IBX583577287E51C

Sabtu, 09 April 2016

Cerita Horor Ala Manda

Quotes Manda

Dear sahabat manda, cerita horor selalu identik dengan dunia makhluk yang tidak kasat mata. Kasihan juga sih, mereka yang terlibat di frekuensi lain di luar kita, selalu jadi tersangka pada kejadian-kejadian di luar nalar manusia. Bukannya mau nakut-nakutin di malam minggu, dengan cerita horor lho ya. Kali ini, challenge ODOP, One Day One Post, bertemakan horor. Waduh bakalan kalau blogwakling bisa syerem sendiri ni. hihihihihi.

Cerita horor pasti identik dengan makhluk abstral yang kadang-kadang merupakan bentuk imajinasi dari pikiran kita sendiri. Entah itu karena pengaruh bacaan horor yang kita baca, seperti : Piano Hantu, yang sampai sekarang terngiang-ngiang di kepala manda. Padahal itu baca novel horor sudah jaman SMA. Dan ketika kita membaca cerita horor, maka bayangan tokoh di dalam cerita adalah bayangan penulis yang ditangkap oleh pikiran kita dan diwujudkan dalam bentuk sesuai imajinasi kita. Jadi, bentuk-bentuk visual dari tokoh-tokoh horor adalah imajinasi yang kita ciptakan. Wallahu alam bi shawab. Saya juga nggak mau buktikan kebenarannya kok. Kabuuurrrrrrr.

Saya lebih senang membaca cerita yang bergenre horor, seperti yang saya terima beberapa waktu lalu di WA grup ibu-ibu PKK RW, hihihihihi. 

Belajarlah dari Makhluk Halus



Tuyul, iseh cilik wes mandiri, pinter golek duit dewe.
terjemahan : masih kecil sudah pintar cari duit.

Kuntilanak, susah seneng mesti guyu, nduduhno neng wong-wong urip ojo digawe susah, sing nrimo ae.
terjemahan : susah dan senang, dia mesti ketawa, menujukkan ke orang-orang bahwa hidup jangan dibikin susah, woles dan nrimo bro..
Pocong, ket biyen klambine panggah kuwi ae sing di gawe gak tau ganti, nduduhne urip sing sederhana. Masio sugiho bondo tp tetep biasa wae ora perlu sombong.
terjemahan : kostum pocong selalu putih dan itu mengajarkan kesederhanaan. Meski kaya, kalau sudah dipocong, hanya membawa kain putih 2 meter, oleh karenanya, jangan sombong.

Nyi Roro Kidul, masio manggon neng laut tapi sopan gawe klambi, Ora tau gawe bikini. Podo karo wong jowo masio manggon neng endi wae tetep iso ndekek awake. Tegese yo kuwi mau sopan marang liyane.
terjemahan : ratu kidul sebagai mitos penguasa laut selatan, mengajarkan kesopanan. Meskipun tinggal di laut, beliau sopan dengan baju lengkapnya bergaya Jawa, dan memilih tidak memakai bikini.

Jelangkung, "Datang nggak di undang, pulang nggak diantar", tegese ora seneng ngrepotne wong liyo. Selama sik iso usaha dewe tetep berusaha.
terjemahan : jelangkung punya moto tidak merepotkan orang, dia akan berusaha datang dan pergi sendiri.

Gendruwo, lha iki kang sing paling istimewa, masio rupane elek, remuk, ancur, ambune lebus, medeni tapi sifate sabar. Buktine gelem moco tulisan iki sampek entek.

terjemahan : lah ini si gendruwo yang istimewa, meskipun menakutkan tapi sifatnya sabar. Buktinya mau membaca tulisan ini sampai selesai. hahahahahaha.

Nah, ini postingan cerita horor ala manda, boleh ya berbagi juga cerita horor ala kamu di komentar, hehehehehehe, dijamin saya bacanya kalau pas siang-siang aja!

6 komentar:

  1. Artikelnya bagus mbak, saya bacanya dari tadi senyum2 terus mbak, artikel manda emang TOP BGT :)

    BalasHapus
  2. hihhihi unik juga ya. Aku juga sudah posting ODOP day 13, cerita horror versi aku, bukan yg berhantu sih :D

    BalasHapus
  3. Wah baru tahu nih Manda, bisa juga ya belajar dari makhluk halus. Ambil positifnya,buang negatif nya=)

    BalasHapus
  4. Wah Manda kereeen... Aku keburu tutup mata kalau bisa lihat mereka. hehe

    BalasHapus
  5. Parah lagi si Vampir, mba... bisa-bisanya ya bikin kolom komen ini hahahahaa :p

    BalasHapus
  6. Hahahahaha, cerita horornya jadi bikin ngakak.
    Keren, Mbak. Jaman saya kecil saya Ibu diceritain tentang leak, hantu dari Bali. Juga glundung pringis. Semoga lain kali kedaftar :)

    BalasHapus