IBX583577287E51C

Sabtu, 12 Maret 2016

Tiga Hal yang Merusak To Do List


cerita manda
Work @Home Manda

Sebagai wanita bekerja di rumah, penting bagi kami membuat TO DO LIST. Seabreg aktivitas rumahan yang butuh ilmu tentang manajemen waktu. Bahasa kerennya,  time management , bagaimana kita merencanakan segala kegiatan besok agar rapih dan lebih efisien dalam pelaksanaannya. Walaupun kadang manajemen waktu dengan to do list sering bergeser atau bahkan harus ditunda keesokan harinya.


Di cerita manda kali ini, manda ingin berbagi  tentang hal-hal yang bisa menggagalkan rangkaian kegiatan yang sudah disusun rapi sesuai kaidah manajemen waktu dalam bentuk to do list harian. 

  1. Chatting di gadget. Tanpa disadari, hal yang menghambat to do list adalah chatting kita di WA (What’s app), BBM (Blackberry Messenger)  sampai SMS. Seringnya saat asik chatting bisnis atau grup WA, sudah membawa handuk dan melirik jam. Setiap kali sedang asik, kita bilang ke diri sendiri, ah nanti 10 menit lagi. Apa cirinya chatting yang kita teruskan bisa merusak to do list? Kalau kita sudah melirik jam  lebih dari 3x, segera tinggalkan chat dan mensegerakan mandi, agar to do list kita hari itu tidak bergeser terlalu banyak.
  2. Social Media. Facebook, Instagram, Twitter dan Path. Paling sering yang membuat kita sudah men-close jendela saat mau menutup komputer adalah jendela Facebook. Timeline di beranda yang muncul seolah diperbarui untuk menganggu kita agar tidak beranjak mandi dari depan layar komputer. Kalau memang sudah selesai membuat status, upload materi untuk bisnis jaringan, membalas inbox, dan pasang url ke grup FB. Ya sudah, matikan jendelanya dan segera shut down komputer untuk segera mandi dan beraktivitas.
  3. Pekerjaan Rumah. Sudah “kalungan handuk”, lebih memilih menggantungkan lagi handuk di kamar mandi dan mencuci piring sebentar. Apabila pas nengok ke washbag masih ada tumpukan piring yang lebih baik dicuci sebelum mandi daripada sesudah mandi. Sudah siap mau mandi tiba-tiba melihat ada barang yang tidak pada tempatnya, ambil dan menaruh ke tempat yang benar, eh pas naruh masih ingin ngelap sebentar dengan tissue basah. Duh, dasar emak-emak.
Nah, kira-kira tiga hal tersebut yang membuat aktivitas manda sering telat atau tidak patuh to do list, hehehe. Kalau untuk sahabat manda, kira-kira hal apa saja yang membuat to do list kita berantakan?


Buat mereka yang bekerja, to do list yang rapih bisa dikerjakan dengan lebih baik dan terorganisir. Karena mereka tidak bisa memegang gadget kapan saja, tidak bisa berinteraksi dengan social media kapan saja, dan di kantor atau di tempat kerja tidak sempat melihat barang yang tidak pada tempatnya dan tumpukan pecah belah atau cucian.
Tentunya, bukan berarti mereka yang bekerja trus tidak tanggap darurat dengan urusan rumah. Saya salut bagi mereka yang bekerja, karena di luar waktu bekerjanya mereka bangun lebih pagi dan tidur lebih malam untuk bisa mengerjakan aktivitas yang tertunda ketika mereka bekerja.
Pun demikian, kami para ibu rumah tangga. Jangan dikira gampang, membagi waktu dan seabreg aktivitas di dalam rumah yang kadang tidak selesai dalam 24 jam kalau dituruti. Jika kami masih bisa keluar rumah, berarti kami pun sama dengan mereka yang bekerja, harus disiplin pada to do list yang kami buat menyesuaikan keadaan di rumah.
Yuk wanita, bergerak dan berkaryalah, carilah ilmu darimana saja, dimana saja, dengan siapa saja dan pergunakan yang kita tahu untuk dipraktekkan di keluarga kita, ke diri kita sendiri dan sekitar kita.

Semoga berkah ya…

19 komentar:

  1. Aku paling gak bisa 'patuh' ama yg namanya to do list mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaahahahaha samaaaaaaa... Walau pingin menuntaskan apa yg ditulis, tapi susaaahh...

      Hapus
  2. gadgett... makanya kalau hape ketinggalan di rumah, malah berasa lebih produktif di kantor. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga ya mak.. tapi repotnya kalau ada yang gawat, susak dihubungi.. *_* serba dilema di jaman per-gadgetan ini ya..

      Hapus
  3. Chatting memang bikin waktu jd byk kebuang sia2..nfetiknya mkn bisa buat 1 postingan. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehm butuh kesadaran untuk tidak melirik chat wa ya diba..

      Hapus
  4. ketiganya pernah saya lakukan Mbak :)
    membaca tulisan ini jadi senyum-senyum sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi jadi yang bikin senyum-senyum karena kalungan handuknya bisa lebih lama dari mandinya ya mba.. *_*

      Hapus
  5. sebetulnya yang paling banyak adalah gangguan dari gadget

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi sudah kadong buth gadget ya mak... *_*

      Hapus
  6. Tuuuuh kan, gadget jadi kambing ungu.
    Tapi emang iya, gadget membuat waktu cepat habis.
    Mak noni, kalau di kantor hp silent, taruh pojokan meja, buka pas istirahat

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mak yangcit nurul ketambahan, pesenan samtun dan brownies ya.. seru seru seru sibuk manfaat yaa...

      Hapus
  7. Aaahh...manda tau banget hahaha...
    Dan jadwal mandi pun bergeser ke sebelum sholat dzuhur wkwkeke

    BalasHapus
  8. Itulah kenapa, yg panda ingatkan selalu manda udah jadi Mandi? Hehehehe

    BalasHapus
  9. Wih mbak, judul posnya mengingatkan saya akan to do list punya saya yang belum juga dicentang-centang lho XD Kalo saya sih rusaknya gara-gara yang nomor 2. Plus kalau udah nonton drama yang berepisode-episode, belum lagi kalau udah browsing ke puluhan situs. Entah kapan jadinya itu to do list kelar dikerjain. Hehehe.

    BalasHapus
  10. Bener banget itu gadget bikin kacau jadwal. Keasyikan buka ini itu.

    BalasHapus
  11. tapi kalau ada GA ingat banget :D :D

    BalasHapus
  12. tapi kalau ada GA ingat banget :D :D

    BalasHapus
  13. aku sih nggak begitu terganggu sama gadget Mak, soalnya gadgetnya keburu dibajak sama anak sendiri hahaha

    BalasHapus