotor. Tapi apa yang terjadi, masih banyak anak-anak seusia SD yang sudah menggunakan sepeda motor di jalanan. Lebih parahnya, ngebut dan tanpa praduga.

Helm INK Full Face
 
Miris memang. Kadang kitanya sudah menjaga keamanan saat di jalan raya, tapi pengguna jalan raya kan bukan cuma kita sendiri. Oleh karenanya, butuh kewaspadaan ketika kita sedang mengendarai kendaraan di jalan raya. Tentunya beberapa hal yang manda bisa ingatkan ke sahabat manda saat di jalan raya adalah :
  1. Bawa kelengkapan surat jalan. Baik kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat, membawa SIM dan STNK adalah wajib hukumnya.. Kedua surat di atas bukanlah surat anti-kecelakaan, melainkan surat tanda lulus uji bisa membawa kendaraan di jalan raya. Dan STNK adalah bukti bahwa kendaraan yang kita bawa bukan barang curian. Kan sekarang lagi marak pencurian sepeda motor lho. Waspada ya!
  2. Perlengkapan keamanan kendaraan roda dua, helm ink full face. Tentunya, keselamatan butuh sebuah investasi. Salah satunya, adalah dengan membeli helm yang standard keamanan dan keselamatannya bisa menjaga kita dari kemungkinan yang terjadi saat di jalan raya. Saat menuliskan tips ini, manda jadi pingin tahu harga helm ink full face sekarang mencapai harga berapa ya? Untung toko online saat ini menyediakan banyak pilihan yang memudahkan kita mendapatkan harga sesuai dengan kantong ya.
  3. Perlengkapan keamanan berkendara roda empat. Seat belt. Saya selalu berusaha menggunakannya sekarang. Sebenarnya karena alasan keamanan dompet, eh siapa tahu apes trus kudu ngerogoh lembaran dari dalam dompet, hihihi. Tapi untuk luar kota dan anak kecil, seat belt memang perlu dan penting untuk alat keamanan.
Nah, kiranya tiga hal di atas menjadi sesuatu yang patut kita ingat-ingat bersama sebagai kewaspadaan awal sebelum berkendara di jalan raya. Kewaspadaan tingkat lanjutnya ada di peraturan jalan raya tentang marka jalan, peraturan jalan raya tentang kecepatan dan cara mendahului kendaraan lain, kewaspadaan lainnya berada pada fisik kita, jangan sampai lelah berlebihan atau mengantuk.

2 komentar:

  1. Paling ngeri itu ngeliat anak-anak kecil bermotor di jalan. Pernah nih, angkot yang kutumpangi nyaris tabrakan dengan motor yang dikendarai anak kecil, boncengan bertiga, nggak pake helm, ngebut di tikungan tajam. Mereka nggak cuma membahayakan diri sendiri, tapi juga pengguna jalan lainnya. :(

    Salam kenal dari Bandung ya, Manda :)

    BalasHapus
  2. bahaya banget kalo udah mengantuk dan capek tetep naik motor, temen saya pernah dan kecelakaan. Dia patah tulang. Hati2 untukk yang mau berkendara

    BalasHapus