IBX583577287E51C

Rabu, 30 Maret 2016

Lebih Dekat dengan Indonesian Mom Blogger, Sandrine Tungka



cerita manda
http://www.sanwajourneys.com/

Tak terasa, sudah memasuki putaran kedua dari arisan blog yang kuikuti. Masih tetap seru mengenal banyak perempuan hebat di luar sana. Setiap blogger yang mereka gawangi, sudah mempunyai ciri khas pembawaan dan karakter dari masing-masing pemiliknya. Ya, inilah kenapa, saya memilih menjadi blogger. Kalau postingan lalu tentang profil Beauty Blogger, sekarang kita mengenal lebih dekat Indonesian Mom Blogger. Berikut wawancara manda dengan mba Ndine, yuk disimak ya..

Sandrine Tungka


Halo mba sandrine, seneng banget ya bisa mengenal banyak teman blogger baru dengan adanya arisan link ini. Kalau boleh tahu, mba sandrine biasa dipanggil siapa? 
Halo mba Ima. Wekekekek begini toh rasanya jadi seleb dua minggu. Iyaaa, seru yaaaaaa. Saya biasa dipanggil Sandrine. Tapi kebanyakan manggil saya San atau Ndine. Supaya cepet manggilnya nggak ribet .

Kalau boleh tahu, apa saja aktivitas mba sandrine?
Saat ini saya masih dalam masa cuti melahirkan, tapi dua minggu lagi sudah mulai jadi karyawan lagi. Rasanya nggak rela ninggalin baby. Di sela-sela itu saya masih berjuang mengerjakan thesis dan tentunya ngeblog. *lalu kita curcol dan saling menyemangati tentang thesis dan kesimpulannya harus semangat dan segera merampungkan ya mba Ndine*

Membaca blog mb sandrine, ternyata new mom ya.. Selamat ya mba sandrine.. Bagaimana mba sandrine membagi dan memanajemen waktu, termasuk waktu ngeblognya?
Jujur aja sejak punya baby, management waktu jadi berantakan. Niat untuk rutin posting tiga kali seminggu pun bubar jalan. Tapi diusahakan tetap bikin outline apa yang ingin saya tulis kedepannya. Untuk saat ini utak-atik blog saya lakukan saat dedek tidur atau kalo lagi ga merah asi di atas jam 1 siang. Saya sebisanya mengusahakan pekerjaan rutin rumah selesai sebelum makan siang. Kalau sudah selesai makan malam baru saya membaca dan blogwalking karena saat itu dedek sudah pulas tertidur sampai pagi.

Kalau boleh tahu, sejak kapan mba sandrine mulai ngeblog dan apakah langsung dengan brand www.sanwajourneys.com?
Pertama  kali ngeblog kalo nggak salah sekitar tahun 2004. Saya sudah kenal dengan dunia blog sejak zaman friendster. Saya aktif curcol di blog nya friendster dan tertarik dengan yang namanya blog dengan platform lainnya. Saya akhirnya sering gonta-ganti platform bahkan nama blog. Saya pernah berhenti ngeblog gara-gara sedih karena seluruh curhatan saya disuruh hapus semuanya oleh seseorang. Namun dorongan ngeblog terus ada. Akhirnya dua tahun yang lalu saya buat SanWa Journeys dan menjadikan blog utama saya yang tidak akan saya ganti-ganti namanya.

Penasaran ni, kenapa namanya sanwajourneys.com dan sebenarnya niche blognya apa?
Nama itu singkatan dari nama panggilan saya dan suami saya, Sansan dan Wawa. Akakaka alay ya. Nama itu muncul karena saya ingin mendedikasikan blog sebagai catatan perjalanan saya. Ini adalah niat awal dari niche blog saya. Namun sepanjang ngeblog kok jadi pengen nulis hal lain juga. Jadinya gado-gado deh. Hahaha. Tapi kedepannya saya ingin fokus ke tiga hal yaitu travel, parenting, dan book (untuk yang satu ini saya punya blog khusus bernama SanWa Library).

Sekarang kan banyak orang ngeblog untuk mencari penghasilan (monetisasi blog), apakah sanwajourneys termasuk monetize blog?
Tidak bisa saya pungkiri saya ingin sekali blog saya menghasilkan bahkan bisa jadi penghasilan utama saya. Beberapa kali saya dapat reward dari SanWa Journeys dan masih terus mengusahakan untuk terus dapat reward dari blog ini. Kalau pun nggak dapat, bisa tetap happy dari ngeblog sudah jadi reward tersendiri. Reward yang pernah saya dapat berupa jalan-jalan gratis, pernah juga dari job review, pernah juga dari content placement. Ya baru sekali-sekali aja siyh.. tapi udah seneng banget dapetinnya ekekekeke.

Apa motivasi mba sandrine untuk ngeblog?

Motivasi saya untuk ngeblog itu untuk jadi jurnal pribadi awalnya. Ya semacam memoar gitu lah. Lama-lama jadi merasa kalau cuman saya yang nikmatin kok sayang juga beli domain dan hosting mahal-mahal. Setiap mau posting saya selalu berharap setiap post saya jadi bermanfaat buat orang-orang yang membacanya.

Apa pendapat mba sandrine tentang seorang indonesian blogger?
Seorang Indonesian Blogger itu seharusnya menjadi blogger yang bisa memotivasi dan menginspirasi orang-orang yang berselancar di dunia maya lewat tulisan-tulisannya. Serta bisa menularkan semangat membaca. Ehehehe lagi-lagi ke membaca ya. Soalnya niyh ya tulisan blogger kan pasti panjang-panjang walaupun isinya cuman gambar-gambar tetap aja panjang dan harus dinikmati kan. Blog itu bisa menjadi tempat melatih agar cinta membaca. Sayangnya rakyat Indonesia terlalu mabuk dengan sosial media itupun keseringannya untuk exist saja dan jarang "membaca" status orang lain. Jadilah budaya membaca agak tersingkirkan.

Apa harapan mba Sandrine sebagai seorang blogger, tentunya pesan mba sandrine kepada para blogger Indonesia?
Harapan saya semoga dengan mengenal dunia blogging ini makin banyak tali pertemanan yang terhubung dan menjadi manfaat bagi banyak orang. Semoga itupun bisa dirasakan dan ditularkan blogger lainnya. Tentu harus dengan cara yang positif ya. Berhubung sekarang kan semakin viral, kalau isi blognya negatif bisa menimbulkan fitnah dan perpecahan. Yang penting tetap having fun dari kegiatan ngeblog.

Dari interview yang singkat melalui what’s app, kita sesame blogger bisa saling menyeangati, berbagi doa baik, saling bertukar pengalaman, mendapat pengalaman baru dan seneng bangeeeettt mengenal blogger-blogger di luar Yogyakarta. Trimakasih mba Sandrine, salam untuk keluarga dan sukses selalu ya!

10 komentar:

  1. Pengalamannya hampir sama. Ngeblog di friendster, tapi dulu isinya puisi semua sih hehehe. Trus baru deh bener2 nulis selain fiksi pas di MP. Ah mba sandrine mengingatkanku aja sama fs

    BalasHapus
  2. Aaah...jadi pengen di wawancara sama manda deh :D. Sukses terus untuk kalian yaa..:*

    BalasHapus
  3. motivasi ngeblog saya kebanyakan juga sebagai jurnal pribadi, kelak bisa dibaca kembali, apalagi mengenai tumkem anak y

    BalasHapus
  4. Ya ampuuun lagi nyusun thesis? Kebayang sibuknya...

    BalasHapus
  5. Wah. Mbak San tepat banget kalo curhat masalah tesis sama Manda. Wkwk

    BalasHapus
  6. Hem, new mom, working mom, ngerjain tesia pulaaa? Empat jempol dah.

    BalasHapus
  7. Jalan-jalan gegara ngeblog? Asikbeud

    BalasHapus
  8. wah, baru jadi Ibu ya mbak Sandrine ini. Keep blogging mbak Sandrine ^^

    BalasHapus
  9. Wah, jadi pengen tahu lebih lagi tentang mbak Sandrine nih... Welcome to the parenting life, mbak Sandrine :)

    BalasHapus
  10. Ah iya, aku juga mulai dr friendster dulu :)

    BalasHapus