IBX583577287E51C

Selasa, 05 April 2016

Resep Andalan Saat Tidak Doyan Makan

sambal tempe
Sambel Tempe

Resep andalan keluarga kebanyakan sudah diposting di www.dbento.com, untuk memenuhi challenge One Day One Post, baiklah manda akan berbagi resep andalan di kala keluarga Satrianto tidak mood untuk makan. Bisa jadi bosan setelah beberapa hari makan enak terus, atau sedang agak tidak enak badan. Cieee, gaya ya, makan enak terus malah jadi kagak doyan makan. Hehehehe itu beneran kalau setiap minggu ada kondangan di dua tempat aja, kadang besoknya makan udah males menu daging-dagingan. Pernah juga kan mengalaminya?


Lalu, bagaimana mengatasi rasa malas makan yang melanda. Bisa dibayangkan ya, kalau malas makan, tentunya juga malas membuat yang susah-susah *mengingat cucian dapur kalau manda memasak itu bisa dipastikan menggunung. hahahahahaha. Solusi paling mudahnya rebus air, sobek kantung mie instan, tuang bumbu instant ke mangkuk, dan siram dengan mie beserta kuahnya. Itu solusi paling cepat yang enak sebenarnya. Sayangnya, kami menyepakati makan mie instan 1 kali dalam 1 bulan, asalkan tidak kepepet pingin karena kalah sama cuaca (dingin dan hujan di malam hari).

Loh, kok jadi bahas mie instan sih? Jelas lah kalau mie instan mah makanan sejuta umat dan pastinya andalan di semua keluarga. Karena ini tentang resep, baiklah, kita coba yang mencampur bumbu dan mengolahnya menjadi makanan yang mampu membuat nafsu makan kembali semangat. Resep ini disebut resep andalan karena bahannya mudah didapat dan cara membuatnya sangatlah mudah. Padanannya juga sederhana, cukup nasi putih hangat.

Nah begitulah asal-muasal, sampai kami mendedikasikan sambal tempe ini menjadi resep andalan. Yuk, kita intip bahan apa saja yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Bahan sambal :
4 cabe rawit merah (sesuai selera)
3 cabe merah (jangan kebanyakan)
1 siung bawang putih (ukuran sedang)
sejumput garam
1/4 sdt gula pasir secukupnya (sesuai selera)

Bahan tempe goreng :
tempe goreng
1/2 sdt garam
2 siung bawang putih
minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya :
  1. Semua bahan dicuci, kecuali tempe.
  2. Tempe dipotong seperti layaknya mau digoreng untuk lauk tempe goreng.
  3. Celupkan tempe ke dalam bawang dan garam yang sudah dihaluskan dan ditambahi air.
  4. Goreng tempe sampai matang kecoklatan dan tiriskan sampai minyaknya tidak menempel.
  5. Siapkan cobek dan haluskan bawang putih, cabe rawit dan cabe merah, tambahkan garam untuk membantunya halus.
  6. Kemudian tambahkan gula pasirnya dan masukkan tempe ke dalam cobek untuk dihancurkan kasar.
  7. Tipsnya : pakailagh gula pasir dan jangan menghancurkan tempe terlalu halus.

Dengan teman nasi putih yang mentas dari magic jar, rasanya akan semkain mantap dan siap mengobati ke-tidakmood-an makan. Selamat mencoba! 

"Sesederhana masakan, jika disajikan dengan cinta maka rasanya akan luar biasa." (manda, 2016)




26 komentar:

  1. Mumpung di kota saya lagi hujan, enak nih kalo makan sambel tempe, terima kasih ya mbak atas resep sambelnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pas dengan nasi hangatnya, selamat menikmati.

      Hapus
  2. Sambal tempe kesukaan saya sejak remaja, maklum anak kos
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih manjur pakde untuk yang tidak kos juga nih resepnya. salam dari jogja.

      Hapus
  3. aku uga gitu mbak,pokoknya kalo udah bosenn banget sama masakn hari2..larinya ke tempe penyet..ato nggak sambel blelek^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. toosss mba, oh iya sambel blelek itu apa ya?

      Hapus
  4. Aku juga sering bikin sambel tempe ini Manda...tapi kadang sambalnya sambel terasi ...duuh jadi laperr

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku belum pernah yang sambel terasi di tempein. bisa-bisa dicoba ya mak ika.

      Hapus
  5. Wah, ternyata begini masaknya. Hehehe...
    Kalo ini dulu sering makan pas masih jaman kuliah di Jogja. Namanya pecel tempe, kaya pecel lele tapi lelenya diganti tempe goreng. Mirip gak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini namanya sambal tempe, tempe penyet,boleh nggak papa pecel tempe, walaupun yang pecel tempe baru denger ini. hihihihi.

      Hapus
  6. Langsung ambil cobek nuhun mba sharenya salam kenal y ^^

    BalasHapus
  7. Hai mbak manda..
    Sambel tempe tuh sarapanku tiap pagi lho, hahahaha.. Tapi g pernah bosen padahal tiap pagi sarapannya itu mulu. Udah jatuh cinta banget sama menu sambel tempe. G bakal ada yg nandingin deh

    BalasHapus
  8. Sambil Tempe simple but delicious..apalagi tambah terong goreng,kobis goreng sama ayam goreng..

    BalasHapus
  9. Wah..pak elton minta ayam goreng tuh manda. Haha
    Aku biasanya nyambel tempe kalo tempenya udh mau bosok. Jamin tambah syedap...

    BalasHapus
  10. ini resep dikala males masakku mak wkwkwk, tapi bikin kenyang dan nambah lagi sih :3

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
  11. Aq juga aq juga..tapi tanpa gula klo aq mba cz klo dikasih gula jd kek isian combro

    BalasHapus
  12. AKu suka banget ini, sambal tempe + sayur lalapan + nasi anget. Sedaaaap.

    BalasHapus
  13. Cobain praktekin di rumah ah resepnya, thanks for sharing :)

    BalasHapus
  14. Aduh tempe....makanan favorit...diapain aja pasri di embat. Thanks resepnya mak😁. Nambah koleksi

    BalasHapus
  15. Wah bisa dicoba nih karena saya suka hilang mulu selera makannya.

    BalasHapus
  16. Sambel tempe emang maknyuss bingit ya Manda. Tau2 abis aja nasinya hahaha

    BalasHapus
  17. Waaaah... ini sambel kesukaan suamiku...

    BalasHapus
  18. Kalo suamiku bakalan demen nih, terutama sama sambelnya... kalo.aku tempenya saja, enggak doya sambel Mak... heheh

    BalasHapus
  19. kayaknya enak banget ini. favorit saya apa aja yg penting pedas hehehe

    BalasHapus
  20. kayaknya enak nih. favorit saya makanan apa aja yg penting pedas hehehe

    BalasHapus