Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dari Kacamata Blogger

masyarakat ekonomi asean
MEA

MEA. Masyarakat Ekonomi Asean. Jadi ingat iklan sebuah brand body spray, kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda. Ya, seperti itulah kalau kita mencerna opini publik tentang MEA. Ketakutan yang menjadi kesan pertama menggoda dari banyak pihak di negeri ini. Ketakutan pada sesuatu yg sampai hari ini masih baik-baik saja di kalangan warga masyarakat di kota yg saya tinggali, Yogyakarta. Roda ekonomi masih berjalan dengan dinamis sesuai dengan hari-hari sebelumnya. Di pusat perbelanjaan belum ada bule yang menjadi SPG.  Di kantor dan rumag sakit juga belum ada pegawai atau tenaga medis yang kesulitan berbahasa Indonesia.  Artinya, kami-kami masih memperkerjakan rakyat Indonesia.




Ketakutan yang seharusnya menjadi sesuatu yang bijak untuk membuat kita semakin maju. Persiapan kita kepada generasi muda penerus bangsalah yang seharusnya lebih ditingkatkan. Beberapa persiapan yang menurut kacamata manda perlu untuk dilatih sejak dini :
  1. Kemampuan berbahasa asing
  2. Kemampuan komunikasi
  3. Kematangan mental dan kedewasaan
  4. Semangat kerja keras dan persaingan sehat
  5. Keseimbangan hardskill dan softskill
  6. Mengasah ketrampilan berwirausaha
  7. Menciptakan peluang
  8. Kreatif mensolusi dan menghasilkan sesuatu
  9. Melek online
  10. Mengalir semangat merah putih di sanubari.



Karena saya seorang blogger,  melek online dan harapan saya tentang MEA akan diulas dalam postingan saya kali ini. Menjadi blogger (travel blogger di www.tamasyaku.com dan lifestyle blogger di www.ceritamanda.com) adalah salah satu passion dalam dunia menulis yang sudah online. Beberapa puluh tahun yang lalu, saya masih menulis di buku diary, saat ini saya bisa menulis secara maya di blog saya. Dunia usaha lambat laun melihat potensi yang dimiliki oleh blogger sebagai sebuah peluang baru dalam mempromosikan produknya atau mensosialisasi kegiatan usahanya melalui media online. Bersyukur, pada saat gencar MEA, kami para blogger sudah sering berinteraksi dengan berita, info dan tulisan-tulisan di dunia maya. 

Alhamdulillah, berkah ngeblog bagi kami para blogger, selain tulisan tentang review yang diminta oleh hotel dan restoran, beberapa tawaran content placement dan job review ikut memberikan pengalaman baru bagi kami. Mulailah mengenal monetisasi blog yang ternyata blogger juga bisa berpenghasilan. Selama ini kancah saya baru seputar nasional. 

Lalu, bagaimana harapan saya sebagai blogger di era MEA ini? Untuk memudahkan membaca dan berharap eyecatching dari perusahaan di ASEAN yg mungkin membaca postingan ini, harapan saya adalah:
  1. Bisa memperkenalkan Indonesia kepada warga asing di ASEAN dari travelling dan kulinernya, sehingga pariwisata kita bisa berkembang.
  2. Bisa bekerja sama dengan negara-negara di ASEAN untuk mereview obyek wisata di negara mereka.
  3. Bisa menjadi partner online dalam content placement dan job review produk-produk di negara-negara ASEAN.
  4. Menjadi blogger Indonesia yang meng-ASEAN.  Dan selanjutnya, blogger Indonesia yang mendunia.

Sebuah harapan, tentunya sebuah doa.
Sebuah harapan,  tentunya butuh proses.
Sebuah proses, tentunya butuh ilmu.

Sebuah harapan menjadi harapan apabila kita tidak siap action menindaklanjuti apa yang menjadi poin2 dari harapan. Apa yang harus dilakukan agar 4 hal tersebut tercapai? Ya, PR besar membuat postingan dalam bahasa inggris, sehingga viewer nya pun tidak hanya orang yang bisa mengerti tulisan dengan bahasa Indonesia. Semoga kita dimudahkan menjadi insan manusia yang produktif dalam karya, kreatif dalam rasa dan terus mengolah skill keterampilan untuk mengharumkan nama Indonesia di era MEA.

13 komentar

  1. Sebuah harapan, doa, proses dan ilmu...
    Blogger Go international yukkk *kudu belajar Bahasa Inggris neh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi,,, gimana kalau kita mulai dari forum WA pake bahasa inggris mak? *_*

      Hapus
  2. makasih tips2nya mba Prima, penting banget buat kita sebagai blogger ya..

    sukses selalu yaa...

    BalasHapus
  3. Iya nih kayaknya udah harus mulai pede ngeblog pake bahasa inggris meskipun sesekali ya mak

    BalasHapus
  4. Disiplin di semua lini juga tak kalah penting karena tanpa disiplin pibadi yang baik bisa menimbulkan kerusakan.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  5. Mau juga dooonkk go international, Manda

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain bikin blog bahasa inggris yuk mbaknik, hihihihi..

      Hapus
  6. Semoga saja kita bisa go internasional.

    BalasHapus
  7. menghadapi sesuatu yang baru memang kadang suka bikin takut. Tapi coba dipedein aja. Semoga dengan MEA, Blogger Indonesia semakin maju. aamiin

    BalasHapus